Realme 2 Pro Setting: Cara Memaksimalkan Pengaturan Kamera

Memaksimalkan Pengaturan Kamera Realme 2 Pro dan Kinerjanya - Realme 2 Pro merupakan ponsel idola baru kelas menengah. Mengingat Motorola One Power yang menggunakan chip Snapdragon 625 dan dibanderol 6 Juta Rupiah, ponsel Realme 2 Pro ditenagai Snapdragon 660 seolah terlihat lebih terjangkau dan Value-deal di kelasnya.

Tidak heran kalau langkah tepat dilakukan Oppo ketika merilis submerek Realme untuk menyaingi Xiaomi, Asus, Honor dan kedigdayaan Samsung dalam persaingan industri Smartphone di Indonesia.

Pengaturan Kamera Realme 2 Pro Bokeh Watermark

Harganya yang dibanderol mulai dari Rp 2,9 Jutaan sempat membuat Asus panik langsung menurunkan harga produk ritel resmi Zenfone Max Pro M1 hanya selang sehari usai peluncuran Oppo Realme 2 Pro. Sementara Xiaomi bergegas merilis produk terbaru mereka, Redmi Note 6 Pro.

Spesifikasi mewah ditawarkan Realme 2 Pro, untuk sektor kamera terdapat dual lensa utama dengan resolusi 16MP + 2MP ukuran aperture f/1.7 serta f/2.8 depth sensor. Sementara kamera depan 16MP dipadu fitur HDR cocok buat menghasilkan foto selfie yang bagus.

Berbicara soal kamera, terdapat pengaturan lensa utama dan depan untuk memaksimalkan agar foto hasil jepretan terlihat lebih bagus daripada biasanya. Ikuti settingan kamera dari Shukan Bunshun berikut ini:

Trik Foto Efek Bokeh Realme 2 Pro

Kalau lagi selfie di tempat umum, biasanya kita cenderung ingin memfokuskan pemotretan foto pada suatu obyek dengan mengaktifkan efek bokeh Realme 2 Pro dan mengalihkan pandangan daripada objek lain di sekitarnya.

Mode bokeh diaktifkan berfungsi agar foto sepenuhnya terfokuskan pada obyek yang diincar, misalnya wajah dan tubuh kita. Lalu objek lain di sekeliling / latar belakang bakal diabaikan dengan metode blur alias buram bukan disebabkan Noise tapi memang itu fungsi software depth-sensor.
Agar kualitas hasil foto lebih maksimal, coba untuk mengaktifkan mode portrait bokeh pada menu setting camera (Pengaturan Kamera) ditambah mode profesional. 
Tapi ini opsional ya biasanya buat fotografer handal mengerti cara mengaturnya, kalau nggak bisa pakai Mode Pro bisa gunakan mode otomatis tanpa mengurangi akurasi efek bokeh. Berikut merupakan contoh hasil foto Lowlight Realme 2 Pro (Kondisi minim cahaya / malam hari).

Lowlight Realme 2 Pro Kamera Foto Gambar
Lowlight Realme 2 Pro

Masih dalam metode efek bokeh, Anda bisa menghasilkan foto maksimal dengan mengaktifkan dua lensa kamera sekaligus ketika memotret termasuk fitur Depth-sensor yang otomatis terpakai ketika aktif.

Penggunaan-nya cukup menekan tombol Rana (Shutter) pada kamera utama dengan objek setidaknya berjarak 2 meter dari posisi pengambilan gambar.

Menggunakan Watermark Tulisan Shot on Realme 2 Pro

Watermark pada hasil foto sebenarnya sudah ada sejak Oppo F5 dan Vivo V5. Jadi saat kita memotret, hasil gambarnya akan ada tulisan "Shot on Realme 2 Pro" disertai logo letaknya sisi kiri bawah, sebagai contoh pada foto berikut ini.

Realme 2 Pro Contoh Hasil Foto Watermark.jpg
Contoh Gambar Hasil Foto Realme 2 Pro / Dual Camera

Namun secara default kamera Realme 2 Pro tidak langsung tersedia watermark, jadi Anda harus menyalakannya secara manual melalui menu pengaturan kamera yang cukup mudah.

Sedangkan pengguna Realme C1 atau ponsel Android lainnya bisa pakai aplikasi pihak ketiga bernama "Shot On" install lewat Google Play Store. Seluruh kustomisasi ikon, jenis font tulisan Shot On Realme, emoji, hingga ukuran watermark dapat dimodifikasi sendiri.

Watermark atau tanda tidak akan membuat hasil gambar jadi lebih jernih / bening. Itu cuma sekadar tulisan menggunakan ponsel apa foto tersebut dijepret.

Baca juga: Realme vs Xiaomi Bagus Mana?

Tips Selfie Kamera Realme 2 Pro

Sensor suara pada HP Realme 2 Pro memudahkan pengguna dalam memaksimalkan fitur kameranya. Jika kalian mengucapkan kalimat "Cheese!" ketika berada tepat di depan lensa saat selfie, maka otomatis shutter jepretan aktif (Tanpa mode timer atau silent).

Selain itu, kalau Anda menampilkan lima jari telapak tangan terbuka lebar kamera juga secara otomatis mendeteksi bahwa Anda sudah siap dijepret tombol Shutter. Eits, tapi lakukan di ruangan yang cukup cahaya ya.

Terus bagaimana agar fitur tersembunyi ini aktif? Pada pengaturan kamera sudah disediakan, secara bawaan memang nonaktif makanya kita harus aktifkan manual.

Realme 2 Pro adalah submerek di bawah naungan Oppo, jadi kalau Anda merasa harus memperbaiki ponsel tersebut jangan ragu klaim garansi dengan bawa ke pusat layanan perbaikan resmi Oppo Service Center terdekat. Cukup bawa perangkat HP tanpa kartu garansi dan nomor IMEI akan dicek di tempat.

Kurang lebih begitulah tutorial Memaksimalkan Pengaturan Kamera Realme 2 Pro dan Setting watermark yang dapat dipelajari.