Cara Mengaktifkan IR Blaster HP Realme Semua Tipe Jadi Remote

Apakah HP Realme memiliki fitur IR Blaster? Bagaimana cara mengaktifkan sensornya? Pertanyaan sejenis itu masuk ke Telegram pribadi saya dari sejumlah pengguna ponsel Realme dalam sebulan terakhir. Tapi baru sempat saya buatkan artikel di ShukanBunshun.com karena kesibukan kerja dan mengisi suara untuk channel YouTube juga.

Sebenarnya apa fungsi IR Blaster? Manfaat dan kegunaan sensor tersebut apakah ada nilai positif dan negatif alias dampak kelebihan kekurangannya? Sebelum kita ke poin utama mari simak dulu pembahasan jelas dan singkat mengenai IR Blaster.

Menjadikan IR Blaster HP Realme sebagai Remote TV AC DVD

Singkatnya, Smartphone zaman sekarang bukan cuma bisa dijadikan alat komunikasi, kirim pesan SMS, telepon, nonton film, dengerin musik, chattingan, browsingan, bermedia sosial, main game, tapi juga dapat berfungsi sebagai pengontrol remot TV sampai remote AC, DVD Player, Home Theater beserta perangkat elektronik rumah lainnya.

Tentu saja hal ini dapat membantu tatkala remot original lagi hilang atau lupa menyimpan dan sulit dicari. Cukup menggunakan HP Realme jadi remote maka segalanya akan menjadi terasa praktis bukan.

Sayangnya tidak semua ponsel Android dibekali oleh fitur berguna ini. IR Blaster HP Realme dapat diaktifkan pada perangkat Realme C1 / seri Realme 2 Pro / Realme 3 Pro series / Realme U1 / Realme C2 / Realme C3 / Realme 4 Pro / Realme 5 Pro / A1 / X / U2 / C4 dan lainnya.

Penggunaannya juga amat mudah hanya memanfaatkan salab satu antara sensor Bluetooth, WiFi, koneksi lampu Infra merah alias Infrared. Nah, setiap vendor pabrikan Smartphone punya ciri khas berbeda untuk Realme tentu saja pakai IR Blaster Infrared.

Simak juga: Cara Screenshot Panjang Layar Penuh Full di HP Realme.

Cara Mengaktifkan IR Blaster di HP Realme Semua Tipe

Sebagai tambahan informasi popularitas Infrared memang sangat anjlok dalam beberapa tahun belakangan. Entah apa alasannya, pabrikan Smartphone memilih meninggalkan sensor infra merah tentu seolah sebuah kemunduran teknologi bahkan kadang di ponsel flagship belasan juta rupiah tak ditemukan Infrared.

Namun bersyukur bagi Anda pemilik HP Realme dan Xiaomi karena dua perusahaan itu masih kerap menempatkan Infrared tanpa memandang segmentasi ponsel. Dari harga sejutaan sampai 10 juta Smartphone mereka telah dibekali serta memilikj IR Blaster.

Artikel edisi kali ini kami bakal berikan Anda tutorial tips dan trik bagaimana cara membuat HP Realme jadi remote TV / remot AC baik dengan atau tidak harus memakai aplikasi pihak ketiga.

Pertama pakailah Smart IR Remote - Ini adalah aplikasi paling recommended untuk mengubah HP Realme menjadi Remote TV dan Remot AC rumah, fasilitas publik umum. Kelebihannya sudah mendukung lebih dari 950.000 tipe perangkat Smartphone Android termasuk semua HP Realme.

Anda dapat menginstall secara gratis tanpa berbayar melalui Google Play Store, bebas iklan tidak harus upgrade premium. Ingat untuk mengunduh yang resmi via PlayStore jangan sembarangan install lewat situs lain.

Jika Anda membuka aplikasinya otomatis disuguhkan tampilan tombol ON / OFF, untuk mengaktifkannya cukup geser sampai status notifikasi bertuliskan "IR-Enabled" muncul pada layar ponsel milikmu.

Kini Anda bisa menjadikan HP Realme sebagai remote TV, Air Conditioner (AC), kamera DSLR, hi-fi, kipas angin, Smart Television, Google Home dan gadget lain yang tersedia di rumah Anda.

Sebenarnya ada banyak aplikasi lain seperti SURE Universal TV Remote pakai DLNA Wi-Fi hingga Perfect Remot buatan pengembang Twinone semuanya dapat diinstall gratisan (Free) pada HP Realme Anda.

Begitulah panduan singkat Cara Mengaktifkan IR Blaster HP Realme Semua Tipe dan menjadikan Smartphone sebagai Remote TV, remot AC, pakai infra merah.