Cara Setting Kamera Realme 3 Pro Memaksimalkan Pengaturan

Cara Setting Kamera Realme 3 Pro – Selain ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 710, salah satu kelebihan atau keunggulan daripada ponsel Realme 3 Pro adalah sektor kamera yang mumpuni. Bahkan mereka berani membandingkan dengan Redmi Note 7 Pro yang notabenenya menggunakan sensor Sony IMX586 keluaran terbaru.

Pengaturan Kamera Realme 3 Pro Cara Setting Terbaik.jpg

Seperti diketahui pada saat perilisan perdana, spesifikasi kamera Realme 3 Pro adalah sebagai berikut:
  1. IMX519 16MP + 5MP Dual Pixel PDAF
  2. Lensa Aperture f/1.7 
  3. 64MP Ultra HD Camera 
  4. Nightscape with RAW Format 
  5. Chrome Boost 
  6. SpeedShot 
  7. 25MP Kamera Depan
  8. Perekaman Video 1080p@120fps Slow Motion
  9. 720p@960fps Super Slow-mo 
Jika dipantau dari spesifikasi singkat kamera Realme 3 Pro tentu jadi salah satu Smartphone Android dengan fitur kamera terlengkap serta paling canggih saat ini di kelasnya buat harga Rp 2 jutaan.

Kita lihat bagaimana Realme 3 Pro dibandingkan dengan ponsel sepantarannya seperti Redmi Note 7 Pro dan bahkan Samsung Galaxy M30 yang sama-sama diluncurkan kuartal pertama tahun 2019 ini.

Tapi apalah arti spesifikasi mewah sebuah lensa kamera HP jika tidak digunakan dengan benar. Seorang fotografer pakai kamera ponsel standar mungkin akan lebih mampu memaksimalkan foto yang bagus ketimbang pengguna Smartphone Flagship kamera canggih tapi asal jepret lalu berharap gambar yang keren.

Maka dari itu, sebelum memotret suatu objek ada baiknya kita atur dulu menu Setting kamera Realme 3 Pro. Bagaimana caranya? Berikut ShukanBunshun.com berikan tipsnya.

Pengaturan Kamera Realme 3 Pro dan Cara Settingnya

Tutorial di bawah bukan merupakan tips tersembunyi atau trik rahasia. Karena pada dasarnya semua HP Realme 3 Pro disediakan fitur bawaan yang sangat lengkap jadi orang awam pun bisa menggunakannya baik camera depan atau belakang.

Kalau kamu mau melakukan perekaman video bisa aktifkan fitur stabilisasi. Apakah Realme 3 Pro sudah ada OIS dan EIS? tenang kamera Realme 3 Pro series telah memiliki Electronic dan Optical Image Stabilization (OIS & EIS).

Pengguna tak usah khawatir akan hadirnya efek bokeh blur sempurna tanpa mengurangi jernih objek foto. Kebanyakan HP Android sekarang efek bokehnya asal jadi aja, contoh objek blur tapi backgroundnya ada yang blank alias sebagian ngeblur setengahnya lagi tidak itu berdasarkan pengalaman review pribadi.

Kenapa Hasil Kamera Realme 3 Pro Jelek Tidak Bagus

Beberapa user mengutarakan kekecewaannya melalui grup Facebook atau forum online seperti XDA. Mereka heran mengapa spek kamera sebagus Realme 3 Pro tidak dapat hasilkan gambar yang baik, buram, banyak noise saat malam, lemot jepretan shutter speed, error HDR10+ Mode kerusakan, Panorama HDR tidak berfungsi, terlalu putih kualitas, Lemot / Lag / Macet saat aplikasi dibuka.

Patut diingat bahwa besarnya angka Megapiksel pada kamera Realme 3 Pro atau ponsel lain sama sekali tidak menjamin hasil gambar yang fantastis. Contoh, kamera Samsung Galaxy S9 beresolusi 12MP saja unggul dari Sony Xperia XZ Premium yang punya 25 Megapixel.

Kembali lagi pada bagaimana kemampuan pengguna memanfaatkan setiap detail fitur kamera Realme 3 Pro agar menghasilkan foto jernih, bagus, sesuai standarnya baik kamera belakang (Primary) atau depan buat selfie.

Contohnya: Kalau lagi malam hari atau situasi minim cahaya penerangan, maka yang harus diandalkan di sini adalah peran Mode Low Light. Kamu bisa saja memakai aplikasi Google Camera (G-Cam) tapi kan mayoritas pengguna belum paham cara opreknya sampai harus terinstall APK GCam Tolyan atau Arnova.

Memasang Gcam pada Realme 3 Pro juga tidaklah sulit sebab hanya butuh Minimal ADB Driver seperti halnya Samsung Galaxy A20.

Kelemahan atau kekurangan kamera Realme 3 Pro yaitu saturasi serta ketajaman gambar sangat overlook. Jadi walau disetting ke paling kecil juga seolah belum cukup mumpuni sehingga sering disebut sedikit merusak hasil foto.

Tapi harapan itu selalu ada mengingat Realme kerap rajin memberikan update software atau firmware beserta Security Patch tiap beberapa bulan. Jadi kemungkinan adanya penambahan fitur itu besar kesempatannya.

Memasang Watermark Shot On Realme 3 Pro

Semenjak dipopulerkan Huawei P9 dan Oppo beberapa tahun silam, watermark pada kamera Smartphone Android tampaknya semakin banyak diminati. Apapun jenis ponselnya termasun yang kita bahas sekarang, saat menjepret obyek pasti bertuliskan "Shot On Realme 3 Pro".

Buat para reviewer ini penting. Mereka harus benar-benar jujur ketika melakukan potret gambar dan membeberkan kamera ponsel apa yang sedang mereka gunakan atau ulas itu.

Jadi gimana caranya? Cukup buka menu pengaturan kamera yang biasanya muncul di pojok kanan atas. Scroll ke bawah sampai temukan tulisan "Watermark / Tanda Air" kemudian Enable / ON, lalu cobalah jepret apapun yang di depan kamu cek lagi hasil gambarnya ada tulisan "Shot On Realme 3 Pro".

Soal masalah autofocus tuxlin dan app Gcam tidak terbuka walau sudah fastboot ADB buka settingan kamera default, hapus data & clear cache, gunakan lagi ini juga mengatur lensa bukaan ke bawaan saat semula (Factory Setting).

Kurang lebih ya demikianlah panduan singkat Cara Setting Kamera Realme 3 Pro Memaksimalkan Pengaturan Triple Camera tanpa root.