Solusi Fitur Reply Privately WhatsApp yang Tidak Muncul

Seperti yang telah diberitakan melalui blog WhatsApp, mereka sudah merilis fitur terbaru bernama "Reply Privately". Namun kebanyakan pengguna belum merasakannya karena sebagian besar ternyata tidak mendapati opsi tersebut pada ruang obrolan akun WA mereka.

Apa Itu Reply Privately WhatsApp? 

Reply Privately (Balas Secara Pribadi) merupakan fitur terbaru WhatsApp yang berfungsi memungkinkan pengguna melakukan pesan balasan kepada anggota grup lain yang bersifat pribadi dan secara rahasia ketika berada di ruang obrolan suatu grup.

WhatsApp Reply Privately Adalah
Reply Privately WhatsApp Group

Jadi ketika Anda membalas pesan anggota grup lain dengan mengaktifkan atau memilih opsi Reply Privately maka bakal dialihkan otomatis ke Private Message (PM).

Pesan balasan pribadi tersebut akan mencantumkan kutipan yang ada di grup saat pengguna mau membalasnya.

Untuk menikmati fitur Reply Privately tidak membutuhkan installasi aplikasi tambahan. WhatsApp telah menyediakan bagi seluruh pengguna dan ini bukan lagi versi beta (uji coba).

Mengatasi Reply Privately Tidak Muncul

Sejumlah pengguna di beberapa negara belum kebagian jatahnya. Akibatnya mereka dibuat bingung, WhatsApp update blog tentang Reply Privately tapi tidak tersedia di ruang chatting.

Ternyata, fitur baru itu tersedia hanya di aplikasi WhatsApp versi 2.18.353 atau lebih tinggi. Biasanya kebanyakan pengguna sekarang pakai WA versi 2.18.330 setelah pembaruan penambahan fitur Stiker WhatsApp.

Jadi untuk solusi awal adalah memperbarui aplikasinya demi memunculkan Reply Privately. Khusus pengguna iOS biasanya tidak wajib update dan langsung muncul.

Jika setelah update namun masih belum muncul, coba hapus berkas sampah (Cache) kemudian restart ponsel.

Cara Menggunakan Fitur Reply Privately di WhatsApp

Pastikan Anda berada di ruang obrolan grup, bukan pribadi.
  • Pilih pesan yang ingin Anda balas, tekan dan tahan beberapa detik sampai muncul menu seperti biasa. 
  • Pada pojok kanan atas terdapat tombol opsi tiga titik vertikal, di sana tersedia fitur "Reply Privately". 
  • Kemudian Anda akan dialihkan ke ruang obrolan dengan anggota grup pengirim chat yang pesannya ditandai tadi. 
Fungsi Reply Privately WhatsApp_7
Reply Privately WhatsApp / WABetaInfo

Selain pesan pribadi, juga dapat berguna sebagai pengiriman pesan grup yang bersifat tertutup. Contohnya grup WA hanya administrator yang bisa kirim chat kepada user lain.

Simak juga: Cara Verifikasi WhatsApp Business.

Pada versi beta sebelumnya cuma tersedia buat OS Android. Akan mengizinkan penggunanya mengirim pesan balasan dari grup secara personal tanpa diketahui anggota group lainnya lewat chat box terpisah.

Sederhananya, fitur tersebut mirip chat personal dua orang namun bisa dilakukan di suatu grup. Sebagai solusi bagi mereka yang memiliki masalah malu buat buka obrolan sama orang tertentu di dalam grup.

Fasilitas baru ini juga bermanfaat bagi pengguna ketika ingin menyampaikan percakapan ke admin grup namun tanpa diketahui anggota lainnya.

Sebagai tambahan, untuk menginstall aplikasi WhatsApp versi teranyar kami sarankan langsung melalui situs resmi. Mereka sering telat memperbarui di Google Play Store.

Beberapa negara seperti India, Indonesia, Malaysia, Brazil merupakan area yang kerap mendapatkan pembaruan WhatsApp paling terakhir termasuk Reply Privately ini.