Realme vs Xiaomi, Bagus Mana Kualitas Oppo atau Pocophone?

Realme vs Xiaomi, Prajurit Oppo Buat Tantang Pocophone – Dia namanya Realme. Pendatang baru jagat perponselan tanah air telah bersiap memanaskan persaingan yang sebenarnya sudah cukup ketat. Di negeri Bollywood, Realme sudah tak asing lagi dalam kurun setengah tahun terakhir. Meski terbilang masih cukup muda, namun sudah lima produk dirilisnya sejauh ini.

Mengapa Oppo Realme terkesan spesial? Apa saja istimewanya merek yang satu ini? Kenapa Realme vs Xiaomi? Bukan vs Huawei Honor, atau ZTE Nubia? Secara kualitas Oppo produknya mampu bersaing.

Realme vs Xiaomi Bagus Mana.jpg

Realme vs Xiaomi: Bagus Mana?

Apabila diibaratkan partai politik, Oppo Realme disebut sebagai jargon pendatang baru yang segar tanpa mengurangi entitas lama yang telah melekat. Bagus jeleknya entitas lawas itu, setidaknya itulah mengapa Real-Me tercitrakan dan entitas tersebut bernama Oppo.

Kilas balik sembilan tahun lalu ketika Oppo merilis produk ponsel bernama OPPO REAL seolah memberi tanda subsidairi seri Smartphone mereka. Walau kalau harus jujur, penamaannya terbilang gagal serta kalah populer dibanding HP Oppo seri lainnya. Efeknya tidak ada perkembangan lanjut sampai sekarang.

Oppo bukan satu-satunya, bukan pula yang pertama. Ada beberapa nama besar juga punya produk alternatif buat dipasarkan melalui sub-merek masing-masing seperti, Huawei dengan Honor atau Xiaomi bersama Pocophone.

Menurut staf marketing, keberadaan sub-produk tersebut bisa dibilang menargetkan segmentasi beda daripada target pasar produk utamanya. Mengingat, Indonesia dan India sebagai negara dengan 10 besar jumlah penduduk terbanyak memiliki beragam kalangan cocok dijadikan target market.
Tidak terkecuali Oppo Realme. Dulu, waktu Realme masih dengan Oppo mereka begitu sukses meluncurkan produk Realme One (1) di India. Sebelum akhirnya, Oppo Realme bertekad berjuang dengan nama sendiri dan berpisah dari Oppo pada Juli 2018 silam.
Perpisahan berdampak pada minggatnya Oppo Global Vice-President, Sky Li, yang menjabat posisi baru jadi CEO Realme Global. Namun apabila mengingat kilas balik, kepindahan Sky Li seolah bukan hal baru.

Tahun 2013, Pete Lau memilih hijrah dari BBK Electronics dan mendirikan produk OnePlus.

Merek masih satu induk bersama Oppo dan Vivo namun yang membedakan, OnePlus memiliki target pasar dengan standar lebih tinggi menggaet konsumen Amerika serta Eropa. Hasilnya terbilang cukup sukses dengan terbukti mereka menggeser nilai market share Huawei di AS dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.

Sekarang menjadi tanda tanya serta menanti pembuktian apakah hijrahnya Sky Li ke Realme dapat mengikuti jejak OnePlus yang sukses di pangsa pasar Smartphone tanah Eropa serta AS?

Sebagai tambahan, pasar ponsel di Eropa dan Amerika tidak sebegitu mudah layaknya India serta Indonesia. Mayoritas negara maju masyarakatnya cenderung menggunakan produk Apple (iPhone) untuk kebutuhan mobile.

Inilah juga salah satu alasan kenapa banyak perusahaan elektronik khususnya Smartphone Flagship asal China gagal mendapatkan perhatian khusus publik AS dan negara-negara Eropa.

Oppo Realme masih 'anak baru' yang harus menunjukkan keahliannya dan membuktikan apakah mereka memang sepadan, lebih buruk atau lebih baik dibanding OnePlus dan Xiaomi. Untuk saat ini sebaiknya melihat dulu produk keluaran terbaru Realme sampai cukup menghebohkan warganet.

Realme C1 Pilihan Entry-level Terbaik

Realme vs Xiaomi itulah jargon warganet, ketika perilisan ponsel Oppo Realme C1 dalam presentasinya mereka memperlihatkan harga yakni Rp 1,399,000.

Xiaomi Pocophone vs Realme Oppo Asus_6.jpg

Hal ini menggemparkan publik, menurut warganet dengan harga tersebut Realme vs Xiaomi bisa dimenangkan oleh Realme. Lalu kenapa disandingkan dengan perusahaan yang identik warna Oren itu? Bukannya lawan Samsung, Huawei atau bahkan Advan notabenenya merek lokal?

Melihat spesifikasi Oppo Realme C1 ditenagai Qualcomm Snapdragon 450 dengan bentang layar 6,1 inci terlalu lebar tapi sudah pakai aspek rasio 18:9 serta berponi di bagian atasnya.

Snapdragon 450 boleh dibilang jadi standar pemakaian untuk prosesor dengan chip dari Qualcomm. Sebab, ia dapat memenuhi beberapa kebutuhan masyarakat saat ini contoh kecilnya adalah Multitasking & Gaming.

Jika Realme vs Xiaomi, maka produk C1 saingan terdekatnya adalah Redmi 5A atau Redmi 6A. Namun dari segi performa, Realme C1 pakai Snapdragon 450 mengungguli kedua ponsel Xiaomi tersebut dengan harga tidak jauh berbeda sama-sama di range 1 jutaan rupiah.

Mengingat chipset serupa produk Vivo V9 dibanderol awal 4 jutaan, ada yang dibawah 2 juta yakni Oppo A3s tapi lagi-lagi secara spesifikasi seolah Oppo Realme C1 membungkam semua lawannya.

Realme vs Xiaomi: C1 vs Redmi 5A / 6A, untuk kapasitas memori RAM ketiganya sama-sama dibekali 2GB, dan internal storage pun serupa di angka 16GB.

Realme C1 lagi-lagi menang soal urusan baterai yang mengusung kapasitas 4230 mAh. Dinilai mampu bertahan memenuhi kebutuhan 18 jam mendengarkan musik, teleponan non-stop 15 jam, nonton film tanpa henti sampai 12 jam, hingga main game 10 jam.

Nah kalau sektor modul kamera, Realme vs Xiaomi memang cenderung sama. Redmi 5A / 6A dan Oppo Realme C1 bertiga punya lensa utama resolusi 13MP aperture f/2.0, lagi-lagi C1 menang setelah dibekali dual kamera belakang.

Realme 2 Pro Penggebrak Baru Saingan Xiaomi

Tahukah Anda, pangsa pasar Smartphone begitu heboh ketika Oppo Realme 2 Pro dirilis ke publik. Asus sampai menurunkan harga retail resmi Zenfone Max Pro M1, dan Xiaomi turut mengalihkan perhatian dengan mengadakan diskon, cashback, dan Flash Sale Redmi Note 5 di harga lebih terjangkau.

Lalu apa istimewanya ponsel ini? Hingga munculnya Realme vs Xiaomi vs Asus? Oppo F9 produk istimewa, desainnya bagus, prosesornya canggih.

Kalau kamu belum cukup dana beli Oppo F9 maka Realme 2 Pro seolah jadi alternatif terbaik disamping saingannya yakni Redmi Note 5 dan Zenfone Max Pro M1.

Soal dapur pacu bahkan Oppo Realme 2 Pro unggul di kategori Chipset yakni Snapdragon 660 sementara dua pesaingnya hanya berani gelontorkan satu level di bawahnya Snapdragon 636. Mengingat harga Realme 2 Pro tak jauh beda dari dua saingannya tersebut maka pilihan baru masyarakat jatuh pada ponsel ini.

Kualitas Realme vs Xiaomi 

Secara spesifikasi, jeroan, dapur pacu, performa, Oppo Realme pemenangnya. Lalu bagaimana dengan kualitas? Kokohnya build quality? Walau jarang dibahas di setiap review produk ponsel, namun sektor ini merupakan paling penting diperhatikan.

Realme vs Xiaomi, secara kualitas keseluruhan Oppo Realme unggul telak. Bukan hanya dalam hal spesifikasi, namun juga optimasi tampilan antarmuka Color OS tanpa iklan dalam sistem bawaannya.

Terlebih Realme memberikan jaminan garansi yang bisa diklaim lewat Oppo Service Center. Pusat perbaikan resmi Oppo sudah tersebar di penjuru Indonesia, inilah yang semakin meyakinkan warganet bahwa pertarungan awal direct-rival antara Realme vs Xiaomi dimenangkan Realme.

Namun seolah tidak mau kalah begitu saja, Xiaomi Redmi Note 6 Pro siap dirilis awal November 2018 ini semakin memanaskan kontes Realme vs Xiaomi di kanca pergawaian tanah air.