Keluhan Masalah Vivo S1 dan Solusi Memperbaiki Kerusakan

Keluhan Masalah Vivo S1 dan Solusi Memperbaiki Kerusakan - Ponsel Vivo S1 diluncurkan di range harga 3 jutaan rupiah tanpa mengusik lini Y dan flagship V series. Smartphone yang mengincar segmentasi anak muda penuh gaya tersebut mungkin bakal jadi idaman baru kalangan remaja.

Masalah Umum Vivo S1 HP Rusak Sering Terjadi dan Solusinya

Namun pada artikel edisi kali ini Shukan Bunshun bakal membahas sejumlah masalah umum yang sering terjadi pada Vivo S1 beserta solusi memperbaiki kerusakannya. Wajar apabila mengalami error malfungsi itu bisa jadi karena entah kesalahan pemakaian pengguna awam atau memang rusak dari pabrik.

Kami merangkum beberapa keluhan pemakai ponsel Vivo S1 dan mencari tahu penyebab beserta solusi terbaik mengatasi permasalahannya kemudian sampai pada kesimpulan artikel ini.


Masalah Fingerprint Vivo S1

Seperti diketahui salah satu sistem keamanan Vivo S1 adalah sensor pemindai sidik jari yang berada tepat di bagian bawah layar dekat dagu HP layaknya V15 Pro. Screen Touch ID biasanya berfungsi cepat membaca jari pengguna beberapa saat alias sepersekian detik ketika menyentuh display.

Sayangnya masih terdapat kekurangan Vivo S1 pada Fingerprint untuk ketepatan dan kecepatan membaca sidikjari pengguna. Akibatnya, banyak yang merasa kecewa karena layar standby tidak menyala dan terpaksa menekan tombol Power.

Setelah dicek lebih lanjut, masalah tersebut memang dialami oleh user di China. Jarang keluhan pengguna Vivo S1 terkait Fingerprint Scanner, namun ada baiknya sedia payung sebelum hujan bila suatu waktu mengalami hal demikian.

Fingerprint Error Vivo S1 Tidak Berfungsi Bermasalah Screen Touch ID.jpg

Solusinya adalah dengan memperbarui piranti lunak atau software ke firmware versi terbaru FunTouch OS Vivox. Vivo S1 meluncur berbasis Android Pie kustomisasi Fun TouchOS, setelah update ada kemungkinan Screen Touch ID normal serta berfungsi sebagaimana mestinya.

Mengaktifkan LED Notifikasi Vivo S1

Pertanyaan berikutnya masuk dari Alfiana Tunggadewi, bagaimana cara mengaktifkan LED Notifikasi Vivo S1? Apakah sudah mendukung lampu indikator Notifications?

Sayangnya desain layar hampir full-view display serta hanya menempatkan sensor kamera depan berbentuk Waterdrop Notch (membentuk huruf U) membuat LED Notifikasi tidak tersedia pada HP Vivo S1. Baca juga: Cara Ganti Font Vivo S1.

Solusinya aktifkan saja fitur Always On Display. Mengapa? Terlebih kini Vivo S1 telah menggunakan panel layar Super AMOLED seperti Samsung Galaxy S10, dengan lebar 6,38 inci serta kerapatan piksel 404 ppi.

Jadi bila ada notifikasi pesan SMS, email, chat masuk layar akan menyala sendirinya. Apakah ini berarti bikin boros baterai? Tentu tidak, Always On Display sudah dioptimalisasi sehingga ketika bekerja maka batre HP tetap irit dan awet atau tak mengonsumsi berlebih daya tahan baterai.

Fast Charging Baterai Vivo S1

Apakah Vivo S1 sudah dilengkapi fitur Fast Charging? Support Quick Charge versi berapa? Ya. Vivo S1 telah memiliki fitur pengisian daya cepat untuk isi ulang baterai.

Namun sayangnya, Fast Charging 18W berupa software serta hardware tersebut hanya dibekali oleh Vivo bukan menggunakan teknologi QC Qualcomm. Sebab Vivo S1 menggunakan chipset MediaTek Helio P65.

Meski kapasitas baterai tanam Non-Removable Li-ion super jumbo 4500 mAh yang mampu bertahan lama dengan Screen on Time (SoT) rata-rata di atas 8 jam, Vivo S1 butuh waktu 2,5 hingga 3 jam untuk mengisi ulang batre dari posisi 20% sampai penuh Full 100%. Padahal jika menggunakan teknologi Qualcomm Quick Charger hanya memakan waktu 1,5 - 2 jam saja.

Sebagai tambahan buat yang tanya soal sensor NFC, Vivo S1 tidak ada NFC. Memang agak disayangkan fitur satu ini sangat diremehkan banyak produsen ponsel alasannya karena masih jarang masyarakat yang memanfaatkan NFC sekaligus juga dianggap jadi faktor pemangkas biaya produksi.

Ada juga human error, alias kerusakan software mau pun hardware yang disebabkan oleh manusia itu sendiri. Seperti lupa pola, bootloop (Stuck di Logo), gagal reboot / restart, hardbrick, dan sejenisnya memperbaikinya biasanya kamu harus lakukan Flashing. Ini sih juga berlaku buat HP Vivo S2 / S3 / S4 Plus / Y12 / Y15 / Y17 / 19 / Y90.

Setelah mengetahui Keluhan Masalah Vivo S1 dan Solusi Memperbaiki Kerusakan ponsel tiga jutaan tersebut sekarang giliran kamu mempraktikannya buat mengembalikan kondisi HP seperti semula, jika menyerah disarankan datang ke Service Center atau pusat perbaikan resmi Vivo jika garansi masih aktif daripada ke konter biasa.