9 Cara Mengatasi iTunes Error 54 Sync di Windows dan Mac PC

Tutorial cara memperbaiki iTunes Sync Error 54 pada PC/Laptop Windows dan Mac. Ini terjadi karena banyak penyebab utamanya, bisa akibat penggunaan software pihak ketiga lain pada komputer yang menyebabkan bentrok dengan piranti lunak iTunes versi terbaru.

Mengalami iTunes Error 54 di komputer Anda? Jika demikian, maka jangan langsung merasa frustrasi. Panduan ini akan memberikan semua kemungkinan solusi untuk memperbaikinya dengan mudah. 

"Setelah update iTunes baru-baru ini di komputer Windows 10 saya, iTunes selalu muncul notifikasi kesalahan yang mengatakan 'iPhone tidak dapat disinkronkan. Terjadi kesalahan yang tidak diketahui (-54)' saat menyinkronkan iPhone saya di iTunes. Bagaimana cara memperbaikinya?" - Pertanyaan itu datang dari grup Facebook. 

cara mengatasi itunes error 54 kode pc windows mac.png

Saat Anda lakukan sinkronisasi iPhone/ iPad/ iPod Touch Anda dengan iTunes, Anda mungkin melihat pesan peringatan yang mengatakan: "iPhone [nama model perangkat] tidak dapat diselaraskan (cannot be synced). Terjadi kesalahan yang tidak diketahui (-54)." 

Biasanya, masalah ini dapat diatasi dengan me-restart iPhone dan komputer Anda. Tetapi jika restart PC/Laptop tidak berhasil, Anda memerlukan beberapa solusi lebih lanjut yang sudah kami tulis dalam panduan ini untuk memperbaikinya.

Sebelum itu, Anda dapat mempelajari secara singkat tentang kode error iTunes -54 jika Anda tertarik mengetahui penyebab terjadinya masalah ini buat jaga-jaga agar tidak terulang lagi di masa mendatang. 

Penyebab iTunes Error 54 Sync

Pemberitahuan adanya iTunes Error Sync 54 adalah kesalahan izin yang sering terjadi saat Anda mencoba menyelaraskan file dengan komputer yang terkunci atau saat komputer Anda tidak diotorisasi untuk mengakses file atau konten iTunes. 

Selain kesalahan 54 Error, permasalahan iTunes lain yang tidak diketahui seperti kesalahan 0xE8000015, error 3194, dan kesalahan 3150 juga sangat umum dialami pengguna Apple. Dalam panduan ini, kami terutama akan fokus pada kesalahan iTunes 54 dan tips mengatasi masalah tersebut. 

Cara Memperbaiki iTunes Error 54 di PC Windows Mac

Jika Anda ingin memperbaiki kesalahan iTunes 54, coba solusi di bawah ini. Jika tidak ada solusi reguler yang berfungsi untuk membantu Anda, Anda dapat menggunakan alternatif iTunes untuk menyinkronkan data iPhone atau mengelola file Anda.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga di luaran sana yang berfungsi sama atau bahkan lebih bagus dari iTunes. Tapi karena memang iTunes dikelola langsung oleh Apple jadi pengguna lebih memilih software ini. 

Menggabungkan File Media Perpustakaan iTunes

Perpustakaan media iTunes atau disebut juga iTunes Media Library berisi semua konten dan file berupa musik, film, foto dan video yang Anda beli atau impor dari perangkat Anda yang mungkin disimpan di beberapa lokasi. 

Anda dapat menggabungkan semua konten media dalam satu folder untuk mengurangi kemungkinan error/kesalahan. Begini caranya: 

1. Buka iTunes di Windows atau Mac Anda. 

2. Pilih "File"> "Library"> "Consolidate Files/Gabungkan File"> klik "OK."

3. Selesai, proses ini paling sederhana namun jika masih belum bisa menyelesaikan masalah error 54 di iTunes, coba metode lainnya. 

Sinkronkan Sejumlah Kecil File Sekaligus

Kesalahan iTunes 54 ini juga terjadi saat Anda menyinkronkan terlalu banyak konten sekaligus, sehingga Anda hanya dapat sinkronisasi (Sync) sedikit konten sekaligus dan meningkatkan jumlahnya secara perlahan hingga Anda menemukan error lagi. Dengan cara itu, Anda dapat mengidentifikasi file yang menyebabkan masalah tersebut. 

Cek Aplikasi Keamanan Pihak Ketiga

Beberapa perangkat lunak pihak ketiga, atau software keamanan, dapat memengaruhi proses penyelarasan/sinkronisasi saat Anda menggunakan iTunes. 

Anda dapat mencoba menonaktifkan aplikasi security atau mengubah pengaturannya untuk memperbaiki masalah iTunes Error 54 ini di komputer. Setiap PC menggunakan software keamanan berbeda.

Hapus dan Unduh Ulang/Impor Ulang Konten

Selain itu, kesalahan 54 di iTunes juga mungkin terjadi pada iTunes Store. Jika ini adalah penyebab error iTunes 54, Anda dapat mencoba menghapus dan mengunduh ulang konten yang pernah Anda install. Jika file tersebut Anda impor dari sumber lain, Anda dapat menghapus dan mengimpornya kembali.

File PDF yang Dihapus Sebelum Disinkronkan dengan iTunes

Faktanya error iTunes 54 ini juga dapat muncul saat Anda mencoba mentransfer pembelian iTunes dari perangkat Anda ke komputer atau menyinkronkan dengan Apple Books. 

Karena iTunes tidak dapat membaca file PDF, Anda sebaiknya memindahkan PDF dari iPhone/iPad ke komputer, lalu menghapusnya, lalu gunakan iTunes untuk sinkronisasi kembali. 

Mengubah Izin iTunes

Karena error 54 iTunes adalah kesalahan terkait dengan izin, Anda dapat memperbaikinya dengan cara mengubah izin folder iTunes atau file/folder asli. Begini langkahnya: Buka Windows Explorer > pilih folder "Music" > klik kanan folder "iTunes" > Properties > Hapus centang "Read Only."

Restart PC atau Laptop Anda

Berdasarkan pengalaman beberapa user di grup Facebook, mereka bisa mengatasi error 54 di iTunes hanya dengan menyalakan ulang atau reboot/restart perangkat komputer yang digunakan. Mungkin Anda juga bisa mencobanya sendiri. 

Install Ulang iTunes di Windows dan Mac

Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan saat ini untuk cara memperbaiki iTunes Error 54 yaitu menginstal ulang aplikasi iTunes. Jangan lupa juga install lewat situs web resmi sangat direkomendasikan, agar mendapatkan versi terbaru dan muncul masalah yang lainnya. 

Sinkronkan Data iPhone ke Komputer dengan Alternatif iTunes 

Seperti yang kita semua tahu bahwa Error iTunes 54 mungkin terjadi saat Anda menyelaraskan iDevice Anda ke komputer. Masalah ini sangat umum dialami pengguna Apple. 

Setelah itu terjadi, Anda terpaksa menghabiskan banyak waktu dan energi untuk memperbaikinya. Jika Anda cukup beruntung untuk menemukan solusi yang bisa diterapkan, Anda dapat menyingkirkan masalah ini dengan mudah. 

Tetapi jika Anda kurang beruntung, tidak ada solusi yang membantu, Anda mungkin harus menggunakan alternatif iTunes untuk mengelola file Anda. Seperti yang tadi dikatakan, banyak software pihak ketiga dengan fungsi mirip iTunes.

Ada banyak alternatif iTunes di pasaran untuk Anda pilih, di sini kami memakai salah satu alternatif iTunes terbaik untuk iPhone yakni EaseUS MobiMover. Sebagai alat transfer data iPhone profesional, EaseUS MobiMover memiliki banyak fungsi yang tidak dimiliki iTunes, seperti:

Mentransfer data dari iPhone ke komputer, atau sebaliknya.  Pindahkan data di antara dua iPhone. Cadangkan (Backup) & pulihkan (Restore) data di iPhone. Kelola data WhatsApp di iPhone Anda. Menyimpan video dari Twitch, Twitter, Facebook, Instagram, Snapchat, TikTok, MiChat dan platform lainnya.

Baca juga: 

Memang banyak kesalahan software iTunes yang dialami pengguna Apple, setidaknya 9 cara mengatasi error iTunes 54 pada PC Windows dan Mac tadi bisa menjadi referensi yang dapat Anda coba untuk memperbaiki permasalahan ini.