Benarkah Bahaya Menghapus Folder Thumbnail Pada HP Android?

Cuplikan gambar kecil, selanjutnya disebut Thumbnail merupakan preview singkat pada foto dan video yang dihasilkan melalui proses meta data. Lalu apakah aman jika menghapus folder Thumbnail pada File Manager? Bagaimana efeknya? Apa manfaat dan kegunaannya? Benarkah bahaya dan menimbulkan efek negatif sampai kerusakan sistem?

Shukan Bunshun telah mencoba eksperimen tersebut pada dua ponsel yakni Oppo Realme beserta Samsung Galaxy, dan hasilnya sama saja. Apa yang sama? Berikut ulasan kami.

Bahaya Hapus Folder Thumbnail HP Android Efek Negatif

Thumbnail itu kan pratinjau kilas untuk sebuah gambar dan video yang bisa dibuka secara normal. Istilah tersebut sudah ada sejak zaman komputer CPU Intel Pentium 1.

Hal tersebut juga menandakan bahwa komputer sudah mendapatkan predikat "User Friendly (Ramah Pengguna)".

Jadi seolah-olah pengguna bisa dengan mudah melihat gambar kecil yang telah dioptimasi terkait file tersebut sebelum di-klik, dan ketika diklik terlihat versi orisinil dengan ukuran lebih besarnya.

Zaman dulunya lagi, sebelum era thumbnail pengguna cuma disuguhkan nama berkas saja. Misal gambar matahari: pada memori internal PC cuma bertuliskan matahari.jpg sementara saat ini Anda bisa mengatur mengaktifkan thumbnail agar terlihat pratinjau foto yang akan dilihat tersebut.

Tanpa mengurangi resolusi file aslinya, gambar thumbnail diperkecil ukurannya demi mempermudah menampilkan seluruh foto atau gambar lainnya di dalam folder.

Contoh Thumbnail: Buka halaman depan blog shukanbunshun.com di samping judul artikel ada gambar kecil itu thumbnail, dan ketika postingan di-klik nampak lah foto asli beserta ukurannya.

Begitu juga dengan galeri Smartphone. Buka folder penempatan gambar di HP, kemudian bakal muncul berderetan foto yang pernah Anda jepret pakai kamera ponsel atau menyimpannya dari media sosial, situs web, internet, dll.

Sederetan foto tersebut memiliki ukuran piksel serta resolusi lebih kecil dari normalnya. Terus, apa fungsi dan kegunaan Thumbnail pada Android?
  • Pratinjau Gambar: Kadang foto di HP Anda jumlahnya berisi ratusan, untuk memudahkannya thumbnail akan menampilkan gambar dengan ukuran lebih kecil agar ketika menavigasi pengguna jadi makin gampang menemukan obyek yang dicari. 
  • Mempercepat Prosesing: Jika gambar pada galeri Smartphone isinya ratusan bahkan ribuan foto dan video, akan memakan waktu buat memuat seluruhnya satu per satu. Dengan adanya Thumbnail dapat membantu percepat proses pemuatan gambar dalam penyimpanan sebelum tersaji pada HP pengguna. 
Efek Negatif Folder Thumbnail yang Menumpuk 

Biasanya banyak yang bingung kenapa kapasitas memori internal semakin berkurang padahal aplikasi sedikit, foto dan video dipindah ke kartu memori eksternal, salah satu penyebabnya adalah Thumbnail ini.

Jika terus dibiarkan kapasitas memori internal akan berkurang.

Bahkan thumbdata yang tersalin menjadi beberapa bagian seakan-akan menyamarkan dirinya sebagai file lain (bukan gambar), ya walau cuma 30-50kB kan kalau banyak juga malah bikin penuh Storage.

Contohnya kamu menyimpan satu gambar selfie, akan tercipta 1 file thumbdata pada folder Thumbnail juga. Cukup jelas, perhitungannya satu gambar sama dengan dua obyek yang disimpan yaitu gambarnya dan thumbnailnya (Image Preview).

Bayangkan ada 150 foto di dalam galeri HP, tercipta pula 150 thumbnail. Totalnya 300 file terisi pada memori internal, walau pun sebenarnya gambar sudah dipindahkan ke microSD Card.

Apabila terlalu banyak, prosesing pemuatan gambar bakal semakin lambat / lemot dan kinerja kompresi index data mengurang dampaknya makin buruk untuk komponen lain pada HP.

Bahaya Menghapus Folder Thumbnail Pada HP Android

Padahal sudah jelas Thumbnail bisa mempersempit ruang penyimpanan, pengen dihapus kok malah bahaya?

Sebab kalau dihapus proses index thumbdata akan dilakukan dari awal lagi. Apalagi kalau jumlah gambarnya lumayan banyak, Thumbnail masuk kategori Cache atau sampah.

Walau pun dihapus ke depannya akan balik normal terisi otomatis seiring eksplorasi yang dilakukan pengguna baik lewat koneksi internet atau menyimpan hasil potretan kamera ponsel.

Agar tidak terjadi kesalahan / error, sebaiknya jangan langsung menghapus folder Thumbnail di file manager. Hapus Cache saja lewat menu pengaturan (Settings).

Kesimpulannya, boleh Thumbnail dihapus tapi risiko tanggung sendiri jika ada file yang ternyata penting ikut terhapus itu bahaya bagi kelangsungan kinerja HP Android, untuk itulah disarankan mending hapus Cache saja secara rutin.