Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy A10 / A20

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy A10 – Vendor Smartphone asal Korea Selatan, Samsung kembali mengejutkan industri perponselan dengan menghadirkan produk terbaru mereka Galaxy A10. Secara spesifikasi, jika dibandingkan tipe terdahulu (J Series) tamlaknya Samsung sudah mulai berbenah dan siap memanaskan persaingan pangsa pasar Smartphone dalam berbagai level di tanah air.

Hadirnya Samsung Galaxy A10 tentu membuat sebagian publik bertanya, pada segmen apa yang diincar Samsung? Sebab sebelumnya mereka juga telah merilis Galaxy M20 dan M10 (Lini M) yang hampir mirip dengan HP mereka ini.

Ternyata, Galaxy A10 fokus pada penjualan dua sistem yakni luring (Offline) dan Daring (Online), sedangkan Galaxy seri M cuma difokuskan penjualan secara online saja. Tapi tidak jarang oknum ritel non-resmi (konter hape) memanfaatkan kesempatan tersebut, jadi jangan heran apabila kedua tipe ponsel ini nongol di toko HP langganan sekitar wilayah kamu.

Samsung Galaxy A10 LED Notifikasi A20 A50

Namun kembali lagi, pengguna lah yang diuntungkan. Dengan banyaknya varian ponsel mereka bisa memilih dari berbagai merek mulai Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Nokia, Advan, Honor, Huawei, Asus, Lenovo, Motorola semua masuk dalam persaingan segmentasi ponsel Android Entry-level, alias spek bagus harga sejutaan rupiah.

Nah, berbicara soal spesifikasi fitur yang tersemat di Samsung Galaxy A10 sudah lumayan lengkap buat HP satu jutaan. Tapi ada satu hal menarik untuk dibahas yaitu, LED Notifikasi.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy A10

Apakah Samsung Galaxy A10 ada LED Notifikasi? Jawabannya: Ya, HP tersebut sudah memiliki fitur lampu indikator sebagai acuan pengguna menerima pemberitahuan ketika ada pesan masuk, baterai penuh, dan lain sebagainya.

Kemudian pengguna pun semakin dibuat penasaran, Bagaimana cara mengaktifkan LED Notifikasi Galaxy A10? Secara gitu segi layarnya saja bezel atas cuma terisi kamera yang dibaluti Infinity V (penyebutan ala Samsung) alias poni kecil. Letak dan setting lampu LED dimana ya?

Jangan meragukan Samsung Galaxy A10 sebab walau sejutaan tapi merek asal Korsel ini selalu punya fitur tersembunyi yang menarik bahkan jarang diketahui pengguna dan cenderung harus mengotak-atik serta meluncur lebih dalam di menu pengaturan.
  • Dari HomeScreen coba masuk ke menu Setelan (Settings).
  • Pilih Tampilan kemudian aktifkan modus pembaca.
  • Kembali ke halaman utama menu Setting.
  • Scroll ke bawah hingga temukan opsi Aksesibilitas (Accessibility).
  • Lalu gulirkan layar sampai ketemu bertuliskan "Pemberitahuan LED Notifikasi" mengaktifkannya cukup nyalakan saja geser Toggle ON, menonaktifkannya cukup menggeser kembali jadi OFF.
Bisakah mengubah warna LED Notifikasi Samsung Galaxy A10? Secara default belum tersedia opsi tersebut, namun tenang ponsel Android beda dengan iOS. Kalian bisa manfaatkan aplikasi pihak ketiga bernama LED Light Manager (Gratis) di Google Play Store untuk ganti warna-warni lampu indikator sampai 16 ribu warna.
Tips di atas berlaku juga buat menyalakan LED Notifikasi Galaxy A10 / A20 Core / A30 / A50 / A70 / A90. Mengapa? Sebab seluruh HP yang disebutkan barusan sudah sama-sama pakai tampilan antarmuka One UI berbasis Android Pie 9.0 jadi nggak akan berbeda sama sekali.
LED Notifications pada ponsel Samsung memang penting jika tak tersedia dapat menghidupkan lampu Flash kamera depan kedap-kedip tanpa root telah support. Kegunaan lain bisa mendeteksi apakah baterai sudah penuh (Full Charged).

Demikian tutorial singkat mengenai cara Mengaktifkan LED Notifikasi Samsung Galaxy A10 yang bisa juga dicoba pada ponsel Samsung seri A lainnya lewat fitur bawaan OneUI.