Menghilangkan Tulisan Joined Tanggal Bergabung di Twitter

Pembaruan aplikasi Twitter for Android versi 7.65.1 yang rilis awal Oktober 2018 kemarin menjadi final version untuk generasi 7, terdapat tulisan "Joined / Bergabung" masing-masing bulan dan tahun setiap akun pengguna Twitter pada profil tepatnya bagian bawah bio dan atau samping lokasi.

Menghilangkan Joined Bergabung Twitter Profil_6

Hal tersebut bermaksud memberi informasi terkait kapan akun Twitter itu dibuat atau resmi didaftarkan contohnya gambar diatas akun yang daftarnya bulan Agustus tahun 2007. Fitur ini sebelumnya sudah lebih dulu ada di Twitter untuk tampilan web / desktop.

Belum diketahui maksud dan tujuan Twitter menampilkan "Joined Date" tersebut. Namun, penelusuran Shukan Bunshun menemukan adanya ketidakpuasan terhadap fitur baru. Bukan cuma pengguna lokal, bahkan dalam pencarian kata kunci "How to Remove Joined Date on Twitter" juga sempat jadi topik pencarian populer.

"Startdate atau tanggal bergabung merupakan salah satu faktor meranking dalam hasil pencarian Twitter. Ini juga memberikan referensi baru apakah kredibilitas sebuah akun dapat diyakini kebenarannya di platform mikrobloging." kata Ryan Nicols di Quora.

Lalu, apakah ada cara menghapus atau menghilangkan setidaknya menyembunyikan Joined date alias tanggal, bulan dan tahun bergabung di profil Twitter? Kalau pun bisa.. Bagaimana caranya?

"Anda tidak akan bisa mengubahnya, tanggal tersebut mutlak dimana akun Anda dibuat. Bisakah Anda mengganti tanggal lahir Anda sesuka hati? Atau tanggal kelulusan Anda dari sekolah? Tidak, kan? Selain itu, mengapa Anda mau dan siapa yang benar-benar peduli?" kata Phillip Nakov.

Jadi sudah cukup jelas layaknya tanggal kelahiran seseorang, lahirnya atau waktu dibuatnya akun Twitter juga tidak bisa diubah meski akun berstatus verified sekalipun. Anda juga tidak bisa menambahkan tanggal, karena fitur ini otomatis dipasang oleh Twitter.

Alternatif Lain

Sejumlah pengguna terus mencari jalan lain agar Joined / Bergabung di profil akun Twitter bisa hilang. Walau sulit, namun cara kali ini boleh dibilang berhasil meski tidak semua orang dapat melakukannya.

Isi atau lengkapi bio pada akun, termasuk lokasi, tautan / URL serta tanggal lahir dan jangan disembunyikan. Dan Anda juga kemungkinan bisa menyembunyikan tulisan Joined Twitter dengan mengaktifkan Public DM, nggak sampai disitu aktifkan juga fitur badge Responsive 24/7.