Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy M20 Tanpa Root

Seorang teman tengah malam kirim pesan Telegram ke saya, dia mengatakan: "Za, yang gue khawatirin akhirnya kejadian juga kan. Tuh Samsung ikutan.", mengacu pada Galaxy M20 yang notabene keluaran terbaru ponsel Samsung seri M selain M10 dan M30, juga A series terbaru A10, A20, A30, A50.

Ya, Samsung akhirnya ikutan pakai poni juga dengan mengadopsi konsep layar Full View Display. Desain poni berbentuk tetesan air (Waterdrop Notch) tersebut mirip pada kebanyakan HP Oppo dan Vivo sebelumnya, sekilas memang hanya tampak sebagai wadah penampung kamera depan saja buat selfie.

Lalu bagaimana dengan fitur lain seperti sensor Proximity, LED Flash Front Camera hingga yang dikhawatirkan teman saya yaitu LED Notifikasi?

Samsung Galaxy M20 LED Notifikasi Mengaktifkan.jpg
Galaxy M20

Tidak dipungkiri bahwa lampu indikator penanda notifikasi memang masih banyak dibutuhkan pengguna apa pun merek ponselnya, mereka tetap ingin LED Notifikasi menyala ketika menerima pesan instan, SMS, atau email di HP Android.

Pertanyaannya adalah, Apakah Samsung Galaxy M20 memiliki LED Notifikasi? Jawaban singkatnya: Tidak. Mengenai Proximity masih bisa ditolelir penempatannya di balik layar (On-Screen).

Lalu bagaimana menghidupkan LED Notifikasi di Samsung Galaxy M20? Admin ShukanBunshun.com juga paham banyak yang membutuhkan fitur tersebut tapi harus terima kenyataan kehadiran Waterdrop Notch seolah mustahil menempatkan LED Notification di layar.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy M20 

Untuk itu kita gunakan cara alternatif sebagaimana rekomendasi para mastah di forum XDA Developers dan grup komunitas Droindonesia di Telegram, kami bahas satu per satu.
  • Saat berada pada Homescreen Samsung Galaxy M20 masuk ke menu Settings (Pengaturan). 
  • Pilih menu Additional Setting (Setelan Tambahan). 
  • Klik Lampu Notifikasi, muncul opsi berupa Toggle ON-OFF silakan sesuaikan. 
Atau pakai metode kedua.
  • Masih di menu Pengaturan, menuju ke letak Notifikasi dan Bar Status. 
  • Klik pada bagian Notifikasi Aplikasi. 
  • Dari sini bakal muncul pilihan aplikasi yang ada di Galaxy M20 Anda, silakan tap aplikasi mana sesuai selera. 
  • Misalnya WhatsApp, ketika diklik muncul opsi aktifkan Lampu LED Notifikasi. 
Proses pun selesai dengan demikian Anda berhasil mengaktifkan LED Notifikasi pada Samsung Galaxy M20 jika tidak mengerti atau ada kebingungan silakan share dan sampaikan di kolom komentar ya.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan hal tersebut berulang kali ke aplikasi lainnya yang mau dinyalakan lampu notifikasi. Jadi misalnya ada pesan singkat masuk dan layar HP dalam nonaktif standby maka LED Notification menyala otomatis.

Satu lagi sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga LED Light Manager agar warna lampu notifikasi dapat diganti. Mengganti ratusan warna-warni mudah serta gratis tanpa harus beli versi Premium / Pro untuk Samsung Galaxy M20.