Cara Angkat Panggilan Telepon Otomatis di HP Oppo Realme

Cara Angkat Panggilan Telepon Otomatis di HP Oppo Realme – Faktanya, dalam keadaan tertentu mungkin Anda tidak dapat menjawab atau mengangkat panggilan telepon masuk secara manual.

Misalnya, sibuk berkendara, bekerja, atau sejenisnya.

Tapi bagi Anda pengguna HP Oppo Realme yang berbasis Android Nougat OS ke atas, kini tidak perlu risau.

Oppo Realme Layar Homescreen_8
Realme Oppo

Karena pada fitur bawaan ponsel ini menyediakan layanan jawab telepon secara otomatis.

Bukan..

Disini kita tidak akan membahas aplikasi pihak ketiga yang memang beredar cukup banyak namun tak berikan pengaruh positif apapun.

Dalam hal komunikasi praktis memang Smartphone kerap membantu manusia untuk beraktivitas, khususnya hubungan jarak jauh.

Umumnya kalau soal komunikasi, biasanya membahas obrolan melalui telepon yang jika ada panggilan masuk maka ponsel berdering disertai notifikasi atau getaran.

Agar pembicaraan dimulai, tentu kita harus mengangkatnya dengan cara menekan tombol telepon pada layar Smartphone.

Hal ini akan menyulitkan pengemudi yang sedang mengendarai kendaraan, atau Anda yang berprofesi sebagai staf layanan pelanggan (Customer Service).

Bagi Anda yang menggunakan Oppo Realme, kini dapat memanfaatkan fitur tersembunyi jawab telepon otomatis. Baca juga: Update Oppo Realme 2 Pro ke Android Pie.

Fitur ini tersedia mulai dari Realme C1 hingga Realme 2 / 2 Pro ke atas. Intinya OS minimal harus Nougat, lebih baru semakin bagus karena buat sistem operasi Android Marshmallow ke bawah tidak tersedia pada Color OS.

Kita dapat memanfaatkan fitur dan kecanggihan teknologi milik semua HP Oppo Realme, yaitu menjawab atau mengangkat telepon secara otomatis tanpa harus menekan tombol pada layar.

Secara teori memang berguna bagi Anda yang sibuk melakukan tugas dan pekerjaan namun tak ingin melewatkan pembicaraan penting.

Cara Mengangkat Telepon Otomatis di HP Oppo Realme 

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Dari Homescreen, pilih menu Phone / Telepon.

2. Pilih opsi menu tiga baris horizontal pada bagian bawah kiri pada menu Telepon.

3. Anda akan dialihkan masuk ke pengaturan.

4. Kemudian pilih menu "Jawab Otomatis", disana Setting Default-nya memang OFF / Mati. Jadi aktifkan secara manual.

5. Pada menu Otomatis Jawab Panggilan Masuk geser toggle menjadi ON.

Di bagian bawahnya setelah diaktifkan, akan terdapat pilihan lain misalnya hanya ketika menggunakan Headset maka panggilan telepon masuk terjawab otomatis berfungsi.

Atau hanya ketika Smartphone terhubung melalui Bluetooth perangkat lainnya agar jawab telepon masuk / menerima panggilan otomatis bisa bekerja.

Update: Cara mengangkat telepon otomatis tersebut ternyata sudah bisa dilakukan pada HP Android lainnya seperti ponsel Samsung, Vivo, Xiaomi Pocophone, ZTE Nubia, OnePlus, Nokia, Wiko, Advan, Infinix, Asus, LG, Sony, Meizu, dll. Asalkan minimum sistem operasi Android Oreo 8.1.

Tampilan antarmuka Vivo sangat mirip Color OS. Ketika dilakukan pengujian cara ini berhasil diterapkan pada HP Vivo Y91 yang mungkin juga praktiknya sama untuk HP Vivo lainnya.

Simak juga: Proses Ganti Baterai Realme C1.

Bagi pengguna Smartphone Xiaomi, sudah kami tes di HP Redmi Note 6 Pro begini caranya:

1. Masuk ke menu Setelan / Pengaturan ponsel.

2. Pilih Panggilan.

3. Tap opsi Jawab dan Akhiri Panggilan.

Jawab Telepon Otomatis_6
Jawab Telepon Otomatis

4. Jawab Otomatis Telepon akan muncul pilihan apakah mau terima dalam waktu 1, 3 atau 5 detik sesuaikan selera.

Kekurangan dengan menerapkan fitur tersebut kadang ada nomor HP milik orang yang sedang Anda coba hindari kemudian terjawab otomatis.

Sebagai informasi tambahan, fitur Jawab Panggilan Telepon Masuk secara otomatis ini tidak disediakan pengecualian bagi nomor tertentu untuk diblokir jadi bersiaplah terima telepon dari siapa pun ketika mengaktifkannya.

Yang masih dinantikan hadirnya fitur menolak otomatis, walau sebenarnya ada layanan anulir telepon masuk tapi jika mengacu pada keseluruhan kontak bakal memakan waktu lama sehingga kurang efektif.

Begitulah Cara Mengangkat Telepon Otomatis di HP Oppo Realme yang jadi kelebihan salah satu gawai andalan Oppo ini.