5 Cara Memperbaiki Layar iPhone 13 Pro Max Bergaris Rusak

Cara Mengatasi Layar iPhone 13 Pro Max Muncul Garis Hijau dan Hitam. Selalu ada banyak laporan dari pengguna yang menyatakan bahwa mereka menemukan garis vertikal di layar iPhone 13 Pro Max, 13 Mini, 13 biasa. 

Ini adalah masalah lama yang telah ada sejak iPhone 4, dan warna garis dapat bervariasi dari merah, kuning, hitam, biru, hijau atau ungu. Bahkan dalam banyak kasus, layar iPhone 13 Pro Max tidak berfungsi, retak hingga muncul kedap-kedip jika dibiarkan terlalu lama.

cara memperbaiki layar iphone 13 pro max bergaris

Penyebab masalah tersebut bisa diakibatkan oleh kerusakan fisik smartphone sampai ke permasalahan software. Bagaimanapun, untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mengikuti sejumlah solusi di bawah ini, sehingga Anda dapat menghilangkan garis sekaligus mengurangi biaya perbaikan seminimal mungkin.

Restart Paksa Memperbaiki Layar iPhone 13 Pro Max Bergaris

Restart paksa mirip dengan mengeluarkan baterai dan memasangnya kembali. Ini akan sepenuhnya mematikan semua aplikasi dan program yang berjalan di iPhone 13 Pro Max Anda. 

Setiap kali Anda melihat ada garis di layar iPhone 13 Pro Max, Anda dapat memperbaikinya dengan mudah dengan me-reboot iPhone Anda. 

Setelah hard reboot, garis-garis di layar mungkin hilang. Untuk hard restart iPhone Anda, tekan dan tahan tombol power kemudian pilih slide kanan lalu diamkan beberpaa menit sebelum dinyalakan lagi.


iPhone tipe lain mungkin pakai cara ini: Tekan tombol "Volume Up" dan lepaskan dengan cepat, lalu tekan tombol "Volume Down" dan lepas; tahan tombol "Power" sampai Anda melihat logo Apple di layar.

Lepas Anti Gores Mengatasi Layar iPhone 13 Pro Max Bergaris

Ini mungkin tampak a eh, tetapi dalam beberapa kasus, masalah garis horizontal dan vertikal pada layar iPhone 13 Pro Max disebabkan oleh hal-hal kecil seperti tetesan air atau debu. 

Hal-hal ini mungkin sulit untuk diperhatikan ketika Anda memiliki pelindung layar di iPhone. Jika tetesan air atau debu tersangkut di antara layar dan pelindung layar, wajar jika akan ada garis vertikal di layar. 

Oleh karena itu, Anda sebaiknya melepas pelindung layar seperti Tempered Glass dan Anti Gores untuk membersihkan layar dengan kain dan melihat apakah garis-garisnya sudah hilang.

Update iOS ke Versi Terbaru

Muncul garis pada layar iPhone 13 Pro Max mungkin disebabkan oleh bug dari beberapa versi iOS yang sudah ketinggalan zaman. 

Kami memahami bahwa beberapa pengguna mungkin berpikir bahwa pembaruan iOS secara umum tidak berguna, tetapi itu tidak benar. 

Kecuali pembaruan fitur baru, pembaruan iOS sering kali berisi perbaikan bug, yang sangat penting untuk fungsi normal iPhone. 

Untuk memperbarui perangkat lunak iOS di iPhone Anda, buka "Pengaturan"> "Umum"> "Pembaruan Perangkat Lunak". 


Jika ada pembaruan yang tersedia, tekan tombol "Unduh dan Instal" untuk mengonfirmasi pembaruan Anda. Proses update akan dimulai, yang perlu Anda lakukan hanyalah memastikan koneksi WiFi baik dan menunggu update selesai. 

Konektor LCD Bermasalah

Ini agak jarang namun bukan tidak mungkin terjadi. Permasalahan ini bisa menyebabkan layar iPhone 13 Pro Max bergaris dan berbayang serta bila dibiarkan maka akan bikin rusak komponen lain. 

Untuk menggantinya bisa dilakukan sendiri di rumah, tapi yang jadi permasalahan kan sparepart atau hardware original biasanya hanya bisa didapatkan di Apple Store resmi. 

Bawa ke Pusat Perbaikan Apple

Seperti yang kami sebutkan di awal, masalah iPhone 13 Pro Max bergaris yang Anda alami biasanya merupakan tanda kerusakan fisik pada perangkat keras atau hardware. 

Jika Anda menyadari munculnya garis di layar iPhone 13 setelah menjatuhkan ponsel Anda, kemungkinan besar layar atau motherboard mengalami kerusakan. Dalam hal ini, kita harus menyerahkan pada teknisi Apple memperbaiki kerusakan perangkat keras akan jauh lebih aman daripada memperbaikinya sendiri.

Pengguna Apple disarankankan bawa ke tukang servis atau Service Center tempat mereka beli, untuk memperbaiki layar iPhone 13 Pro Max bergaris dan muncul warna jangan dibiarkan nanti layarnya jadi tidak berfungsi sama sekali.