Menghapus Aplikasi Bawaan Asus Zenfone Max Pro M2 (Bloatware)

Terkadang metode cara menghapus aplikasi bawaan Asus Zenfone Max Pro M2 terkesan sulit mengingat vendor menyusupi sejumlah bloatware semisal Babe, Lazada, UC Browser, J&T, dan lainnya walau sebenarnya pakai sistem operasi Android Stock UI.

Apa saja yang dianggap sebagai aplikasi bawaan (Bloatware) dan kenapa harus di-uninstall? Bloatware merupakan sejumlah aplikasi yang telah ditambahkan pada Smartphone Android dan bukan termasuk sistem (Galeri, Pengaturan, Pesan, Telepon, dll) lebih kepada pelengkap seperti yang telah kami sebutkan pada paragraf pertama tadi.

Asus Zenfone Max Pro M2 Fitur Trik Tersembunyi_5
Bloatware Asus Zenfone Max Pro M2

Sebenarnya menghapus atau uninstall bloatware tidak wajib. Tapi kalau jarang dipakai kesannya mengganggu dan cuma bikin penuh memori internal, di sisi lain jika nekat menghapusnya begitu saja dapat menyebabkan kesalahan fatal pada sistem.

Jadi sebaiknya hati-hati salah uninstall justru mengakibatkan masalah pada HP Asus Zenfone Max Pro M2 Anda menjadi semakin rusak. Komponen piranti lunak lainnya kemungkinan dapat menyatu pada sebuah aplikasi yang error.

Ada satu kasus dimana pengguna awam mencoba hapus software yang dianggap sebagai aplikasi namun ternyata dia menghapus firmware penting dari sistem, hasilnya HP tersebut rusak berat.

Sekarang kalau Anda sudah dapat membedakan antara bloatware dan aplikasi bawaan sistem, sebaiknya lanjut mengikuti tutorial berikut.

Menghapus Aplikasi Bawaan Asus Zenfone Max Pro M2 Tanpa Root 

Apakah bisa tanpa melakukan Root? Sebenarnya secara teori cukup sulit, bahkan sangat jarang dalam praktiknya. Vendor cenderung memblokir akses, paling maksimal cuma bisa menonaktifkan agar tidak muncul konten termasuk iklan pada aplikasinya.

Walau demikian, sejumlah produsen Smartphone memperbolehkan aplikasi bawaan yang terpasang dihapus pengguna secara manual lewat cara di bawah ini:

  • Masuk ke Pengaturan (Settings). 
  • Pilih Aplikasi / Applications / Apps. 
  • Kemudian bakal muncul sederet aplikasi baik yang telah diinstall lewat Play Store atau sudah berada di memori internal. 
  • Klik aplikasi yang dianggap mengganggu, tak terpakai, atau mau dihapus. 
  • Ciri-ciri Bloatware hanya terdapat pilihan "Disable", dan "Force Stop". 
  • Jika ada pilihan "Uninstall / Hapus Aplikasi" berarti vendor memperbolehkannya. 
  • Sebaliknya, kalau tidak tersedia cukup pilih "Disable (Nonaktifkan)" dan aplikasi tak akan berjalan di latar belakang (Background) sehingga konsumsi baterai lebih hemat. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah aplikasi yang Anda disable bisa saja kembali aktif otomatis  hal tersebut mungkin ada kaitannya dengan sistem semisal ketika Anda menyalakan Wi-Fi, GPS, Bluetooth dan sejenisnya agar berfungsi normal.

Menghapus Aplikasi Bawaan Zenfone Max Pro M2 dengan Root System 

Nah kalau metode kedua ini mempermudah dan lebih gampang. Namun wajib melakukan akses Root yang sebelumnya membutuhkan Unlock Bootloader apabila diperlukan seperti telah diterapkan pada Oppo Realme U1.

Dengan kondisi HP Rooted kita bisa mengakses penuh segalanya pada ponsel termasuk memberantas bloatware aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Sudah melakukan root?

  • Buka Google Play Store atau Browser. 
  • Cari aplikasi bernama "System App Remover". 
  • Setelah mengunduh selanjutnya muncul notifikasi dari SuperSU meminta izin akses. Klik Grant atau Allow (Izinkan). 
  • Cek kembali aplikasi bawaan yang mau dihapus. 
  • Pilih dan tap Uninstall

Jika muncul pemberitahuan pilih OK, dan proses penghapusan bloatware berhasil.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Asus Zenfone Max Pro M2 dengan Uninstall Bloatware memang agak sulit jika tanpa root, setidaknya itulah metode awal agar tidak terjadi pemborosan data internet mau pun daya batre.