Mengatasi Stiker WhatsApp Tidak Muncul di Fitur Terbaru

Fitur terbaru WhatsApp untuk Android dan iOS sudah dirilis. Pengguna dapat menikmati sticker lucu, unik, menggemaskan layaknya yang sudah ada di aplikasi Facebook, BBM, hingga LINE Messenger hanya saja kali ini mayoritas Sticker WA itu gratis.

Satu hal yang bikin beda antara WhatsApp dengan platform pesan instan lainnya yakni pengguna bisa leluasa membuat desain stiker sendiri tanpa bayar.

Sticker WA Tidak Muncul WhatsApp Stiker
WhatsApp Sticker

Seluruh stiker WhatsApp yang dirilis pengembang bisa diunggah ke Google Play Store atau App Store sebagai aplikasi pihak ketiga agar ketika nanti diunduh oleh pengguna lain dapat terintegrasi langsung.

Jadi walau pun dalam bentuk aplikasi terpisah, orang lain tetap dapat mengirim stiker buatan Anda langsung di aplikasi WhatsApp-nya.

Baca juga: Cara Verifikasi Akun WhatsApp Business.

Mengatasi Stiker WhatsApp Tidak Muncul

Sayangnya sampai awal perilisan resmi dan sudah bukan BETA Tester lagi masih ada pengguna yang menyadari ternyata tidak mendapatkan stiker WhatsApp, terbukti ketika melakukan chatting.
Untuk mengetahui apakah fitur terbaru WhatsApp ini ada di ponsel Anda cukup mulai mengetik dan tekan emoji, tepat di samping tombol GIF akan tersedia menu Sticker. 
Lalu bagaimana kalau tombol Stiker tidak muncu Ada beberapa penyebab yang harus Anda selesaikan.

1. Update Aplikasi WhatsApp

WhatsApp menyarankan penggunanya memperbarui aplikasi agar dapat menikmati layanan terbaru mereka. Stiker WA sendiri baru muncul resmi di aplikasi WhatsApp versi 2.18.330.

Jika WhatsApp Anda masih di angka versi 2.18.229 atau dibawahnya, maka jelas tidak akan kebagian. Jadi cara paling gampang memperbaruinya, kalau di Play Store atau App Store belum tersedia bisa pakai layanan pihak ketiga seperti APK Mirror atau Revdl.

2. Lawan Bicara Belum Update

Nah ini juga jadi salah satu faktor mengapa stiker WhatsApp kadang tidak muncul, walau sebenarnya Anda sudah memperbarui aplikasi WA versi paling anyar.

Beberapa pengguna belum bahkan tak mengetahui ada fitur terbaru seperti Stiker tapi wajib melakukan update. Maka dari itu, kalau kontak lawan bicara Anda misalnya teman, keluarga, orang lain belum perbarui aplikasi WhatsApp miliknya di ponsel mereka maka opsi pengiriman sticker tidak akan tersedia pada kolom pesan ruang obrolan. 

Stiker WhatsApp Membuat Gratis
Koleksi Stiker WhatsApp

Cara Menggunakan Stiker WhatsApp

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp dan Ruang Obrolan kontak siapa pun. 
  • Tap ikon Emoji di sisi kiri kolom pesan. 
  • Logo Stiker akan tampil di sisi paling kanan bawah berderetan dengan ikon GIF dan Emoji. 
  • Ketuk ikon sticker tersebut dan bakal muncul gambar unik yang bisa dikirim ketika chatting. 
Ada beragam jenis stiker berdasarkan kategori serta emosi misalnya marah, sedih, jatuh cinta, senyum bahagia. Kalau kurang, bisa install yang lainnya lewat toko sticker buat tambah koleksi cukup tekan ikon tambah.

Ketersediaan jumlah sticker memang terbatas mengingat ini baru perilisan awal namun melalui blognya, WA berjanji ke-depannya terus menambah koleksi. Demikian Cara Mengatasi Stiker WhatsApp yang Tidak Muncul.