4 Cara Mengatasi iPhone 13 Pro Max Tidak Bisa Dicas Tanpa Service

Cara Memperbaiki iPhone 13 Pro Max yang tidak bisa di cas dengan mudah. Apabila Anda mengalami masalah HP yang tidak dapat dicas, khususnya iPhone, maka Anda tidak sendirian. 

Dalam banyak kasus usai update iOS 15, justru beberapa tipe iPhone termasuk iPhone 13 Pro Max tidak bisa dicas. Saat proses charging berlangsung ada yang malah berkurang, jadi tidak mengisi sama sekali dan angka persentase stuck di situ-situ saja.

cara mengatasi iphone 13 pro max tidak bisa dicas.jpg

Penyebab iPhone 13 Pro Max Tidak Bisa Dicas

Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah smartphone, khususnya iPhone 13 tidak bisa di cas & mengalami masalah charge. Beberapa diantaranya sebagai berikut:
  1. Tidak menggunakan kabel atau adaptor original Apple. 
  2. Harus update firmware/software. 
  3. Adanya kotoran menumpuk mengganggu port pengisian daya baterai. 
  4. Adaptor atau kabel original tapi sudah rusak dan malfungsi. 
  5. Aplikasi yang menghambat proses charging. 

Cara Mengatasi iPhone 13 Pro Max Tidak Bisa Dicas

Setelah mengetahui penyebab utamanya, sekarang kita ambil langkah memperbaikinya agar iPhone Anda kembali bisa dicas dengan normal. 

Cek Chargeran

Sejumlah langkah pengecekan berikut bisa Anda lakukan untuk memastikan ada atau tidaknya masalah pada charger iPhone 13 Pro Max. 
  • Gunakan adaptor lain yang orisinal, bisa pinjam teman.
  • Pakai casan asli resmi Apple. 
  • Cek apakah ujung kabel data mengalami kerusakan. 
  • Tes menggunakan kabel lain. 
  • Coba colok di stop kontak sumber daya yang berbeda. 

Restart iPhone Anda

Beberapa pengguna bisa memperbaiki iPhone 13 Pro Max yang tidak bisa dicas hanya dengan menyalakan ulang perangkat. Untuk itu Anda bisa mencoba meniru mereka dengan reboot iPhone. 
  • Matikan iPhone, tekan dan tahan tombol Power.
  • Saat muncul Slide di layar, geser untuk menonaktifkan HP. 
  • Diamkan hingga 1-2 menit. 
  • Lalu pasang kembali charger.
  • Hidupkan iPhone 13 Pro Max tanpa mencabut kabel casan. 

Membersihkan Port Charger iPhone

Banyak permasalahan iPhone 13 Pro Max tidak dapat dicas itu biasanya karena lubang port pengisian daya yang kotor. 

Jangan sepelekan hal ini, karena semakin lama dibiarkan maka debu atau kotoran lain yang menempel makin menumpuk dan menghambat kinerja smartphone. Termasuk membuat kabel charger iPhone 13 Pro Max tidak berfungsi meski pun produk ori. 

Mengganti Baterai iPhone 13 Pro Max

Jika Anda sudah mencoba semua langkah solutif di atas, ganti charger ori, pindah stop kontak, port USB juga bersih, namun baterai iPhone 13 Pro Max tetap tidak bertambah saat dicas.

Artinya kerusakan ada pada komponen terpenting, yakni Baterai. Mengganti batre baru adalah keputusan yang bijak dari pada membiarkannya boros, cepat habis, panas, dicas tidak mengisi, nanti malah merusak komponen iPhone lain. 


Ganti baterai bisa dilakukan di pusat perbaikan tempat Anda membeli iPhone. Misal di iBox, maka klaim garansi (kalau masih berlaku). Kurang tahu mekanisme penjual iPhone lain itu seperti apa.

Kalau baterainya rusak, iPhone 13 Pro Max tidak bisa di charge dalam keadaan mati dan menyala. Jadi percuma ngecas pakai casan original juga tetap tidak nambah jika batrenya bermasalah.