31 HP Samsung yang Bakal Dapat Update OS Android Pie Terbaru

HP Samsung yang Dapat Update Android Pie 9.0 - Sebagaimana diketahui Google telah mengumumkan sistem operasi terbaru robot hijau bernama "Pie" jadi penerus Oreo setelah perdebatan panjang pengambilan nama mulai dari Piscok, Pancake Pistachio sekalipun. Para produsen ponsel pun tentu ingin berlomba-lomba memberikan segala kemampuan terbaik demi memanjakan pengguna termasuk menggulirkan upgrade OS terbaru.

Sebelum melakukan update Samsung Galaxy Android Pie Anda sebaiknya mengulik terlebih dahulu layanan serta fitur menarik apa saja usai diberikan Google, tampaknya cukup banyak terjadi perubahan signifikan khususnya dalam tampilan antarmuka (UI / User Interface).

Setidaknya memang ada kurang lebih sepuluh perombakan itu cuma dari Oreo ke Pie, Android akan selalu menyesuaikan kebutuhan pengguna seiring berkembang pesatnya teknologi walau hanya dalam 12 bulan sekalipun.

Beberapa Fitur Baru Android Pie

Sebagaimana Shukan Bunshun lansir dari Android Authority, GSMArena dan The Verge berikut ini sejumlah fitur menarik terbaru mulai ditambahkan Google di Android Pie terlepas dari tampilan antarmuka grafisnya lebih rounded pada sudut UI.

Samsung Galaxy yang Dapat Update Android Pie.jpg

Gestur

Google tampaknya memfokuskan perubahan antarmuka tampilan OS mulai Android P, beberapa gesture baru dinilai amat sangat mirip seperti iOS 11 pada iPhone X. Namun Hiroshi Lockheimer membantah dan menjelaskan perbedaannya.

Indikator atau logo tombol home kecil akan muncul di bagian paling bawah pada layar Smartphone bermultifungsi.

Geser ke-atas kalau mau balik ke homescreen. Dan buat kembali ke aplikasi tadi tinggal tap tombol khusus.

Pada layar di Android Pie, ketika kamu melakukan gerakan menggesek ke samping kiri atau kanan maka bakal muncul menu Recent Apps. Ini fungsinya mirip sebagai multitasking iPhone X, geser ke kiri-kanan untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang terbuka.

Digital Wellbeing

Kata Google mereka telah melakukan riset serta survei dan ada lebih dari 72% masyarakat ingin bantuan pengelolaan waktu digital pada perangkat Android mereka.

Agar lebih efisien, Google akhirnya jadi perusahaan pertama mewujudkan sistem tersebut, hal ini sekaligus jadi fitur layanan terbaru pada pemrograman Android Pie.

Rincian Digital Wellbeing menurut Google bisa berupa data jumlah total berapa kali kamu membangunkan ponsel dari layar standby dalam 24 jam terakhir.

Selain itu jumlah notifikasi yang kamu terima, rerata menghabiskan waktu di aplikasi tertentu serta kiat-kiat khusus untuk merawat ponsel berbasis Android.

Supaya kamu tidak berlebihan, berbagai aplikasi bisa kamu tentukan batas waktu maksimalnya berapa jam. Nah, nanti sistem Digital Wellbeing akan mengingatkan kamu kalau sudah melewati limitasi.

Fitur lain disebut "Shush", berfungsi sebagai penjeda dari notifikasi konstan. Cara menggunakannya mudah cukup arahkan layar ponsel ke bawah dan secara otomatis akan masuk ke mode "Jangan Ganggu" / "Do not Disturb" juga akan menonaktifkan getaran serta suara.

Tapi kamu tetap bisa memilih kontak tertentu yang ditandai Bintang bakal mengeluarkan suara atau getaran ketika mereka menghubungi kamu walau dalam mode "Jangan Ganggu".

Android AI - Artificial Intelligence

Dalam Android Intelligence, beberapa fitur menarik dirilis oleh Google mengimplementasikan kegiatan serta aktivitas sehari-hari pengguna terhadap ponselnya. AI tersebut juga berguna membantu ketika mencolokkan headset praktis langsung memunculkan aplikasi pemutar musik yang terinstall pada Smartphone masing-masing user.

Adaptive Battery

Mirip kecerdasan buatan, fitur ini bakal berguna bagi perangkat untuk mengetahui aplikasi mana saja yang mungkin bakal kamu buka dalam beberapa jam dan hari ke depan sampai aplikasi kemungkinan tak akan kamu pakai hingga satu minggu.

Ketika kamu mengaktifkan fitur baterai adaptif yang memungkinkan beradaptasi pada pola pemakaian Smartphone. Dalam tes uji coba dilakukan Google praktis dapat menghemat sekitar 50% kinerja perangkat keras core CPU di HP, membuat performa lebih efisien dan baterai jadi tidak cepat habis atau panas bahkan ketika kamu lagi main game.

Penyesuaian Adaptive Brightness

Mayoritas HP Android saat ini menggunakan sistem Auto Brightness atau kecerahan otomatis yang beradaptasi pada kondisi cahaya di lingkungan sekitar.

Sayangnya penggunaan Auto Brightness saat ini kurang sesuai dan secara umum smartphone memiliki tingkat software kecerahan yang sama. Sementara pemakaian tiap pengguna cenderung berbeda satu sama lain.

Di Android Pie terdapat Adaptive Brightness yang memungkinkan pengguna ponsel dapat melakukan penyesuaian kondisi cahaya secara manual walau dalam mode otomatis jadi bisa dikustomisasi sendiri.

Notch Simulation

Kini lagi marak ponsel berponi dengan maksud layar penuh namun sulit menempatkan beberapa aspek seperti kamera, sensor proximity hingga LED flash di depan akhirnya muncul yang namanya Notch alias Poni.

Keunggulan Android Pie nantinya para pengembang aka developers disediakan fitur berupa simulasi notch untuk menyesuaikan serta pratinjau tampilan aplikasi mereka buat agar cocok pada Smartphone berponi.

Caranya cukup gampang hanya tinggal masuk pengaturan lalu mengaktifkan "Developer Mode" pada Drawing pilih opsi menu "Simulate a display with a cutout".

App Actions

Sejak Android Oreo, Google memasang fitur yang cenderung prediktif berdasarkan penggunaan terkait enam aplikasi mana saja paling sering dipakai dan muncul di bagian App Drawer pada tema launcher.

Ada tambahan menarik dilakukan Google di Android Pie. Mereka menyebutnya sebagai "App Actions", lebih detail sistem akan memunculkan fitur dan tombol yang paling sering digunakan oleh pengguna dalam sebuah aplikasi.

Misal, pada pola penggunaan aplikasi Twitter kamu lebih sering melihat tab trending topik. Maka di OS terbaru ini secara otomatis "App Action" memunculkan tombol Trending Topik langsung berada di App Drawer / Homescreen.

MLKit / Machine Learning

MLKit kepanjangannya adalah Machine Learning Kit merupakan sistem API yang bekerja untuk lintas platform dan dapat digunakan di Android, iOS serta Windows.

Jika sudah terdapat MLKit maka ponsel berpotensi mendapatkan fitur seperti Face Recognition, Scan Barcode, Label Gambar, Smart Reply, Pendeteksi Tempat semuanya bakal lebih akurat. Namun hal ini juga bergantung pada masing-masing vendor Smartphone.

↪ Baca juga: Persaingan Samsung vs Xiaomi di India.

Simplicity

Mengutamakan kenyamanan pemakaian pengguna menjadi lebih disederhanakan merupakan fokus utama Google ketika merilis update Android Pie.

Seperti melakukan pengaturan volume suara dalam media player kini sudah tidak harus bingung menentukan atau membolak-balikkan tombol +-.

Kamu cukup tekan tombol volume up or down untuk memastikan dapat suara yang nyaman ke default berdasarkan penyesuaian dari Simplicity.

Kemudian melakukan rotasi layar. Dalam Android Pie terdapat perubahan dan penyederhanaan dilakukan oleh Google agar lebih menyesuaikan pengguna.

Misalnya kamu putar HP dan otomatis tombol berupa menu akan muncul, bisa kamu pilih manual apabila mau memutar layar ponsel dengan bersamaan. Cara ini bisa saja justru mengganggu kamu kalau tidak dilakukan dengan benar.

Samsung disebut brand yang pelit buat kasih update ke pengguna HP mereka di harga dua jutaan ke bawah.

Padahal, tidak selalu faktor pelit. Kalau ponsel tidak mendapatkan update banyak hal yang mempengaruhi seperti:
  • Pertimbangan setelah update
  • Ketersediaan storage
  • Tidak cocok dari segi hardware
Harap maklum, tidak semua HP dengan OS Android bisa diberikan update begitu saja. Karena pertimbangannya juga ada, apabila kurang cocok firmware-nya justru bisa merusak ponsel itu sendiri.

Daftar HP Samsung yang Dapat Update OS Android Pie Terbaru:

  1. Samsung Galaxu Note9 Android 9.0 Pie Updaye
  2. Samsung Galaxy Note8 Android Pie Update
  3. Samsung Galaxy S9 & S9 Android 9.0 Pie Update
  4. Samsung Galaxy S7 & S7 Edge Android Pie Update
  5. Samsung Galaxy A3 2017 Android Pie Update
  6. Samsung Galaxy A5 Android 9.0 Pie Update
  7. Samsung Galaxy A7 Android Pie Update
  8. Samsung Galaxy A8, A8 Star & A8 Plus Android 9.0 Pie Update
  9. Samsung Galaxy A6 & A6 Plus Android Pie Update
  10. Samsung Galaxy S8 & S8 Plus Android 9.0 Pie Update
  11. Samsung Galaxy Note 7 / Note FE Android Pie Update
  12. Samsung Galaxy Tab A / S4 10.5 Android 9.0 Pie Update
  13. Samsung Galaxy On6 Android Pie Update
  14. Samsung Galaxy J6 Android Pie Update
  15. Samsung Galaxy J8 Androis 9.0 Pie Update
  16. Samsung Galaxy A6 / A6 Plus Android Pie Update
  17. Samsung Galady Tab Active Android Pie Update
  18. Samsung Galaxy C7 Android Pie Update
  19. Samsung Galaxy C5 Pro Android Pie Update
  20. Samsung Galaxy C9 Pro Android Pie Update
  21. Samsung Galaxy C10 Android Pie Update
  22. Samsung Galaxy On8 Android Pie Update Terbaru
Kapan ponsel diatas mendapatkan giliran update OS Android Pie? Tidak menentu. Sebab seperti pada pembagian upgrade OS sebelumnya, Samsung mengklasifikasikan penyebaran update tidak berdasarkan tanggal rilis Smartphone. Jadi ya random tinggal menunggu pengumuman lebih lanjut kapan tepatny HP kamu bakal kebagian.

Inilah HP Samsung yang Tidak Dapat Upgrade OS Android Pie
  1. Samsung Galaxy J2 / J2 Prime / J2 Pro Android Pie Update
  2. Samsung Galaxy J1 Ace / J1 Mini / J1 Nxt 
  3. Samsung Galaxy J3 / J3 Plus
  4. Galaxy J4 / J4 Pro / J4 Prime Android Pie Update
  5. Galaxy J7 Prime / J7 Max / J7 Duo / J7 V
  6. Galaxy J5 / J5 Prime
  7. Samsung Galaxy S6 / S6 Edge Android Pie Update
  8. Galaxy Grand Prime / V Plus
  9. Galaxy On5 Pro / On7 Pro Android Pie Update
Kalau ada pertanyaan, kenapa HP saya tidak termasuk dapat update OS Android Pie? Pelit banget Samsung!

Seperti sudah disebutkan, kalau ponsel secara hardware kurang cocok buat dapat firmware terbaru kemungkinan bakal bikin rusak HP itu sendiri. Tentu saja, brand tidak ingin mengecewakan penggunanya dan itulah alasan mengapa segala uji coba, tes, Research and Development selalu diadakan setiap perusahaan. Tapi kalau hasilnya ternyata Smartphone yang Anda gunakan tidak layak upgrade OS, ya mau bagaimana lagi? Custom ROM saja sebagai alternatif.

Toh, kalau Smartphone memang layak dan kuat buat menampung firmware terbaru termasuk OS Android Pie jelas dikasih update, contohnya seperti Samsung Galaxy A7 keluaran tahun 2017 secara hardware masih cocok.

Bila dibandingkan Samsung Galaxy J4 keluaran 2018, tentu Galaxy A7 (2017) hardware-nya lebih canggih. Dari segi harga pun berbeda signifikan, itu hanya sedikit faktor dari sejuta alasan lainnya.

Demikian informasi kami himpun tentang deretan daftar HP Samsung Galaxy series yang bakal dapat Update OS Android Pie terbaru. Share jika suka dengan artikel ini dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.