Masalah di HP Realme 2 Pro yang Umum Terjadi dan Solusinya

Oppo Realme 2 Pro merupakan ponsel kelas menengah rasa Flagship. Realme yang dibentuk buat menyaingi Xiaomi tersebut sejauh ini sudah merilis 5 produk, tiga diantaranya resmi masuk dan dijual di Indonesia.

Realme adalah sub-merek Oppo yang fokus segmentasi target pasarnya berbeda dengan induk perusahaannya. Realme lebih condong menjadi 'perusak' kedigdayaan Xiaomi yang nyaman di puncak perponselan tanah air dalam hal "Spesifikasi mewah, harga murah."

Masalah Realme 2 Pro Lupa Pola PIN
Realme 2 Pro / Bodi Oppo

Tren merilis submerek sebelumnya sudah dimulai oleh Xiaomi bersama Pocophone, ZTE - Nubia, Huawei - Honor, hingga Alcatel - Flash.

Realme 2 Pro kemudian dirilis, disebut menjadi pesaing langsung (Direct-Rival) bagi Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1.

Hal tersebut mungkin benar adanya, pasalnya Asus seakan panik langsung menurunkan harga ritel resmi dua produknya yakni Zenfone Max Pro M1 varian 3GB /32GB dan 4GB / 64GB. Xiaomi pun seolah tak mau kalah dengan menggelar Flash-sale mematok potongan harga Redmi Note 5.

Lalu dengan kisaran harga 2,9 hingga 3,5 jutaan apakah spesifikasi mewah yang ditawarkan kualitas Realme 2 Pro sepadan serta memberikan pengalaman pengguna yang tak kalah saat menggenggam ponsel Oppo?

Terlepas dari harga dan spesifikasi mewahnya, Realme 2 Pro juga barang elektronik buatan manusia yang belum tentu sempurna serta tidak sesuai keinginan pengguna. Salah pengaturan sedikit bisa berakibat fatal dan jadi masalah besar.


Realme 2 Pro Tiba-tiba Restart Sendiri

Isu reboot / restart sendiri secara otomatis yang merebak ini sebenarnya bisa terjadi pada setiap ponsel Android meskipun Anda tidak melakukan Hard Reset / Factory Reset, kecualia kalau lagi lupa pola, PIN atau Password.

Untuk menghindari atau mengatasi Realme 2 Pro restart sendiri, coba solusi berikut:
  • Pertama, Anda harus memastikan bahwa baterai dalam keadaan normal tanpa ada gejala Overheating (Panas berlebih). Karena pada dasarnya kalau baterai rusak dan suhu naik signifikan, maka berakibat fatal ke komponen lain. 
  • Kedua, cas / charging ponsel Realme 2 Pro hingga penuh 100% kemudian cabut. Pakai sampai 5% dan saat mencapai 4% diamkan hingga baterai HP habis total dengan sendirinya. 
  • Ketiga, solusi berikutnya jika dua cara tadi tetap gagal sebaiknya lakukan reset pabrik / Factory Reset Realme 2 Pro. Ingat untuk melakukan back-up data, kemudian saat restore gunakan cara manual. 
Hal tambahan sebagai informasi:
  1. Oppo Realme 2 tidak tahan / anti air, debu, banting. Belum ada sertifikasinya. 
  2. Realme  2 bisa efek bokeh kamera, tidak ada sensor NFC, bisa Fingerprint Scanner.

Baterai Realme 2 Pro Cepat Panas Overheat

Walau jarang, tapi beberapa pengguna mengalami kejadian baterai overheat alias panas berlebih pada Realme 2 Pro nya.

Penyebab utama biasanya berasal dari background-apps yang berjalan otomatis tanpa kita ketahui. Dan walau pun telah dihapus melalui fitur Clear Recent Apps tapi kadang muncul lagi.

Solusi:
  • Jangan update ke firmware dengan ekor angka 3.226. Tunggu upgrade software berikutnya.
  • Disarankan menonaktifkan konektivitas Wi-Fi, Bluetooth, GPS, Hotspot jika sedang tidak digunakan. 
Harus diwaspadai adalah, seperti yang sudah kami katakan kalau baterai rusak dan overheat bisa merambat ke komponen lain misalnya layar touchscreen tidak berfungsi semestinya. Atau kinerja aplikasi lemot / lagging / macet, multitasking jadi ngehang cenderung membutuhkan ByPass dan Restart dulu baru normal kembali.

Aplikasi dan Game Berhenti Paksa di Realme 2 Pro

"Sayangnya, blablabla telah berhenti." Adalah notifikasi yang bikin jengkel, hampir semua keluhan pengguna Android sejenis ini pernah dialami bahkan Smartphone Flagship seharga Rp 12 jutaan seperti Samsung Galaxy S9 pun demikian.

Realme 2 Pro Layar NFC Tahan Air
Realme 2 Pro Homescreen

Jika Anda mengalami hal ini lebih sering di Realme 2 Pro, sebaiknya cepat diperbaiki lakukan tips berikut:

1. Dari Homescreen menuju menu Settings > Apps, pilih aplikasi yang bermasalah dan tinjau ulang. Jika tidak ada data penting, Clear Data, kalau belum rela dihapus datanya ya hapus Cache (Sampah) saja dulu.

2. Uninstall aplikasi yang mengalami masalah tersebut dan Install ulang lagi lewat Play Store. Bukan melalui situs pihak ketiga.

3. Jika tersedia pembaruan aplikasi yang bersangkutan, lebih baik langsung Update siapa tahu memang masalah utama ada di aplikasinya.

Seharusnya tiga tips diatas sudah bisa mengatasi permasalahan Apps System / Installed yang crash.  Kalau belum bisa juga silakan komentar di bawah dan jelaskan detailnya.

Masalah Konektivitas Realme 2 Pro

Konektivitas dalam hal ini bisa Wifi, LED Notifikasi, Bluetooth atau GPS. Sejumlah pengguna bahkan mengaku error merambat ke bagian pemancar data seluler Hotspot.

Wifi tidak menjangkau lebih dari 20 meter? Itu masalah besar bagi HP Android yang dirilis 2018, kalau produk 2009 kebawah kayaknya masih wajar.

Kemudian masalah saat mengaktifkan LED Notifikasi Realme 2 Pro tapi lampu indikator gagal menyala ketika pemberitahuan pesan masuk diterima?

Solusinya? Coba cara berikut untuk memperbaikinya:

- Pertama, untuk Wifi yang rusak coba mengaktifkan Airplane Mode 2-3 menit kemudian restart dalam keadaan mode pesawat tersebut aktif.

- Kedua, soal LED Notifikasi tidak menyala di Realme 2 Pro. Ini masih belum diketahui penyebabnya selama menunggu update firmware kami sangat menyarankan pakai aplikasi pihak ketiga yakni LED Light Manager di Google Play Store. Baca juga: Cara Update Android Pie di Realme 2 Pro.

Harusnya beberapa tips solusi tadi bisa memperbaiki Masalah Realme 2 Pro milik Anda, karena pada dasarnya permasalahan tersebut juga pernah dialami di ponsel lain.