Cara Menghubungkan SmartWatch ke Semua HP Android (Sinkronisasi)

Smart Watch sudah menjadi barang yang tidak bisa lepas dari masyarakat milenial. Jam tangan pintar yang multifungsi tersebut bukan lagi cuma bisa melihat waktu terkini namun juga berfungsi sebagai alat bantu kesehatan, notifikasi ponsel, dan lainnya. Nah, agar bisa bekerja maksimal sebaiknya simak Cara Menghubungkan Smartwatch ke HP Android menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Sinkronisasi SmartWatch ke HP Android Koneksikan

Rerata harga SmartWatch mulai rentang Rp 90 ribuan sampai di atas satu juta rupiah tergantung pada merek, tipe beserta fitur yang ditawarkan di dalam gadget tersebut. Agar dapat maksimal, sebaiknya kamu harus paham cara sinkronisasi Smartwatch ke Android.

Chipset MediaTek dipakai oleh mayoritas Smart Watch masa kini khususnya pabrikan China. Vendor jam tangan pintar juga wajib cerdas memangkas biaya produksi seminimal mungkin agar nantinya ketika dijual tidak harus membanderol harga tinggi, tentu saja tanpa mengesampingkan kualitas unit.

Konfigurasi standar sering ditemui pada Smart Watch reguler harga di bawah 100 ribu rupiah. Dan kebanyakan fiturnya sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna di Indonesia khususnya, jadi tak perlu pusing dan khawatir soal firmware yang dibekali.

Harga memang nggak pernah bohong. Kamu dapat membedakan SmartWatch murah dan mahal cukup dari fisiknya semisal bodi, bahan, ukuran layar, fitur, apakah support bisa pakai SIM Card atau tidaknya juga menentukan.

Cara Menghubungkan SmartWatch ke Semua HP Android - Sinkronisasi Data

Ngomong-ngomong soal menyinkronkan data pada Smartwatch tidak jauh berbeda dengan perangkat gadget lainnya. Antar device tetap membutuhkan izin akses agar tersinkronisasi antara satu perangkat dengan perangkat lain.

Biasanya Smart Watch vendor Tiongkok hanya didukung teknologi nirkabel sambungan Bluetooth tanpa koneksi jaringan WiFi. Tapi tetaplah fungsinya sama, menerima telepon, notifikasi pesan SMS, email masuk, yang ada pada Smartphone Android ke jam tangan pintar.

Tentu saja layanan tersebut seolah membuat kebutuhan mobilitas masyarakat jadi lebih teratur dan praktis tanpa terus-terusan pegang HP setiap detik, menit, jam. Sudah paham manfaat sinkron Smart Watch ke Android? Sekarang saatnya kita praktikan sinkronisasi smartwatch ke Android bukan iOS iPhone.

Cara Menghubungkan Smartwatch ke Smartphone Android HP

1. Pada HP Android buka Google Play Store kemudian install aplikasi bernama MediaTek SmartDevice ini semua gratis ya tidak ada versi premium / pro alias berbayar.

2. Setelah app berhasil terinstall, restart terlebih dahulu ponsel Android Anda.

3. Ketika kembali menyala, nyalakan Bluetooth pada ponselmu. Aktifkan pula Bluetooth di Smartwatch kamu.

4. Di SmartWatch cek pengaturan Bluetooth, dan klik "Search New Device (Cari Perangkat Baru)" jika muncul nama Bluetooth untuk HP Android kamu silakan tap.

5. Kembali ke aplikasi MediaTek Smart Devices pada HP, cek apakah muncul Pop-up notifikasi meminta ijin pembacaan (Enable Accessibility) jika iya centang saja semua sesuka hatimu pilih aplikasi pada ponsel yang mau diaktifkan pemberitahuannya.

6. Sampai disini sukses terhubung namun belum selesai sepenuhnya. Kamu harus setujui notifikasi yang memperbolehkan segala macam akses pada HP Android kamu supaya kinerja sinkronisasi berjalan sempurna, klik opsi OK.

7. Sekarang kamu sudah berhasil lakukan sinkron SmartWatch ke Android dengan gampang. Saatnya pilih aplikasi mana yang mau diaktifkan notifikasinya supaya muncul pada Jam Tangan Pintar.

Saran kami Enable atau Allow / izinkan seluruh akses notifikasi agar perangkat keduanya berjalan maksimal sehingga pemberitahuan tidak telat masuk ke SmartWatch seperti SMS dan Panggilan Telepon. Ini berlaku buat semuanya seperti AmazFit Bip, Apple Watch, Xiaomi Mi Band, Galaxy Watch, Samsung Gear, Huawei Watch Fit GT, Imoo, Lenovo, Zeblaze, Asus ZenWatch, Pebble, LG CDMA, Sony, FitBit, VivoWatch, Garmin, Cognos GSM.

Baterai SmartWatch akan lebih boros dan cepat habis bukan hanya karena Bluetooth tapi faktor eksternal lain seperti jarak antar perangkat, kekuatan sinyal, so gunakan dengan bijak. Satu lagi, cara sinkronisasi Smart Watch ke Android ini bisa dilakukan pada HP Nokia, Samsung Galaxy, Xiaomi Redmi Mi Note Pocophone, Oppo, Vivo, Asus Zenfone, Advan, Infinix, Honor Huawei, Wiko, Meizu, OnePlus, Sony, LG, dan Realme.