Memperbaiki Speaker HP Realme Suara Hilang Tidak Menyala

Smartphone Android kerap mengalami malfungsi atau kerusakan murni dari pabriknya dan salah satunya adalah suara pada speaker tidak keluar alias hilang. Dialami oleh pengguna HP Realme 2 Pro dan Realme C1 di grup diskusi aplikasi Telegram.

Volume sudah dibesarkan sampai mentok rata kanan Full 100% tapi suaranya tidak keluar, ternyata dia lagi nggak dengerin musik atau nonton video. Itu wajar, tapi apa jadinya kalau suara speaker hilang ketika mendengarkan lagu ada yang nggak beres.

Speaker HP Realme Rusak

Biasanya pengguna awam akan menganggap terjadinya kerusakan pada lubang speaker sehingga mengharuskan mereka membawa ponsel ke tempat servis konter HP atau pusat perbaikan resmi Smartphone Realme (Oppo Service Center).

Padahal ada beberapa penyebab mengapa suara speaker pada HP Realme dan merk Android lainnya tidak keluar atau hilang. Bukan cuma karena rusak bagian piranti keras (Hardware), kemungkinan lain meliputi software juga dapat terjadi.

Sebagai solusi langkah awal pertolongan pertama silakan simak tips dari ShukanBunshun.com berikut jika kamu salah satu yang mengalaminya.

Pastikan Profil Tidak Silent

Silent atau Diam / Sunyi biasanya sering diaktifkan bagi para pekerja, apalagi kalau sedang rapat dan nggak mau diganggu maka Mode Silent kerap aktif seolah jadi rutinitas wajib.

Nah, salah satu penyebab mengapa Speaker HP Realme gagal mengeluarkan suara adalah akibat aktifnya Mode Silent. Cara mengatasinya tekan tombol Volume Up (+) pada sisi kiri atau kanan bodi ponsel hingga slider bergeser ke kanan beberapa kali.

Segarkan Sistem

Metode kedua dengan melakukan penyetelan ulang pada pengaturan suara keseluruhan di HP Realme kamu. Caranya juga gampang banget, cukup matikan daya (Turn Off, bukan Restart), diamkan 5-10 menit lalu nyalakan kembali.

Begitu HP nyala, diamkan jangan buru-buru buka aplikasi apa pun karena sistem butuh waktu menyiapkan segalanya.

Ini fatalnya pengguna Android sepersekian detik setelah HP baru Reboot atau Restart mereka langsung keburu buka aplikasi jadi seolah memaksa sistem bekerja maksimal. Jika dianalogikan manusia, baru bangun langsung disuruh kerja tanpa mandi, tidak siap-siap dan nggak sarapan dulu.

Kemudian begitu didiamkan 2 menitan lah ya, masuk deh ke aplikasi pemutar musik atau video. Lalu mainkan medianya, apabila ternyata suara speaker muncul dan terdengar jelas berarti sistem Sound mengalami bentrok, kalau masih belum bisa lanjut tips berikutnya.

Konektor Headset Nyangkut

Ini paling sering terjadi. Buat kamu yang biasanya dengerin lagu dan nonton film pakai headset sebagai media penyalur audio, coba colokkan headset ke lubang Jack Audio 3,5mm pada HP Realme.

Putar satu lagu apapun. Kalau terdengar suara, langsung lepaskan alias copot headset dari lubangnya dan apabila speaker menyala berarti ada kesalahan bug konektor.

Jadi saat headset dilepaskan tetap tidak muncul suara pada speaker artinya sistem menganggap konektor masih terhubung alias nyangkut.

Factory Reset

Ini merupakan langkah pamungkas alias cara alternatif paling akhir jika kamu mau memperbaiki speaker HP Realme Android yang hilang tidak keluar suaranya.

Reset pabrik biasanya mengatur ulang seluruh pengaturan ponsel yang sudah Anda kustomisasi. Mulai dari aplikasi, data, dokumen, file foto video, semua berkas akan terhapus maka lakukanlah Pencadangan / Backup sebelum melakukannya dan simpan data cadangan ke memori SD Card eksternal.

Dalam beberapa kasus ada posisi SIM Tray tempat memasang kartu perdana dan MicroSD Card di bagian kiri atau kanan bawah pada bodi Smartphone jaraknya hampir berdekatan dengan lubang Jack Audio sehingga menambah potensi rusak pada audio ponsel.

Baca juga: HP Realme Asli Dibuat dari Negara Mana?

Jika yang demikian dialami Anda, bawa HP Realme ke pusat perbaikan kalau masih bergaransi resmi lalu minta servis Speaker HP yang tidak keluar suara berlaku juga Smartphone Android lain seperti Samsung, Huawei, Meizu, Honor, Oppo, Xiaomi, Vivo, Infinix, Advan, Nokia.