Cara Memindahkan Aplikasi ke Micro SD Card di Semua HP Realme

Tutorial Cara pindahkan aplikasi ke memori eksternal Micro SD Card pada semua HP Realme C1 / 2 Pro / U1 / A1 tanpa root. 

Sejak resmi masuk ke tanah air kuartal akhir tahun 2018 silam, ponsel dengan merek Realme seluruh tipe seolah jadi idaman baru pecinta Smartphone dan menjadi acuan bagi rivalnya seperti Xiaomi, Huawei, Vivo, Samsung, Asus, Infinix, Lenovo, Honor, untuk terus bersaing ketat dalam memikat hati masyarakat Indonesia.

HP Realme U1 Memindahkan Aplikasi ke SD Card
Move App to SD Card on Realme

Pangsa pasar kian ketat, Realme sudah luncurkan beberapa tipe produk andalannya hanya dalam kurun waktu empat bulan sebut saja Realme C1 / Realme 2 & 2 Pro / Realme U1 / dan terbaru kali ini Realme A1 yang digadang bakal jadi HP recommended buat awal 2019.

Karena harga dan spesifikasi seluruh ponsel Realme terbilang sangat menarik sehingga berhasil membuat fokus publik yang sebelumnya terpaku pada pabrikan Tiongkok lain berbelok ke arahnya.

Salah satu fitur yang sayangnya belum semua ponsel Android memiliki secara default adalah memindahkan aplikasi ke SD Card pada Realme khususnya. Membuat jutaan pengguna mencari cara alternatif agar bisa dipindahkan ke memori eksternal.

Kelebihan atau keuntungan dengan pindah aplikasi ke SD Card (Kartu Memori External) akan membuat penyimpanan internal storage jadi sedikit lebih lega dibanding sebelumnya.

Namun yang harus dipahami adalah, tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke SD Card terutama jika terkait dengan sistem operasional Android Oreo / Pie dan Color OS ala Oppo pada ponsel Realme.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Micro SD Card di Semua HP Realme 


Cara Memindahkan Aplikasi ke Micro SD Card di Semua HP Realme

Tanpa Aplikasi Tambahan

Metode awal yang bakal Shukan Bunshun terapkan di sini memindahkan aplikasi ke SD Card pada HP Realme tanpa harus menginstall aplikasi lainnya yaitu mewajibkan kamu bongkar akses Root sebab trik pertama bakal cukup ampuh.

Jadi jika HP Realme sudah di-root kamu hanya perlu mengaturnya lewat menu Setelan. Harap perhatikan cara pertama ini tidak bisa dilakukan pada semua Smartphone Android dan tak menjamin apakah ponsel kamu dapat melakukannya tapi khusus Realme jelas bisa cuma simak langkah berikut.
  • Dari Homescreen masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) pada HP Realme kamu.
  • Pilih Kelola Aplikasi (App Manager) alias Penyimpanan & USB.
  • Cari dan ketuk pada aplikasi yang berniat kamu pindahkan penyimpanan selanjutnya ke SD Card.
  • Setelah di-tap akan muncul beberapa opsi, silakan klik tombol Pindah Ke SD Card proses akan otomatis berjalan semestinya.
Semua cara di atas tested 100% berhasil di ponsel Realme U1.

Pindahkan Tanpa Root

Kalau edisi kedua ini kebalikan dari yang tadi, tanpa root namun memanfaatkan aplikasi pihak ketiga ada beberapa rekomendasi dan saran kami dapat kamu pertimbangkan seperti Link2SD, AppMgr III, Files to SD Card, App2SD, Mi File Manager, ES Explorer, hingga Greenify.

Realme A1 Pindahkan Aplikasi ke MicroSD Card

Semua aplikasi yang kami sebutkan barusan tersedia secara gratis melalui Google Play Store silakan menuju ke TKP untuk mendapatkannya lalu buka masing-asing Apps dan ikuti instruksi supaya bisa memindahkan segala macam konten ke SD Card dengan gampang tanpa harus root HP.

Ada banyak alasan kenapa orang tidak suka mengutak-atik Smartphone miliknya untuk Root, Install TWRP Recovery, SuperSU sejenisnya seperti misalnya masih dalam masa garansi aktif, belum paham cara menerapkannya, kapok kena Bootloop dan faktor lain.

Sebelum menerapkan semua metode di atas ada baiknya menyimak panduan mengubah penyimpanan eksternal sebagai pengganti penyimpanan internal default pada semua HP Realme kamu dengan mengikuti tahap berikut.

Baca: Mengatasi Layar Blue Screen Smartphone Realme.

Mengubah SD Card Jadi Penyimpanan Default

Metode tersebut sudah pernah kami coba menggunakan HP Realme C1 agar konten hasil unduhan otomatis disimpan ke kartu memori MicroSD Card.
  1. Menuju ke aplikasi Settings pada Realme seperti biasanya.
  2. Carilah menu Penyimpanan (Storage) kemudian klik untuk memilih.
  3. Pilih lokasi pemasangan default sebagai tempat penyimpanan aplikasi yang diinstall nantinya.
  4. Akan tampil beberapa pilihan termasuk SD Card Micro.
Langkah selesai, apabila nanti kamu menginstall aplikasi pihak ketiga dan atau mengunduh konten lain semisal gambar / foto, video, lagu legal, sejenisnya akan otomatis tersimpan ke memori eksternal maka pastikan kapasitas SD Card kamu cukup besar setidaknya 64GB untuk memenuhi kebutuhan file zaman sekarang.

Umumnya seluruh HP Android yang pakai sistem operasi di atas OS Lollipop, Marshmallow, Nougat sudah mampu membuat atau menjadikan aplikasi hasil installasi pihak ketiga dipindahkan ke MicroSD Card.

Sebagai informasi tambahan juga, bahwa yang dipindahkan SD Card hanya aplikasi berbasis APK mentahan, mayoritas tidak termasuk Data lain seperti misalnya OBB, Cache, Media, Database sejenisnya apalagi jika konten seperti game, media sosial, layanan streaming film dan musik sampai Bloatware.

Demikianlah panduan singkat Cara Memindahkan Aplikasi ke Micro SD Card di Semua HP Realme termasuk konten musik, video dan dokumen lain.