Masalah Oppo F11 Pro Sesuai Keluhan Pengguna dan Solusinya

Oppo mengeluarkan produk unggulan terbaru mereka yakni F11 Pro sebagai penerus dari pendahulunya yaitu F9 Series. Pabrikan asal Tiongkok tersebut tampaknya tidak ingin pelanggan setianya direbut oleh Vivo yang juga disaat bersamaan merilis HP V15 Pro.

Berbekal sistem operasi Android Pie 9.0 ditambah dua lensa kamera utama beresolusi jumbo 48MP + 32MP dengan Chipset MediaTek Helio P70 ditemani memori RAM 6GB dan Internal Storage 128GB seolah jadi idaman baru pengguna Smartphone untuk beralih ke ponsel tanpa Notch ini.

Oppo F11 Pro meluncur dengan nomor Build Number CPH1969 memiliki tagline spesial yaitu "Brilliant Portrait in Low Light" artinya vendor berlogo hijau itu masih tetap mengandalkan kamera sebagai nilai jual utama khususnya pada mode malam / gelap.

Namun disamping harga dan spesifikasi yang menggiurkan beberapa keluhan pengguna Oppo F11 Pro muncul bak air sungai yang mengalir deras. Mudah ditemukan di grup Facebook, medsos Twitter dan kolom komentar Instagram terkait permasalahan yang dialami selama menggunakan ponsel tersebut.

Oppo F11 Pro Review Indonesia Unboxing
Oppo F11 Pro Unboxing

Berikut ShukanBunshun.com rangkum sejumlah Masalah Oppo F11 Pro yang Sering Terjadi berdasarkan keluhan pengguna dan Solusi mengatasi error / kerusakan itu.

LED Notifikasi Oppo F11 Pro

Banyak yang bingung bagaimana cara mengaktifkan lampu LED Notifikasi Oppo F11 Pro sementara bagian depan layar tampak penuh dengan layar tanpa adanya bezel atas untuk menampung beberapa fitur seperti Proximity (Sensor Cahaya), Kamera Depan buat Selfie, lubang Earpiece hingga indikator Notifications.

Walau situs resmi Oppo menuliskan bahwa HP F11 Pro sudah dilengkapi dan ada atau memiliki LED Notifikasi tapi pengguna masih dibuat bingung keliyengan.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata harus memanfaatkan lampu LED Flash sebagai pengganti utama LED Notifications. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Melalui menu Setelan kemungkinan akan membantu Anda.

Baterai Cepat Panas Oppo F11 Pro

Normalnya baterai Smartphone akan panas dalam kondisi tertentu semisal penggunaan Gaming berjam-jam non-stop, main game menguras konsumsi daya batre Oppo F11 Pro lebih banyak daripada menggunakan aplikasi lain.

Namun anehnya masalah terjadi pada bodi belakang Oppo F11 Pro akan terasa panas walau hanya sekadar beraktivitas biasa seperti nonton video di YouTube, Browsing, Chatting di media sosial, atau baca-baca berita lewat aplikasi.

Baterai yang mengalami panas berlebih tidak baik untuk jangka panjang sebuah Smartphone. Karena kerusakan batre akan mempengaruhi komponen lain dalam HP Oppo F11 Pro seperti layar Touchscreen tidak berfungsi semestinya, kamera dan aplikasi bawaan tidak bisa dibuka, menyebabkan Hang / Lag / Kinerja Lemot / Macet sampai Boros cepat habis.

Baterai akan berkurang sendiri jumlah persentase walau tidak dipakai, kalau didiamkan terus bakal tambah parah nanti kembung dan harus ganti dengan membongkar casing pada bodi belakang.

Untuk itu jangan meremehkan kasus Overheat yang notabene kelemahan Oppo F11 Pro. Sebagai pertolongan pertama, cobalah nonaktifkan data seluler beberapa belas menit, nyalakan mode pesawat, dan restart lalu diamkan sebentar sebelum menggunakannya lagi. Daripada nantinya tidak bisa di-charge / charging (isi ulang).

Tidak Bisa Restart

Oppo F11 Pro gagal reboot atau tidak bisa restart? Kamu jangan panik, karena ada beberapa penyebab mengapa ponsel Android sulit menyalakan ulang sistem walau sedikit dipaksa sekali pun.

Kasus itu merupakan salah satu masalah Oppo F11 Pro serta kekurangan yang coba dihindari banyak pengguna. Tapi sejauh ini dugaan awalnya masih Color OS yakni sistem tampilan antarmuka ala Oppo yang bermasalah dari segi Firmware jadi jika kamu mengalaminya terpaksa nunggu update pembaruan software.

Restart HP berguna untuk menyegarkan sistem, seluruh pengguna Android disarankan restart ponsel setidaknya seminggu sekali apalagi setelah pemakaian intens.

Fingerprint Rusak

Sensor pemindai sidik jari juga hadir sebagai salah satu opsi keamanan Smartphone Oppo F11 Pro. Tapi apa jadinya jika Fingerprint tiba-tiba mendadak rusak tidak berfungsi ketika menempelkan jari kamu.

Boleh jadi disebabkan adanya kesalahan sistem atau Bug, atau tangan kamu yang kotor. Sebagai tindakan preventif coba lah mengelap jari kalau habis makan gorengan sebelum membuka HP pakai Fingerprint.

Data dari lembaga CounterPoint mengatakan, hampir 95% kerusakan pada Fingerprint ponsel Android disebabkan oleh kesalahan pengguna itu sendiri misalnya jari kotor, area lubang Scanner dipenuhi debu dan kotoran jadi rajin bersihkan pakai kain lap Microfibe.

Beberapa poin Masalah Oppo F11 Pro yang Sering Terjadi dan Solusinya berdasarkan keluhan pengguna serta pengalaman pemakaian pribadi sudah dibeberkan kalau kerusakan berlanjut segera bawa ke pusat perbaikan resmi (Service Center).