Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Realme C1 / 2 Pro dan Ganti Warna

Flash LED Notifikasi merupakan lampu indikator yang akan menyala ketika layar ponsel Realme C1 / 2 Pro Anda menerima pemberitahuan terkait pesan masuk, panggilan telepon, baterai penuh atau lowbat, dan lainnya.

Fitur ini sudah banyak disematkan pada mayoritas Smartphone Android kekinian. Agar ketika HP  pengguna sedang dalam keadaan Stand-by dan cara terbaik mengetahui adanya pesan masuk misalnya, dengan melihat apakah lampu indikator menyala atau tidak.

Mengaktifkan LED Notifikasi Realme C1 2 Pro
LED Notifikasi HP Realme C1

Berikut tutorialnya.

Mengaktifkan LED Notifikasi Realme C1 / Realme 2 Pro

Q: Apakah Realme C1 memiliki LED Notifikasi? Ya. Berbeda dengan Oppo A3s yang harus menginstall aplikasi tambahan dulu buat menikmati LED Notifications. Ponsel Realme C1 dan Realme 2 Pro merupakan salah satu yang memilikinya sejak awal pembelian tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Fitur ini bisa diaktifkan dengan cara:
  1. Masuk ke menu Pengaturan (Settings
  2. Scroll ke bawah, pilih Aksesibilitas (Accessibility
  3. Tap letak bagian Pendengaran (Hearing
Terdapat opsi Toggle Pemberitahuan LED Notifikasi, Turn ON Push / centang agar aktif ketika menerima panggilan masuk, SMS, pesan singkat, kondisi baterai penuh / jelang habis, dan lainnya.

Jangan berkecil hati kalau ternyata fitur ini tidak ada di HP Android lainnya. Karena Anda memiliki opsi buat memakai aplikasi yang diunduh dari Play Store.

Lalu apakah bisa mengganti warna lampu LED Notifikasi Realme C1 dan 2 Pro? Sejauh ini secara default pengguna hanya diberikan satu opsi yakni Merah.

Tapi jika ingin modifikasi alias ganti silakan install & pakai aplikasi LED Light Manager atau Flash Notification di Google Play Store dan kustomisasi warna tersedia dapat disesuaikan menurut keinginan pengguna (Multicolor).

Kelebihan Flash Notification Anda tidak harus melakukan akses Root Realme C1 untuk menggunakan fiturnya, selain itu gratis, aman, tanpa iklan, dan sering update setiap dua minggu sekali.

Hal unik lainnya, Flash Notifications dapat dijadikan sebagai lampu senter. Menghidupkannya cukup dengan masuk ke menu pada aplikasi tersebut kemudian mengatur tombolnya menjadi Flash-ON. Ini bukan trik rahasia tersembunyi.

Rekomendasi kami pakai Flash Notification tersedia di Play Store dan gratis. Anda dapat leluasa memilih aplikasi tertentu yang ingin dinyalakan LED Notifikasinya ketika menerima pemberitahuan masuk.

Baca juga: Memaksimalkan Pengaturan Kamera HP Realme

Ada cara lebih ekstrim dengan melakukan akses Root, fungsinya agar Anda bisa leluasa melakukan modifikasi warna LED Global seperti halnya mengubah LED Notification ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro atau Huawei Honor 8x. Tapi konsekuensi garansi tidak akan bisa diklaim kalau sudah Rooted.

Tanya - Jawab Soal LED Notifikasi Realme C1

Q: Apakah bisa memunculkan ikon notifikasi di status bar Realme C1?
A: Bisa. Tanpa harus menghidupkan secara manual lewat pengaturan.

Khusus untuk gawai seharga 2,9 juta rupiah Realme 2 Pro memang hampir semuanya ada LED notifikasi baik rilisan versi India, Global dan Indonesia. Pengaturannya juga sama, karena C1 dan 2 / 2 Pro menggunakan tampilan antarmuka Color OS ala Oppo.

Realme C1 ponsel sejuta umat yang disebut bersaing langsung serta menggertak keberadaan Xiaomi Redmi 6A. Harganya sama-sama terjangkau seolah memanaskan persaingan menjadi siapa yang terbaik untuk #HapeSejutaan di tanah air.

Begitulah singkatnya Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Realme C1, 2 Pro dan Ganti Warna tanpa atau menggunakan aplikasi.