Samsung Galaxy M20: Masalah Umum dan Keluhan Pengguna HP

Masalah Samsung Galaxy M20 – Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, Samsung kembali merilis lini Smartphone terbaru mereka yang disebut sebagai pengganti jajaran Galaxy J Series yakni Galaxy M20 dan Galaxy M30 / Galaxy M10. Ada hal menarik dari spesifikasi kedua ponsel keluaran terbaru tersebut misalnya saja pengganbungan fitur dari seri A dan J.

Seri baru ini mengindikasikan bahwa Samsung belum mau menyerah bersaing di pasar ponsel entry-level dan mid-end yang kini tengah dikuasai Xiaomi Redmi / Pocophone, Vivo, Asus dan Oppo Realme. Galaxy M20 juga menjadi Smartphone pertama Samsung yang menggunakan poni alias Notch di sisi atas layarnya sebagai tempat kamera depan.

Padahal selama ini Samsung selalu mengejek Apple terkait keberadaan poni pada layar Smartphone tapi ya itulah namanya rivalitas dalam industri gadget pada akhirnya mereka seolah terpaksa ikutan.

Masalah Samsung Galaxy M20 Garansi Resmi.jpg

Samsung Galaxy M20 sendiri dibanderol dengan harga kisaran Rp2,8 juta untuk kapasitas memori RAM 3GB dan ROM Internal Storage 32GB. Berbekal chiset eksklusif Exynoss 7904 Octa-core disertai Baterai Jumbo berkapasitas 5000 mAh berbalut tampilan antarmuka Android Pie akankah HP ini bisa jadi idaman baru?

Rangkuman ShukanBunshun.com berikut terkait Masalah Galaxy M20 berdasarkan keluhan pengguna disertai bagaimana solusi memperbaiki atau mengatasi kerusakan tersebut.

Masalah Samsung Galaxy M20 dan Keluhan Pengguna 

Tapi yang namanya Smartphone masih termasuk barang elektronik gampang rusak apalagi jika digunakan melebihi batas wajar dan kesalahan fatal lainnya. Kali ini kami akan bahas apa saja keluhan pengguna Galaxy M20 beserta solusinya.


Baterai Cepat Panas dan Boros

Mungkin sebagian besar dari Anda merasa bosan mendengar adanya masalah baterai boros dan cepat panas pada sebuah perangkat Android.

Tapi inilah fakta yang sebenarnya terjadi. Samsung Galaxy M20 memiliki kapasitas baterai standar 3500 mAh dengan jenis Lithium Ion (Li-ion) Non-Removable (batre tanam).

Dengan disematkannya baterai bertipe Li-ion artinya konsekuensi buat mengalami kerusakan komponen daya lebih tinggi ketimbang baterai berjenis Li-Po (Lithium Polymer).

Kekurangan dari baterai Li-ion adalah dia tidak kuat menampung suhu panas yang terlalu tinggi. Jika dibiarkan dapat merusak komponen perangkat keras lainnya pada Smartphone dan kasus terparahnya bisa meledak.

Bahkan meski keadaan normal sekali pun, apabila siklus untuk melakukan pengisian ulang makin sedikit disaat itulah ketahanan daya baterai Li-ion akan menurun drastis.

Selain itu baterai Li-ion memiliki kelemahan terbesar yakni hanya mampu bertahan rata-rata 2 tahun, setelah itu entah rusak atau bermasalah dan minta diganti. Intinya tidak cocok buat pemakaian jangka panjang.

Tapi kenapa banyak produsen dan vendor Smartphone yang pakai Li-ion? Itu karena biayanya murah dibanding Li-Po yang 50-60% lebih mahal harga komponennya.

Kesimpulannya Anda sudah tahu mengapa baterai Samsung Galaxy M20 cepat panas dan boros. Solusi untuk mengatasi kasus ini adalah dengan tidak terlalu lama menyalakan GPS, Bluetooth dan Data Seluler secara bersamaan.

Layar Kuning dan Screen Bleeding

Komponen utama Smartphone salah satunya adalah Layar. Sebagai penampung seluruh aktivitas ponsel seperti mengontrol kinerja, pengetikan, penampil, dan lembar kerja sekali pun.

Namun mirisnya, belakangan banyak kasus Smartphine Android bermasalah pada layar seperti Dead Pixel Samsung, Layar Kuning Realme (Yellow Tint), Screen Bleeding Xiaomi Pocophone F1, warna kabur / pudar, Touchscreen tak berfungsi semestinya, beserta kasus yang mengakibatkan kerusakan lainnya.

Untuk Samsung Galaxy M20 permasalahan yang timbul adalah Layar Menguning (Yellow Tint), jadi bukan putih normal sebagaimana bawaan pabrik.

Kerusakan Samsung Galaxy M20 Solusi Keluhan Pengguna

Samsung merupakan perusahaan penyetok layar berjenis Super AMOLED (SA), tapi kali ini mereka pakai panel berjenis TFT PLS yang dikenal sebagai  penyebab utama mengapa layar handphone jadi berwarna kekuningan (Yellow Tint).

Selain itu, ada kaitannya dengan poin nomor satu tadi yakni Baterai. Jika batre rusak misal terkena suhu panas berlebih (Overheating) itu dapat menyebabkan komponen lain bermasalah seperti piksel layar pecah.

Contohnya: kamu terus-terusan pakai HP Galaxy M20 sambil dicas, proses charging akan berjalan dan suhu baterai meningkat jadi panas seiring adanya aktivitas pada softwate mau pun hardware lalu muncul deh Overheat.

Kalau memang kamu terpaksa, bisa gunakan ponsel saat charging namun jangan dipakai buat telepon atau gaming. Cukup sesekali buka pesan masuk di WhatsApp atau SMS.

Memperbaiki layar kuning Samsung Galaxy M20 tidak semudah yang dibayangkan. Tingkat kesulitannya juga tergantung seberapa parah Smartphone mengalami Yellow Tint sehingga harus dikembalikan seperti sediakala.

Jangan dibiarkan terus berwarna kuning, karena kalau nanti tiba-tiba mati total layarnya proses serta biaya pergantian layar itu komponen termahal dari semua HP Samsung.

Soal Screen-bleeding pada Samsung Galaxy M20, itu cuma isu sedikit saja. Perbandingannya 1:100 dan vendor menilainya cuma kesalahan pabrik yang dapat diperbaiki lewat layanan pusat perbaikan Service Center Samsung (SEIN).

Samsung Galaxy M20 punya dua nomor model yakni SM-M205F dan SM-M305F perbedaan tersebut menentukan di negara mana asal ponsel dirilis misalnya India dan Indonesia keduanya memiliki Build Number berbeda.

Mengapa nomor tersebut penting? Mengingat jika ada kerusakan dan masalah yang mengharuskan pengguna melakukan Flash, Root, Install TWRP Recovery, Unlock Bootloader dan sebagainya maka wajib menggunakan Firmware sesuai nomor model Samsung Galaxy M20.

LED Notifikasi Galaxy M20

Pasti banyak yang kebingungan bagaimana cara mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy M20? Sejatinya ponsel dengan layar hampir full apalagi cuma dibekali poni sebagai tempat buat menampung kamera depan memang sulit dipercaya kalau mereka melepas lampu indikator begitu saja.

Namun baru-baru ini seorang pengguna di forum XDA Developers menemukan cara baru buat menyalakan LED Notifikasi Galaxy M20 dengan memanfaatkan lampu LED Flash pada kamera.

Tapi konsekuensinya kamu harus melakukan installasi aplikasi pihak ketiga untuk pengaturan menghidupkan lampu LED Notifications. Sebab, di menu Setelan utama Android Oreo berbasis Experience v9 by Samsung tidak didukung.

Masalah Samsung Galaxy M20 sesuai keluhan pengguna telah dijabarkan disertai sedikit tips dan trik solusi mengatasinya apabila permasalahan terus berlanjut segera bawa ke Service Center selama garansi masih berlaku.