Tips Monetisasi Akun TikTok Agar Mendapatkan Uang

Biasanya, setidaknya sejauh pemantauan admin Shukan Bunshun, bahwa pengguna platform berbagi video Tik Tok tidak atau belum menyadari kalau mereka bisa saja mendapatkan penghasilan. Cara monetisasi TikTok memang belum sepopuler layanan lain, sebab kreator masih berpusat pada YouTube dan Facebook yang harus diakui masih merajai.

TikTok telah membukukan rekor baru, betapa pesatnya perkembangan wadah yang mengutamakan berbagi video pendek ini mendapatkan angka 100 juta pengguna, itu baru statistik di Google Play Store (Android), belum lagi di App Store (iOS).

Mendapatkan Penghasilan dari TikTok Monetization.png

Meski layanan yang dikembangkan oleh developer Toutiao tersebut tidak menyediakan fitur memonetisasi langsung di platformnya, namun jangan salah karena kreator bisa memanfaatkan celah ini untuk menambah pundi-pundi penghasilan selagi mengunggah konten di TikTok.

Sebelum melanjutkan baca, satu hal yang mesti diperhatikan adalah, pengguna harus populer dulu buat memulai semuanya. Jika merasa akun sudah sangat terkenal dan memiliki banyak audiens, saatnya eksekusi.


Endorsement

Ini langkah paling mudah diantara yang lain, karena walau hanya dengan jumlah pengikut yang tidak terlalu banyak biasanya tetap dimanfaatkan kreator untuk membuat video pendek yang mempromosikan produk orang lain.

Namun hingga kini belum begitu banyak kreator yang menggunakan sistem endorse, beberapa menganggap hal tersebut bisa merusak kualitas dan mempertimbangkan kepuasan penonton.

Di satu sisi, tak jarang juga yang lebih kreatif lagi yakni tetap bikin video sesuai tema, lagu & topik yang populer sembari disisipkan barang endorse.

Merchandise

Kalau ini strategi bisnis yang tak kalah gampang. Unggahlah video dengan menggunakan merchandise & souvenir buatan kamu. Misalnya kaos, topi, atau sweater cantumkan desain bikinan sendiri dan ada ciri khas yang unik, misalnya logo/tulisan TikTok juga nama panggungmu. Contoh: "Bowo Alpenliebe - TikTok".

Pengguna yang memiliki popularitas tinggi, berpotensi menjual lebih banyak produknya. Strategi mendapatkan uang dari TikTok pakai cara ini sudah banyak digunakan kreator lain di aplikasi berbeda.

Apakah harus selalu baju? Jelas tidak, kamu bisa pertimbangkan barang lain seperti syal, tumbler, poster. Tapi tak sedikit yang menyarankan untuk jual sesuatu yang bisa digunakan sehari-hari.

Kenapa? Ini juga bisa meningkatkan potensi penjualan secara tidak langsung. Misal, si Luna membeli baju Bowo Alpenliebe artis TikTok, suatu waktu dia ikut pesta menggunakan kaos tersebut, ada teman dari temannya Luna melihat dan ternyata dia tertarik juga untuk beli. Ingat, ini cuma perumpamaan.

Sponsor

Berbeda dengan Endorsement, untuk mendapatkan sponsor pada TikTok memang diperlukan popularitas tinggi. Jika endorse barang kamu mungkin cuma satu-dua konten video menampilkan produk endorsement lalu selesai, berbeda dengan sponsorship.

Biasanya pihak sponsor menawarkan kerjasama jangka panjang, yang artinya hampir setiap video buatan kamu akan mengandung pesan sponsor.

Misalnya, bikin video joget dengan background/tema/kaos/aksesoris sang sponsor yakni Lazapedia. Semakin terkenal seorang seleb TikTok, makin dipenuhi sponsor. Bahkan jadi brand ambassador.

Lintas Platform

Lagi-lagi ini keuntungan jadi orang terkenal, ketika video TikTok kamu viral, banyak orang menirunya, tidak sedikit yang membagikan ke media sosial mereka. Otomatis kamu makin dikenal, orang penasaran, mereka mengikuti semua akun media sosialmu.

Disinilah yang bisa kamu manfaatkan, dari TikTok, kamu bisa jadi seorang Selebgram, Selebtwit, bahkan ketika kamu memutuskan membuat channel YouTube agar jangkauannya lebih luas, akan semakin mudah menggaet banyak Subscribers. Baca: 7 Selebtwit Indonesia Tersukses.

Sebab mereka sudah mengetahui siapa kamu, dan terhibur dengan kontenmu di TikTok lalu ingin mendapat lebih banyak hiburan dari konten kamu. Jika sudah demikian, maka sponsor, endorsement/paid promote, akan datang dengan sendirinya.

Apabila saatnya TikTok meluncurkan layanan monetisasi langsung, kamu akan lebih mudah mendapatkan aksesnya. Apalagi kini pihak pengembang aplikasi sedang mengupayakan & mempersiapkan hadirnya fitur monetisasi di platform mereka. Simak juga: Memaksimalkan Fitur Rahasia TikTok.

Begitulah cara monetisasi akun TikTok untuk mendapatkan uang tambahan, Good Luck.