4 Cara Mengembalikan Pesan iMessage SMS yang Terhapus di iPhone

Panduan mengembalikan teks pesan iMessage atau SMS yang terhapus pada iPhone semua tipe. Beberapa pengguna iOS mengalami masalah iMessage SMS terhapus pada perangkat iDevice mereka setelah update ke iOS 15. 

Apakah Anda mencoba mencari cara memulihkan pesan teks yang dihapus atau terhapus, terutama dari iPhone SE/iPhone XR? Artikel ini mungkin dapat membantu Anda mengembalikan teks yang dihapus/terhapus pada iPhone semua tipe dalam langkah sederhana.

Cara Mengembalikan SMS iMessage yang Terhapus di iPhone.png

Bisakah Anda memulihkan pesan SMS dan iMessage yang dihapus dari iPhone? Bagaimana memulihkan teks yang dihapus di iPhone? Pengguna selalu mengajukan pertanyaan seperti itu ketika mereka mendapatkan beberapa SMS penting yang hilang karena penghapusan yang tidak disengaja. 

Jadi, di halaman ini, kami ingin memandu Anda bagaimana memulihkan pesan teks yang dihapus dari iPhone dengan mudah memakai 3 cara: 

1. Memulihkan teks SMS/iMessage iPhone SE dengan mengekstrak cadangan/backup file di iTunes.

2. Pulihkan pesan iPhone dari cadangan iCloud. 

3. Pulihkan pesan teks yang dihapus dengan memindai iPhone. 

Kecuali untuk memulihkan SMS yang dihapus, ada sebuah perangkat lunak pemulihan data iPhone bernama EaseUS yang juga dapat memulihkan pesan teks yang hilang dalam beberapa situasi lain seperti akibat upgrade iOS, Jailbreak iPhone, habis reset pengaturan pabrik iPhone, iPhone telah hilang atau dicuri, iPhone rusak, dll.

Cara Restore SMS dan iMessage iPhone yang Terhapus

Jika Anda telah menyelaraskan perangkat Anda (Sinkronisasi) dengan iTunes, tetapi tidak dapat memulihkan iPhone dengan file cadangan iTunes untuk memulihkan pesan teks iPhone yang hilang, karena perangkat Anda hilang, dicuri, atau rusak. 

Anda dapat menggunakan software pemulihan data iPhone EaseUS, ekstraktor backup iPhone yang andal untuk mengekstrak file cadangan iTunes dan menyimpan data yang dipulihkan ke komputer Anda atau perangkat penyimpanan lainnya. 

Langkah 1 : Buka aplikasi EaseUS MobiSaver dan pilih "Restore dari Backup iTunes". 

Langkah 2 : Kemudian pilih file cadangan untuk iPhone Anda dan klik tombol "Pindai/Scan" untuk mulai memindai file Cadangan iTunes dan mendeteksi bila ada data yang hilang ditemukan.

Langkah 3 : Setelah pemindaian usai, semua file yang dapat dipulihkan akan ditampilkan di sisi kiri dalam kategori yang terorganisir dengan baik. 

Langkah 4 : Anda dapat mempratinjaunya satu per satu dan memilih file yang Anda inginkan. Terakhir, klik tombol "Pulihkan/Restore" untuk mengembalikan SMS dan pesan iMessage yang hilang semuanya kembali satu kali. 

Langkah 5 : Kemudian tentukan folder di komputer untuk menyimpan semua data yang dipulihkan. Simpan dengan nama khusus agar tidak lupa. 

Cara Mengembalikan Pesan SMS iMessage via Backup iCloud iOS

Jika Anda belum menyinkronkan perangkat Anda dengan iCloud tetapi tidak dengan iTunes, Anda juga dapat mencoba kembalikan SMS iPhone yang terhapus dari cadangan iCloud menggunakan perangkat lunak pemulihan data iPhone EaseUS. Berikut adalah panduan rincinya. 

Langkah 1 : Buka aplikasi pemulihan iPhone EaseUS di komputer Anda (Mac atau PC), pilih Pulihkan dari Cadangan iCloud, lalu masuk dengan ID Apple Anda.

Langkah 2 : Pilih cadangan iCloud yang tepat yang ingin Anda ekstrak, klik Pindai (Scan) untuk mengunduhnya ke komputer Anda dan cari data yang hilang.

Langkah 3 : Setelah pemindaian, Anda dapat memilih jenis file yang tepat dan mengklik item tertentu untuk melihat pratinjau informasi terperinci. 

Langkah 4 : Kemudian pilih data dan file yang ingin Anda pulihkan. Terakhir, klik tombol Pulihkan untuk menyimpannya ke komputer Anda.

Sayangnya belum ada cara melihat history yang sudah dihapus di iPhone untuk berbasis Browser.

Trik Recover Pesan yang Dihapus dari iPhone Langsung

Terkadang, Anda mungkin mengalami kesalahan saat mencoba memulihkan pesan teks iPhone yang terhapus dari cadangan iTunes atau cadangan iCloud. Berlaku untuk kartu Telkomsel, XL Axis, Indosat IM3 Ooredoo, Smartfren dan Tri.

Saat ini, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data iPhone EaseUS untuk memulihkan history pesan teks yang dihapus dengan memindai iPhone. Tutorial ini sudah dicoba pakai iPhone XS Max, mungkin yang lain juga bisa.

Langkah 1 : Hubungkan iPhone Anda ke komputer dengan kabel USB dan buka EaseUS MobiSaver. 

Langkah 2 : Software ini dapat mendeteksi dan mencantumkan perangkat Anda dengan cepat di "Pulihkan dari perangkat iOS". 

Langkah 3 : Arahkan mouse ke telepon dan tombol "Pindai" besar akan muncul. Cukup Klik tombol untuk melanjutkan.

Langkah 4 : Setelah Anda mengklik "Scan", EaseUS MobiSaver akan secara otomatis memindai perangkat Anda. Ketika program selesai memindai, ia akan menemukan dan menunjukkan kepada Anda semua file yang ditemukan dalam berbagai jenis. 

Langkah 5 : Anda diizinkan untuk melihat pratinjau semua file yang terdaftar di sisi kanan jendela satu per satu. Jadi Anda dapat memeriksa dan memastikan Anda telah menemukan semua file di iPhone yang Anda inginkan. 

Langkah 6 : Terakhir, tandai file yang ingin Anda ekspor dan klik "Pulihkan/Recover" untuk mengekspor dan menyimpan file iPhone yang dipilih di komputer Anda.

Permasalahan usai update iOS 15 ini makin banyak Sebelumnya sudah bahas: Mengembalikan Foto yang hilang di iPhone dan penyebabnya kebanyakan akibat pembaruan software.

Testimoni: Beberapa tips tadi sudah dicoba dan berhasil berdasarkan laporan pengguna iPhone XS Max, iPhone 8 Plus, iPhone XR, dan iPhone 6/6s. Mungkin Anda bisa mencoba sendiri mengembalikan pesan SMS dan iMessage yang terhapus pada iOS ini.