2 Solusi Cara Memperbaiki Layar Blue Screen Semua HP Realme

Penyebab Kenapa Layar HP Realme Blue Screen Semua Tipe dan Solusi Cara Mengatasi / Memperbaiki Kerusakan Bluescreen. 

Beberapa pengguna Smartphone Realme belakangan ini mengalami sejumlah masalah setelah pembaruan piranti lunak versi terbaru. Bahkan sedikit Bug Android diantaranya dapat mengakibatkan layar HP jadi warna biru blank (Blue Screen) yang harus diatasi sesegera mungkin jika memang Anda masih ingin menggunakan ponsel Realme tersebut.

Sekarang Anda berada di artikel ShukanBunshun.com yang tepat karena kali ini kami bakal membahas bagaimana solusi mengatasi permasalahan Blue Screen pada HP Realme beserta tips pencegahan agar tidak terkena lagi hingga mengakibatkan handphone Anda mati total tak mau menyala.

Layar HP Realme Blue Screen Mengatasi Rusak Error

Cara Memperbaiki Layar Blue Screen Semua HP Realme



Gejala Blue Screen

Berdasarkan pengalaman salah satu pengguna Realme C1 layar tiba-tiba mati mendadak. Awalnya cuma menonton video di aplikasi YouTube ketika hendak berpindah tontonan secara mengejutkan Touchscreen (Layar Sentuh) tidak berfungsi sama sekali.

Setelah itu terus ditekan tiga tombol navigasi yakni back, home dan recent apps sama sekali gagal merespon. Kemudian layar gelap menghitam dadakan, namun masih dalam kondisi HP menyala dengan lampu indikator sebagai acuannya.

Karena sedikit panik, maka ditekanlah tombol Power berkali-kali selama beberapa detik dan HP Realme langsung mati total. Lalu saat dicoba menghidupkannya kembali ternyata cuma tampil layar berwarna biru blank, yang setelah diusut rupanya kena error Blue Screen.

Sudah dilakukan berbagai macam percobaan seperti Charging (Isi ulang baterai) namun status tidak mengisi sebagaimana biasanya. Lampu casan tidak tersambung dan gagal nyala.

Penyebab Blue Screen Realme

Pada umumnya jika masalah Blue Screen menimpa sebuah ponsel Android terjadi disebabkan oleh Hardware Smartphone yang mengalami bentrok dan paling sering kena itu memori RAM, prosesor serta internal storage.

Ada juga ahli menyebut persoalan layar biru diakibatkan overused, artinya terlalu berlebihan dalam hal penggunaan. Misalnya membuka aplikasi berjenis multitasking lebih dari batas wajar (15 ke atas) sekaligus di waktu singkat menimbulkan tanda layar stuck.

Ciri-ciri Blue Screen Android

Sebagai tanda-tanda utama sebagian ada di elemen gejala. Selain itu, selanjutnya layar akan berubah menjadi biru total ketika dinyalakan tidak tampak gambar normal sebagaimana biasanya tampilan Smartphone.

Layar biru (Blue Screen) tidak menampilkan informasi atau data apa pun. Sebaliknya, keseluruhan layar stuck macet dan mentok berwarna biru saja akan sangat percuma menekan tombol power dibarengi volume down / up kombinasi berulang kali tetap gagal menyala.

Biasanya pengguna awam akan langsung membawa ponselnya ke tukang servis di konter HP besar terdekat terutama jika masa garansi sudah habis dan atau jauh dari lokasi pusat perbaikan resmi Realme.

Sebelum Anda juga ikut-ikutan bawa ke outlet, ada baiknya melakukan langkah pertolongan pertama untuk memperbaiki HP Realme yang kena Blue Screen. Baik itu Realme C1, Realme 2, Realme A1, Realme U1, Realme 2 Pro dan seterusnya.

Cek Status Baterai

Mayoritas HP Realme saat ini berstatus baterai tanam yang Non-Removable artinya Anda harus lebih berhati-hati ketika berniat melepaskan dari cangkangnya. Tes pakai multitester kondisi baterai apakah masih bagus nggak, bisa juga secara manual dengan mencopotnya. Untuk panduan bisa cek artikel berikut caranya mirip: Membuka Casing dan Lepas Baterai Realme.

Periksa Kondisi Saklar

Menekan tombol saklar merupakan percobaan awal memeriksa kerusakan Bluescreen di ponsel Realme. Caranya tekan tombolnya dan reaksi mekanik menampilkan angka jika berkisar antara 90-98% dinyatakan cukup bagus.

Mencegah Blue Screen

Sebagai upaya antisipasi ada baiknya kita melakukan pencegahan dini agar Smartphone tidak terkena kerusakan layar biru alias Blue Screen di HP Realme dengan mengikuti tips kami berikut.

  • Jangan membuka aplikasi berat seperti game, YouTube, Facebook, Instagram, WhatsApp, Play Store, Chrome, Google Duo secara bersamaan dan manteng di tab Recent Apps. 
  • Restart atau Reboot ponsel setidaknya seminggu sekali. Kalau saya melakukannya hampir setiap hari Sabtu, hal ini bertujuan sebagai penyegaran (Refresh). Kalau kalian cek dial number *#*#4636#*#* klik Informasi Baterai akan tampil kapan terakhir kali di-restart.

Apabila Anda telah mengecek kondisi baterai serta saklar dan keduanya berada dalam status normal maka ada kesalahan dalam motherboard (eMMC) berakibat bentrok hingga timbulkan BlueScreen HP Realme solusinya bawa ke orang ekspert alias service.

Kurang lebihnya begitulah panduan singkat Cara Memperbaiki Layar Blue Screen Semua HP Realme sebagai Solusi awal sebelum Anda membawanya ke tempat perbaikan.