Membalas Pesan Chat WhatsApp Business Otomatis Pakai WhatReply

Tutorial cara membalas pesan chat WhatsApp otomatis menggunakan WhatReply for Android aplikasi versi pro terbaru tanpa root AutoResponder WA. 

Membalas Pesan Chat WhatsApp Otomatis Business WA
Auto Reply WhatsApp Business

Sebagai pekerja bisnis yang menggandrungi layanan daring khususnya pelaku usaha Online Shop mungkin tidak asing dengan aplikasi pesan instan bernama WhatsApp. Kini Messenger berlogo telepon hijau tersebut sudah memiliki aplikasi terpisah buat pebisnis bukan cuma Indonesia tapi seluruh dunia.

Namanya WhatsApp Business, sebagian mungkin sudah banyak yang paham. Lengkapnya fitur mulai dari nama toko / perusahaan, alamat lokasi keberadaan penjual, jam kerja / buka, hingga surat elektronik dan tautan ke website resmi bisa dipasangkan juga.

Namun berdasarkan pantauan ShukanBunshun.com, satu hal yang kurang menarik secara bawaan fitur balas pesan otomatis di WhatsApp Business tidak lengkap sehingga minat publik jadi minim untuk menggunakannya.

Oleh karena itu hadirlah WhatReply for WhatsApp dan AutoResponder dua buah aplikasi pihak ketiga yang fungsinya serupa dapat membantu pelaku UKM mempromosikan, bersosialisasi dan berinteraksi dengan calon pelanggan.

Cek juga: Syarat dan Cara Verifikasi Akun WhatsApp Business.

Misalnya Anda sedang sibuk, bisa mengatur beberapa kata menjadi sebuah kalimat yang dikirimkan kepada pengguna lain ketika mereka memulai chat di WA.

Balas Chat WhatsApp Otomatis di WhatReply

Metode awal adalah memanfaatkan aplikasi tambahan yang tersedia secara gratis dibagikan oleh pengembang ini berlaku untuk seluruh Smartphone berbasis Android seperti Xiaomi Redmi Mi Pocophone, Oppo, Realme, Huawei, Samsung Galaxy, Vivo, Asus Zenfone, Infinix, Sony, LG, Honor, OnePlus, Wiko, Nokia, Advan, Lenovo, Motorola sementara belum diketahui apakah iOS (iPhone iPad iPod Touch) juga tersedia.

Install aplikasi WhatReply untuk WhatsApp atau gunakan AutoResponder WA Android silakan pilih salah satu. Tapi tutorial kali ini saya pakai What Reply.

Tahap kedua apabila berhasil terinstall bukalah aplikasinya hingga jendela munculan (Pop-up) keluar bertuliskan "Akses Notifikasi (Notification Access)", agar bisa melanjutkan silakan ceklis atau centang saja.

Setelah dialihkan ke halaman baru, langsung aktifkan What2Reply Service nah bagian bawahnya terdapat kolom mengisi pesan silakan masukan kalimat chat untuk membalas secara otomatis jika ada yang memulai perpesanan dengan Anda.

Pada bagian ketiga berfungsi jeda, yaitu dimana aplikasi diinstruksikan untuk tidak membalas pesan WA secara otomatis pada jam-jam tertentu saja silakan sesuaikan berdasarkan selera.

Proses selesai, coba minta teman Anda untuk mengirimkan sepatah kata kepada akun WhatsApp Business yang telah Anda pasangkan balas chat WA otomatis tadi.

Pakai Fitur Auto Reply WhatsApp Business

Nah kalau tadi menggunakan aplikasi, sedangkan edisi kedua kali ini tanpa app tambahan apapun. Jadi murni cuma memanfaatkan fitur Auto Reply WhatsApp Business disediakan langsung oleh WA dari sananya agar Anda bisa balas pesan chat otomatis.

Pastikan kalian sudah menginstall WhatsApp Business dari Play Store dan semua akun sudah siap terpasang mulai dari foto profil, nama, detail lainnya.

Apabila sukses diinstall, buka atau jalankan WhatsApp Business. Masuk lah ke menu Pengaturan / Setelan (Settings) biasanya ada di pojok kanan atas tiga titik vertikal.

Cari menu bertulisan "Setelan Bisnis", klik opsi "Pesan di luar jam kerja", fungsinya sama menentukan kalimat dan jadwal agar chat otomatis terbalaskan serta dikirimkan langsung tanpa pending atau delay kelebihannya tanpa aplikasi tak memakan ruang memori.

Tahap akhir mengaktifkan fitur "Send Away Message" dan di bawahnya terdapat sebuah kolom ketik saja pesan yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan ketika Anda sedang tidak online atau tutup misalnya bakal dikirim otomatis.

Mungkin suka: Kumpulan Stiker WhatsApp Lucu dan Unik.

Begitulah panduan sederhana bagaimana cara Membalas Pesan Chat WhatsApp Business Otomatis Menggunakan WhatReply pakai aplikasi AutoResponder WA for Android juga bisa nggak harus root HP terlebih dahulu kini pelanggan tak perlu khawatir lagi kalau Anda tidak online.