Cara Mengaktifkan Double Tap to Wake di Semua HP Realme

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Double Tap To Wake Up Screen On - Off sentuhan layar dua kali ketuk pada HP Realme? 

Pernah mendengar istilah Double Tap to Wake Up? Screen On Off? Dua kali klik to Sleep? Itu merupakan salah satu fitur pada Smartphone zaman sekarang dan seolah jadi hal yang wajib ada. Selain karena membantu menjadikan kegiatan Mobile lebih praktis juga dapat meminimalisir kerusakan pada tombol Home serta sensor pemindai sidik jari ponsel.

Bagi kamu yang belum paham, Double Tap To Wake atau ketuk layar dua kali untuk menyalakan dan menonaktifkan HP (Stand-by). Jika biasanya kamu pakai tombol power buat membangunkan layar dari 'kegelapan' kini sudah tidak perlu lagi. Baca: Fitur, Trik dan Kode Rahasia HP Realme.

Cara Mengaktifkan Double Tap to Wake Sleep HP Realme.jpg
Double Tap to Wake REALME A1


Jenis Double Tap

Terdapat tiga jenis layanan Double Tap pada ponsel Android yang bahkan sampai sekarang tidak dimiliki semua perangkat Apple yakni:

• Double Tap To Wake Up / Screen ON : Fungsinya membangunkan atau menyalakan layar dari kondisi yang sebelumnya stand-by dalam keadaan mati (hitam gelap). Disebut juga sebagai alternatif terbaik untuk tombol Power dan Fingerprint Scanner.

• Double Tap To Sleep / Screen OFF : Kalau ini kebalikannya dari yang pertama. Berguna untuk menonaktifkan layar bukan mematikan HP secara keseluruhan. Jadi bisa mengurangi aktivitas pada tombol Power supaya tidak cepat rusak.

Manfaat Double Tap To Screen ON OFF

Salah satu kelebihan Double Tap akan menghemat penggunaan tombol power. Ini sangat memungkinkan meminimalisir terjadinya kerusakan malfungsi karena pengguna juga jarang memakai Power Button kecuali untuk restart / reboot dan menonaktifkan HP.

Bayangkan setiap menit kamu harus tekan tombol Power buat cek pesan WhatsApp, Facebook, Email, notifikasi Instagram, YouTube, Spotify yang masuk. Memang sih enak bagi yang punya fitur sensor Fingerprint tapi gimana dengan HP Realme sejutaan kebanyakan belum ada sistem keamanan pemindai sidik jari.

So, buat kamu kalau HP-nya sudah mendukung fitur Fingerprint tapi tetap mau menikmati Double Tap to Screen ON OFF juga boleh, anggaplah sebagai alternatif jika suatu waktu pemindai sidik jari bermasalah.

Simak: Melacak Lokasi Keberadaan HP Realme yang Hilang.

Cara Mengaktifkan Double Tap to Wake di Semua HP Realme

Fitur Double Tap to Screen ON / OFF sudah tersedia secara default melalui menu pengaturan akan tetapi kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu mengatur manual.
  • Masuk ke Settings (Pengaturan) 
  • Scroll atau gulirkan layar ke bagian bawah cari menu bernama Gesture (Gerakan). 
  • Setelah dipilih kemudian muncul beberapa opsi, silakan klik "Gerakan Layar Mati". 
  • Aktifkan Toggle ON (sampai berubah ke warna hijau) pasa opsi "Ketuk Dua Kali untuk Aktifkan Layar". Cek gambar berikut. 
Oppo Realme Double Tap to Wake.jpg

Selesai. Sekarang kamu cukup tap dua kali dengan cepat di posisi yang sama pada layar HP Realme untuk menyalakan kembali layar Smartphone tidak perlu menggunakan tombol power berulang kali.

Aplikasi Double Tap Screen On Off

Khusus untuk kamu pengguna ponsel Realme versi jadul yang belum support fitur Double Tap To Wake / Sleep kini telah tersedia aplikasi spesial yang berfungsi serupa. Anda juga bisa menginstallnya melalui Google Play Store seperti di gambar berikut.

Double Tap to Wake Sleep Realme Screen On Off

Setelah sukses diinstall cobalah berikan izin akses dengan centang atau aktifkan DoubleTap to Lock Enable "Access Permission". Kamu juga dapat menyesuaikan apakah tap 2x atau 3x untuk menonaktifkan layar ketika sedang menyala.

Hingga postingan ini Shukan Bunshun tulis, seluruh HP Realme yang notabene pakai kustomisasi tampilan antarmuka Color OS ala Oppo sudah memiliki fitur Double Tap To Wake. Baca: Cara Main Game Fortnite Mobile di Semua HP Realme.

Beberapa ponsel tersebut diantaranya: Realme C1, Realme 2, Realme U1, Realme 2 Pro dan Realme A1. Dapat dipastikan juga untuk Smartphone keluaran terbaru satu merek bakal kebagian jatahnya tanpa wajib menginstall aplikasi tambahan dari sumber pihak ketiga.