HP Realme Asli Dibuat dari Negara Mana? Produk Ori vs KW

Kekhawatiran melanda publik tatkala mereka penasaran, HP Realme Asli dibuat di negara mana? Timbulnya rasa keingintahuan orang semakin meningkat sebab sejumlah tipe dari merek perusahaan asal China yang jadi sub-brand Oppo ini negara asal pembuatan memang berbeda.

Mulai dari Made in China, ada pula Made in India, bahkan Vietnam, Japan dan Hong Kong.  Lalu mana kah yang beneran asli? Atau justru Made in Indonesia produk originalnya sedangkan yang lain Smartphone Realme palsu alias barang KW?

Membedakan HP Realme Asli Palsu Negara Asal

Ternyata Oppo dan Realme memiliki banyak pabrik perakitan ponsel di beberapa negara berbeda-beda tentu saja akan menghasilkan kualitas yang jauh beda signifikan. Data per awal 2019 dirilis oleh CounterPoint bertuliskan ada negara memiliki Sumber Daya Manusia cukup serta mampu menghasilkan kualitas produksi Smartphone terbaik yang hasilnya kerap memuaskan masyarakat serta pengguna.

Cara Mengetahui Asal Negara Semua HP Realme Asli 

Metode awal yang akan kita gunakan untuk mengecek apakah HP Realme asli atau palsu dengan memanfaatkan kode unik IMEI juga dapat mengetahui negara asal ponsel Anda. Cara cek nomor IMEI Realme juga cukup gampang hanya menggunakan dial number di aplikasi Telepon / Caller bawaan.

Kode rahasia Realme buat melihat nomor IMEI adalah *#06# dalam dial phone perhatikan gambar di bawah berikut!

HP Realme Asli Dibuat dari Negara Mana

Ketika pengguna mengetik kode rahasia tadi maka otomatis akan diarahkan ke jendela munculan (Pop-Up) yang menampilkan 15 digit nomor IMEI pada Smartphone Realme.

HP Realme Asli Dibuat dari Negara Mana Ori KW

Langkah berikutnya silakan Anda lihat dengan teliti dari 15 angka nomor IMEI Realme, contohnya pada gambar di atas yaitu 356879068150736.

Lihatlah pada angka ketujuh dan kedelapan pada nomor IMEI Anda, kemudian cocokkan pada kode negara asal di bawah:
  • 00: Prancis (Sangat Baik Kualitasnya) 
  • 01 dan 10: Finlandia (Baik) 
  • 02 dan 20: Negara-negara Asia Selain Korsel (Tidak bagus) 
  • 03: Kanada (Lumayan) 
  • 04: Korea Selatan (Terbaik) 
  • 05: Amerika Serikat (Terjamin Oke) 
  • 06: China / Tiongkok (Normal) 
  • 08 dan 80: Jerman (Kualitas Standar) 
Kode tadi bisa dicek pada semua HP Realme baik Realme C1 / 2 / 2 Pro / U1 / A1 / 3 / 3 Pro, dan lainnya. Kalau milik saya Realme U1 ternyata proses pembuatannya di USA. Kemudian akan muncul deh pertanyaan apakah HP Realme asal US itu benar asli atau produk KW?

Karena masyarakat sudah cukup cerdas dan lebih teliti mengecek keaslian perangkat Android yang mereka beli, lalu melihat label tulisan "Made in" di sisi kotak penjualan kemasan. Wajar dan normal jika banyak publik semakin khawatir serta was-was saat bertransaksi sebab zaman sekarang cukup marak HP Realme replika kualitas buruk dijual bebas di pasaran Smartphone tanah air.

Apabila Anda menemukan label "Made in Indonesia" di boks penjualan ponsel, berarti memang HP Realme Anda dirakitnya di Indonesia (ingat, perakitan dan pembuatan komponen adalah dua hal berbeda). Lalu bukankah Oppo serta Realme berasal dari China?

Tentu saja Realme perusahaan Smartphone yang berasal dari Tiongkok, tapi soal produksi Realme telah mengandalkan sistem outsourcing manufacture seperti di India, Indonesia, Vietnam, Amerika, Brazil, Jerman.

Tercatat ada hampir 60% produksi Smartphone Realme berada di negara India. Kenapa demikian? Ada sejumlah faktor yang diduga mempengaruhi terjadinya yaitu: Bahan baku cukup mudah didapatkan, ketepatan serta kecepatan produksi selalu memenuhi target tepat waktu, SDM melimpah dengan upah dianggap murah, bisa hasilkan laba keuntungan besar selama berinvestasi di negeri Bollywood.

Pabrik terbaru Realme di Indonesia sudah didirikan pada Desember 2018 silam. Sedangkan di India lebih dulu yakni September walau numpang sama Oppo, mereka telah mendirikan total 5 pabrik eksklusif seluruh dunia yaitu China, India, Indonesia, Amerika, dan Jerman.

Di China Oppo punya komplek luas yaitu Oppo Industrial Park di Dongguan, Guangdong. Sementara pabrik Oppo di Indonesia lokasinya berada di wilayah Mauk, Tangerang, Banten tiap bulannya bisa memproduksi sekitar 40 ribu unit ponsel per tipe walau komponennya masih impor.

Jadi jangan khawatir kalau HP Realme Anda buatan Vietnam atau Made in Indonesia, karena itu memang negara perakitannya. Walau demikian, meski dirakit di negara berbeda namun produk asli akan tetap sesuai standar vendor Oppo Realme dan dipantau dengan baik.

Dirakitnya suatu perangkat elektronik di Indonesia untuk memenuhi standar regulasi yang ditetapkan pemerintah melalui Kominfo dan Kementerian Perindustrian yaitu Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mengharuskan perusahaan berinvestasi jadi tambah lapangan pekerjaan bagi penduduk negara tersebut, ini berlaku bukan hanya Indonesia tapi juga India, Vietnam, Amerika.

Bahkan tidak hanya Realme Oppo, beberapa vendor Smartphone dan perangkat elektronik lain semisal Apple, Samsung, LG, Asus, Sharp, Toshiba, Lenovo tetap mengandalkan sistem manufaktur outsourcing mendirikan pabrik di negara lain dan memproduksi barang supaya menghemat biaya proses perakitan.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai mengetahui negara asal HP Realme asli, nomor IMEI bisa dipakai buat mengetahui keaslian Smartphone Realme milik Anda dengan masuk ke situs web www.imei.info kemudian masukkan 15 angka IMEI pada ponsel Anda lalu tekan tombol Check agar informasi detail muncul. Setiap HP memiliki nomor identitas (IMEI) berbeda walau merek dan tipenya sama.

Kesimpulan 

Jadi sampai di sini Anda paham cara cek negara asal pembuatan HP Realme asli cukup melihat kotak kemasan walau dibuat di negara lain seperti Made in China, India, Indonesia atau Korea sekali pun tak usah risau apakah ponsel kamu ori atau replika / palsu.

Baca juga: Kode Rahasia HP Realme.

Begitulah sedikit pencerahan singkat mengenai HP Realme Asli Dibuat dari Negara Mana apabila masih bingung dan ragu silakan lakukan pengecekan manual dengan nomer IMEI.