Fakta Lagu Jiwaru DAYS Single ke-55 AKB48 Kelulusan Sasshi

Grup idola Jepang AKB48 kembali merilis single kali ini yang ke-55 berjudul "Jiwaru DAYS (ジワるDAYS)". Single tersebut menurut situs King Records spesial buat kelulusan salah satu member mereka Sashihara Rino yang umumkan graduate beberapa waktu lalu.

Ada beberapa hal fakta menarik dari lagu Jiwaru Days seperti susunan Senbatsu, penempatan member, keterlibatan IZ*ONE yang dikabarkan atas permintaan Sasshi juga diberikan oleh manajemen.

Jiwaru DAYS Yahagi Moeka AKB48

Fakta Lagu Jiwaru DAYS AKB48 55th Single



Lokasi Syuting MV

Menariknya adalah kali ini setiap lagu kopling (Coupling Song) dibuatkan MV nya masing-masing jadi bukan hanya Single utama saja, kecuali lagu Hitsuzensei milik IZ4648.

Adegan pengambilan gambar prosesnya dilakukan di beberapa tempat berbeda intinya masih di Prefektur Saitama. Selain jadi center, Sasshi juga bertindak sebagai produser MV dalam single Jiwaru Days membantu sutradara.

Senbatsu Member Jiwaru DAYS

Center: Sashihara Rino.
Okada Nana, Okabe Rin, Ogino Yuka, Oguri Yui, Kashiwagi Yuki, Sakaguchi Nagisa, Shitao Miu, Shiroma Miru, Sugawara Maya, Suda Akari, Takahashi Juri, Takino Yumiko, Tanaka Miku,Nakai Rika, Matsui Jurina, Matsuoka Hana, Mukaichi Mion, Yahagi Moeka, Yamauchi Mizuki, Yokoyama Yui, Yoshida Akari.

Jumlah member dari masing-masing grup terdiri:
  • AKB48 - 10 Member
  • SKE48 - 3 
  • NMB48 - 2 
  • HKT48 - 2 
  • NGT48 - 2 
  • STU48 - 1 
Terjadi perubahan besar-besaran dalam Line Up Senbatsu. Beberapa member yang digantikan dan keluar antara lain adalah Komiyama Haruka serta Muto Tomu absen dalam 2 single baru AKB48 terakhir.

Sementara Minegishi Minami tidak ikut serta masuk senbatsu dalam lima single terakhir. Rekor terburuknya sepanjang karir Miichan di AKB48.

Penulisan Lirik Lagu Jiwaru DAYS

Sebagian besar bait lirik lagu Jiwaru Days AKB48 ditulis oleh Sashihara Rino sendiri namun dengan kontribusi Yasushi Akimoto tentunya sebagai penyunting akhir.

Beberapa kosa kata dan kalimat menggambarkan rangkuman perjalanan karir Sasshi selama di AKB48 Group saja tidak termasuk faktor eksternalnya.

Total Penjualan Single Jiwaru DAYS

CD Single Jiwaru DAYS terjual lebih dari satu juta kopi itu berdasarkan rilisan Oricon Chart yang mana mereka tidak menghitung penjualan dalam bentuk digital seperti iTunes.

Sementara Billboard Japan yang biasanya merilis total penjualan sejauh ini belum melansir data sebagaimana harusnya mereka.

Debut Yahagi Moeka

Pada single Jiwaru DAYS menjadi debut bagi member bibit unggul Yahagi Moeka pertama kali masuk jajaran senbatsu. Ia memecahkan rekor untuk penjualan tiket acara jabat tangan (AKB Handshake Festival) dan jalurnya selalu dipenuhi fans bahkan mengalahkan rekor Yamamoto Sayaka.

SakamichiAKB IZ4648

Grup kolaborasi berisikan kombinasi antara member Sakamichi Series (Nogizaka46, Keyakizaka46, & Hinatazaka46) dengan AKB48 Group yakni SakamichiAKB kembali beraksi bawakan lagu baru di tracklist single ke-55 AKB48 Jiwaru DAYS tepatnya berada pada CD Type-B.

Selain itu grup yang juga hasil kolaborasi antara member IZ*ONE dengan AKB48 Group dan Sakamichi yakni IZ4648 akan dimasukkan ke Coupling Song lewat lantunan Hitsuzensei, detail lebih lengkapnya seperti ini.
  • Sashihara Rino Graduation song (Type A-C)
  • AKB48 Coupling Senbatsu (Type A)
  • SakamichiAKB (Type B)
  • Hitsuzensei - IZ4648 (Type C)
Berikut member yang tergabung dalam grup Sakamichi-AKB kali ini walau sedikit ada perubahan:
Umezawa Minami, Umeyama Cocona, Ozono Momoko, Okabe Rin, Oguri Yui, Kato Shiho, Kubo Shiori, Koike Minami, Kosaka Nao, Kobayashi Yui、Saito Kyoko, Sakaguchi Nagisa, Sasaki Mirei, Shitao Miu, Sugai Yuka, Suzumoto Miyu, Takino Yumiko, Tanaka Miku, Habu Mizuho, Fukuoka Seina, Yahagi Moeka, Yamauchi Mizuki, Yamashita Mizuki, Yoda Yuki, Watanabe Miho.

Terlepas dari IZ4648, seluruh lagu kopling bakal dapat MV sendiri. Begitulah fakta lagu Jiwaru DAYS single ke-55 AKB48 yang dijual pertengahan Maret 2019 berhasil menarik perhatian publik K-Pop.