Realme C1: Cara Membuka Casing Belakang dan Mengganti Baterai

Cara Ganti Baterai Realme C1 – Kapasitas jumbo 4230 mAh pada baterai ponsel Oppo Realme C1 merupakan sebuah kelebihan atau keunggulan Smartphone sejutaan ini. Bahkan melebihi Realme 2 Pro yang dibanderol Rp 3 jutaan namun hanya disematkan batre 3500 mAh.

Masalahnya adalah, setiap pemakaian pengguna HP Android tentu berbeda dan mereka yang kerap terlalu ekstrim dalam pemakaiannya cenderung memiliki permasalahan untuk sektor ketahanan baterai.

Cara Ganti Baterai Realme C1 Harga Biaya Gratis_3
Ganti Baterai Realme C1 Starter Pack

Bodi Realme C1 terbuat dari plastik sehingga terkadang jadi sulit terdeteksi angkanya secara akurat jika dites menggunakan alat pengukur suhu. Masalah klasik seperti baterai cepat panas, boros, kasus overheati, daya tahan mudah habis dalam waktu di bawah 3 jam itu sudah tidak normal


Cara Mengganti Baterai HP Realme C1

Sama seperti ponsel Realme 2 Pro, jenis baterai Realme C1 adalah Li-ion Non-Removable, atau tipe tanam. Artinya Anda harus membongkar bodi belakang, melepas baterainya dan mengganti dengan yang baru secara hati-hati.

Jika Anda memang belum yakin permasalahannya disarankan melakukan kalibrasi. Kenapa? Karena akar masalahnya tidak diketahui pasti, jadi lakukanlah. Kalau masih sama, lanjut bongkar back-cover buat ganti baterai Realme C1.

Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan
  1. Suction Cup (Ceplokan)
  2. SIM Tray Ejector 
  3. Obeng Phillips #00 / Plus Berukuran 1,5 - 2,0mm 
  4. Mesin Hot Plated 
  5. Opening Pick, sejenis Pick Gitar atau plastik yang tipis 
Berdasarkan pengalaman admin Shukan Bunshun sendiri, ada sedikit perbedaan dari cara membongkar bodi belakang Realme C1. Karena casing (backdoor / back-cover) agak sulit berbeda dengan kebanyakan HP Android lain seperti Oppo, Samsung, Xiaomi Redmi, atau Asus sekali pun.

Untuk ganti baterai Realme C1 tidak bisa langsung dicongkel. Itulah kenapa Anda membutuhkan tools-kit atau peralatan yang telah kami sebutkan tadi.

Cara Membuka Casing Belakang Realme C1

Ambil SIM Tray Ejector yang tadi sudah disiapkan. Lepaskan semua kartu memori beserta SIM Card jika masih terpasang, tapi seperti biasa sebelumnya Anda harus menonaktifkan ponsel Realme C1 terlebih dahulu (bukan Hard-reset).

Caranya tekan tombol Power beberapa detik, jika muncul menu pilih opsi "Matikan Daya / Power Off".

Mengganti Baterai HP Realme C1_3
Cabut SIM Tray

Selanjutnya adalah melepaskan casing belakang tapi disini agak sedikit susah karena Anda tidak akan bisa langsung mencungkil bagian casing. Harus copot penutup belakangnya yang menempel kuat pada lem di Frame Backcover.

Inilah tahap sensitif, untuk melemahkan kekuatan lem tersebut siapkan Mesin Hot Plated fungsinya buat memanaskan bagian sisi Frame agar lem sedikit meleleh lalu gampang dibuka.

Tempatkan casing belakang Realme C1 di atas Hot Plate posisi panaskan kurang lebih seperti gambar berikut.

Hot Plated Ganti Baterai Realme
Panaskan Sampai Lem Meleleh

Tingkatkan suhu panas sampai 78 derajat celcius, lalu tunggu maksimal 4 menit sampai lem meleleh cair, saran kami jangan terlalu lama.

Anggaplah lem sudah meleleh, kemudian ambil sejenis ceplokan (Suction Cup) dan tempelkan sekuat mungkin pada bodi belakang Realme C1 demi memudahkan proses membuka back-cover (casing belakang).

Suction Cup Realme C1_2
Tempelkan Dengan Erat Kawan

Ketika casing sudah mulai sedikit terbuka celah, masukkan Pick Gitar tadi atau plastik tipis (sejenis kartu nama) lalu geser ke seluruh bagian yang tertempel lem pelan-pelan untuk membukanya.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa langsung angkat Suction Cup yang sudah ditempelkan sebelumnya.

Pergantian Baterai Realme C1_4
Angkat Casingnya

Backcover
telah terbuka, tapi sayangnya itu baru lapisan awal. Komponen di dalam beserta baterainya masih terproteksi oleh pelapis berupa plat pelindung yang dipasang kuat oleh sekrup / baut pengencang.

Nah, agar casing terbuka sepenuhnya berarti kita harus melepaskan semua sekrup dan baut yang menempel pada plat. Ambil dan gunakan Obeng Phillips Plus berukuran 1,5 - 2,0 milimeter guna membongkar semua baut secara perlahan

Perhatian: Sebelum proses pergantian baterai Realme C1 berlanjut, simpan baik-baik sekrupnya agar tidak berserakan dan jangan sampai hilang karena digunakan buat memasang back-cover lagi.

Buka Casing Belakang Oppo Realme C1_3
Lepaskan Bautnya Kawan

Kalau seluruh baut telah dilepas, ambil lagi Opening Pick dan gunakan alat tersebut untuk melepaskan bezel dengan cara congkel bagian sisi / pinggiran casingnya perlahan.

Bodi Belakang Realme C1 Lepas Baterai_4
Cungkil Perlahan, Santai, dan Nikmati Prosesnya

Supaya lapisan kedua pada back-cover ini sepenuhnya terbuka maka geserkan secara menyeluruh bagian sudut atas bawah sampai pengaitnya benar-benar terlepas.

Bongkar Backcover Realme C1_3
TADAA!! Akhirnya Terbuka

Setelah terbuka barulah Anda bisa menemukan posisi baterai serta komponen dalam Realme C1 lainnya yanh sebelumnya hanya terlindungi plat proteksi.

Sekarang Anda siap melepas baterai Realme C1 dan mengganti dengan batre baru.

Baca juga: Cara Ganti Warna LED Notifikasi Realme C1.

Harga Baterai Original Realme C1

Bicara soal baterai Realme C1 merupakan sub-merek Oppo jadi jangan heran kalau ternyata ada tulisan dan dibuat oleh Oppo pada batre original yang telah terpasang dari pabrik.

Soal harga, baterai asli berkisar Rp 120 ribu ke atas. Dimana bisa beli? Cek toko online lewat Marketplace Tokopedia, Bukalapak, Shopee tapi hati-hati dengan produk palsu (KW).

Melepas Baterai Realme C1_3
Baterai Realme C1 Original

Sangat disarankan membawa HP Realme C1 ke Oppo Service Center jika garansi masih aktif. Mungkin dikenakan sedikit biaya tapi produknya dijamin asli.

Kenapa Oppo Service Center? Seperti yang sudah disebutkan kalau Realme adalah submerek Oppo jadi cukup bawa HP saja nanti dilakukan pengecekan berdasarkan nomor IMEI. Oke mari lanjut.

Spesifikasi Baterai Realme C1

Inilah jenis dan detail baterai Realme C1:
  1. Tipe: Li-ion Polymer Battery 
  2. Limited Charge Voltage: 4.78VdC 
  3. Rate Capacity: 4100 mAh/15.2Wh 
  4. Model: BLP673 
  5. Nominal Voltage: 3.89Vdc 
  6. Typical Capacity: 4230 mAh / 15.57Wh 
Kami anggap Anda sudah memegang baterai baru dan sekarang lanjut ke tahap berikutnya yaitu, pasang batre.

Melepas Baterai Realme C1 dan Ganti Baru

Tadi casing belakang sudah terbuka pada tahap sebelumnya. Sekarang tugas Anda melepaskan konektor penghubung baterai pakai kuku jika panjang atai spidger.

Komponen sekitar baterainya masih sama seperti pada mayoritas HP Oppo. Ada sebuah pull-tab berupa plastik/kertas warna hijau bisa ditarik agar baterai terangkat.

Namun sebelumnya Anda harus merobek plastik putih yang ada melindungi baterai Realme C1 pakai kuku jika memungkinkan. Tariklah pull-tab secara perlahan jangan ceroboh dan pastikan seluruh konektor telah terlepas sebelumnya.

Lepas Baterai Realme C1 2 Pro_5
Baterai pun Terlepas, Kawan. Melegakan

Sekarang baterai berhasil dilepas, simpan dan sebelum memasang yang baru bersihkan dahulu plat dalamnya dari debu. Ambil batre baru lalu pasang dengan hati-hati.

Setelah baterai terpasang jangan ditutup pakai casing, untuk memastikan tes dulu menyala serta berfungsi normal atau tidak. Jika berhasil silakan pasang backcover seperti sediakala.

Begitulah rumitnya Cara Mengganti Baterai Realme C1 karena harus membuka casing belakang (back-cover) dulu yang tertempel oleh lem pelekat.