Cara Mencari HP Realme yang Hilang atau Dicuri Keadaan Mati

Bagaimana Cara Mencari / Melacak HP Realme yang Hilang Dicuri Dalam Keadaan Mati, GPS Tidak Aktif tapi mengetahui lokasi keberadaan Smartphone.

Kalau Anda dan atau teman, kerabat, pacar, sedang kehilangan ponsel Realme baik penyebabnya lupa menaruh, dicuri orang lain, terjatuh di jalan, dan faktor lainnya langkah awal yang harus Anda lakukan melacak Smartphone Android tersebut supaya bisa cepat diketahui posisinya.

Kalau dulu sebelum 2014 agak susah melacak Smartphone berbasis Android OS yang hilang, iOS sih enak punya fitur Find My iPhone mengandalkan iCloud dibanding HP Android jika hilang waktu itu langsung bikin keliyengan penggunanya.

Mencari HP Realme yang Hilang Melacak
Realme 2 Pro / ShukanBunshun.com

Tapi ya itulah namanya teknologi kan semakin berkembang, maju pesat, bukannya malah jalan di tempat apalagi mundur. Saat ini Smartphone dengan berbasis sistem operasi (OS) Android Jelly Bean ke atas sudah lebih mudah dilacak ketika sewaktu-waktu ponsel hilang, dicuri, jatuh, lupa menyimpan, dan lain sebagainya.

Dan dalam tutorial ini kita bakal membahas HP Realme yang notabene sudah menggunakan Android Oreo ke atas semua berkustomisasi Color OS ala Oppo. Jadi secara tidak langsung tutorial postingan ini berlaku juga untuk melacak HP Realme series (Realme C1 / U1 / 2 Pro, dll) dan semua Oppo.

Kadang orang tidak mempermasalahkan harga dan kemewahan ponsel Realme ketika hilang, tapi bisa jadi data-data serta dokumen penting yang terdapat di dalam HP tersebut lebih 'mahal' berkali-kali lipat dibanding harga Smartphone.

Ponsel bisa diganti suatu saat, tapi data hilang seperti nomor kontak orang lain (Kerabat Bisnis, Teman Kerja, Keluarga, Pacar 1, Pacar 2), berkas dokumen, video dan foto pribadi (apalagi kalau sama pasangan), serta semua file bersifat pribadi.

Nyaris mustahil untuk mengembalikan momen serta data tersebut. Saran kami, rajin backup (Cadangkan) data dan upload ke file hosting gratisan pihak ketiga juga nggak apa-apa seperti DropBox, Google Drive, dll setidaknya satu bulan sekali.

Parahnya lagi kalau sejumlah akun media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, WhatsApp, Twitter, LINE semua dalam keadaan Login otomatis tanpa proteksi kata sandi ulang atau otentikasi dua faktor. Tentu saja penemu ponsel Realme yang hilang itu berpotensi menyalahgunakan akun medsos pemiliknya, sebuah pelajaran agar selalu mengaktifkan sistem Two-factor Authentication.

Baca juga: Cara Menyalakan Lampu Senter di HP Realme.

Cara Melacak dan Mencari HP Realme yang Hilang atau Dicuri 

Pada semua HP Realme notabene mirip Oppo karena sama-sama menggunakan kustomisasi ColorOS yang di dalamnya memiliki fitur untuk melacak keberadaan ponsel secara tepat waktu realtime dapat dilihat posisi keberadaannya baik melalui Smartphone lain atau PC / Laptop.

Dan biasanya hampir semua Android sudah support baik menggunakan aplikasi tambahan atau pakai sistem akun Cloud seperti iCloud (iPhone), ZenCloud Web Storage (Asus) dan MiCloud (Xiaomi) khusus bisa juga berfungsi melacak posisi ponsel dan menemukan lokasinya.

Terdapat dua metode yang mungkin dapat Anda coba ketika HP Realme hilang, terjatuh di perjalanan atau lupa meletakannya dimana walau dalam keadaan layar mati dan GPS nonaktif.

Android Device Manager 

Opsi pertama kita memanfaatkan aplikasi yang sesuai rekomendasi Google yaitu Android Device Manager (ADM). Memang sejak dulu aplikasi ini cukup populer dan dapat diandalkan bagi pengguna disaat mereka kehilangan HP kesayangan karena langsung dikelola oleh Google yang notabene pemilik Android OS.

Nah, sekarang ADM sudah ganti nama jadi Find My Phone (Temukan Ponsel Saya), Anda bisa install secara gratis melalui Play Store cari saja pakai kata kunci tersebut.

Near Me Find

Khusus pengguna Realme dan Oppo kalau lagi bingung kehilangan HP cukup andalkan fitur Near Me Find. Fungsinya buat mengetahui lokasi keberadaan Smartphone, lumayan canggih karena pakai mesin khusus yang dibantu teknologi dari Samsung dan LG. Pelacak HP Realme tersebut dapat diaktifkan dan digunakan langsung bagi mereka yang telah terdaftar pada akun Cloud (Penyimpanan Awan).

Adapun mengenai syarat sebelum mempraktikan pelacakan pakai ADM Anda harus hafal kata sandi dan email akun Google yang terpasang pada HP Realme yang hilang. Kalau mau pakai Near Me Find posisi akun O-Cloud sudah login di ponselnya, atau minimal saat pendaftaran / registrasi akun itu pakai Smartphone Realme.

Nah, metode paling gampangnya adalah ketika GPS ponsel dalam keadaan aktif maka akses lokasi bisa dilacak jarak jauh pakai perangkat HP atau Laptop lain. Ini karena sinkronisasi antara akun yang nyangkut di HP dengan fitur lokasi aktif sehingga proses melacak keberadaan jadi makin gampang ke server.

Jelas ya. Kalau nggak punya akun O-Cloud berarti cukup mengandalkan akun Google yang sudah pasti dan seharusnya ada di setiap Smartphone Android. Yang penting ingat password demi langkah verifikasi ketika proses pelacakan menggunakan Android Device Manager membutuhkan data login buat konfirmasi bahwa Anda adalah pemilik asli ponsel.

Simak pula: Kalibrasi Baterai di HP Realme Beserta Layarnya

Cara Menampilkan HP Realme yang Hilang di Google Maps 

Langkah awal adalah persiapan melacak HP Realme yang hilang, yakni unduh dulu aplikasi Android Device Manager dan install. Anda bisa menggunakan perangkat Smartphone lain, atau pakai PC supaya lebih jelas tampilannya.

Setelah berhasil diinstall, selanjutnya login pakai data email dan kata sandi akun Google di HP Realme yang hilang. Kemudian lanjutkan proses pelacakan, akan muncul di tampilan layar terdeteksi posisi HP terakhir dan letak keberadaannya walau tidak begitu persis karena hanya andalkan Maps.

Ketika sudah terlacak, Anda punya opsi lagi. Mau menghapus data di ponsel tersebut, samperin langsung ke lokasi, atau mengunci HP Realme supaya tidak bisa dibuka pemilik baru agar tidak disalahgunakan orang lain.

Selain itu Anda juga dapat menderingkan ponsel kalau hilangnya di dalam rumah asalkan HP Realme bukan di mode getar atau silent. Opsi terakhir bisa hapus data jarak jauh, ini bisa dilakukan jika Smartphone dianggap sudah sulit ditemukan.

Sebaliknya yang sangat disayangkan mode dering ponsel mustahil berhasil dilakukan jika kondisi HP Realme dalam keadaan mati atau nonaktif. Opsi pamungkas mengandalkan kunci Smartphone jarak jauh atau Wipe data (hapus semua berkas).

Misalnya pemilik atau penemu HP Anda menyalakan ponsel Realme jadi akan muncul di layar bahwa Smartphone telah dikunci dan Anda bisa menambahkan pesan ke mereka memohon minta kembalikan hapenya secara utuh karena datanya penting.

Apabila tidak ada itikad baik dari penemu, ya lakukan penghapusan data jarak jauh secepatnya sebelum mereka menyalahgunakannya. Begitulah proses cara mencari dan melacak HP Realme yang hilang dalam keadaan mati berlaku bagi semua tipe.

Kurang lebihnya itulah Cara Mencari HP Realme yang Hilang atau Dicuri tapi ponsel dalam Keadaan Mati / nonaktif dengan melacak keberadaan lokasinya.