Penyebab dan Mengatasi Kamera iPhone Blank Hitam Terbaru

Banyaknya masalah usai update iOS 15 terbaru membuat pengguna Apple kebingungan. Salah satunya ialah kamera iPhone blank hitam gelap sehingga tidak dapat berfungsi untuk memotret seperti biasanya. 

Bahkan dalam beberapa kasus sebelumnya juga iOS 15 bikin pengguna kehilangan foto dan video secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan mereka. Sejauh ini Apple masih menginvestigasi terjadinya bug dan kesalahn pada software terbarunya. 

cara memperbaiki kamera iphone hitam gelap blank

Saat Anda menggunakan iPhone terbaik, seperti iPhone 13 Pro Max misalnya, seolah sudah menjadi segalanya bagi Anda, termasuk menikmati fitur kamera terbaik. 

Lagi pula, Anda tahu apa yang mereka katakan — kamera terbaik adalah yang ada bersama Anda. iPhone itu sempurna untuk mengabadikan momen spesial hingga momen spontan dan bahkan hal menyenangkan lainnya seperti foto makanan atau objek lainnya. 

Namun, sehebat-hebatnya iPhone, masih bukan smartphone yang sempurna, dan permasalahan kadang-kadang muncul, seperti layar hitam di aplikasi Kamera bawaan yang dialami banyak user saat ini.

Jelas ini sangat menjengkelkan karena momen itu mungkin telah berlalu, dan Anda tidak dapat mengabadikannya lagi — seperti yang dialami salah seorang pengguna di grup Facebook. 

Jika Anda telah memastikan bahwa penyebabnya bukanlah sesuatu/benda yang menutupi lensa maka inilah cara memperbaiki kamera iPhone Blank Hitam. 

Tutup dan Buka Lagi Aplikasi Kamera

Apple bukan perusahaan sempurna, jadi sistem operasinya tentu saja tidak kebal terhadap kesalahan bug sesekali — terkadang sejumlah fitur tidak berfungsi dengan benar saat digunakan. 

Dalam hal ini, Anda harus mencoba keluar paksa dari aplikasi Kamera dan membuka kembali. Biasanya dengan metode memperbaiki kamera iPhone hitam blank ini sudah bisa sepenuhnya. 

Pindahkan Lensa Depan dan Belakang

Terkadang, layar hitam (black screen) Kamera iPhone dapat diatasi hanya dengan beralih antara kamera selfie belakang dan depan. 

Layar hitam yang blank dapat disebabkan oleh aplikasi yang tidak terbuka dengan benar, dan setiap kali Anda mengganti kamera, maka memaksa aplikasi untuk mengulangnya lagi, jadi ini sedikit bisa membantu. 

Saran lain adalah untuk melihat apakah aplikasi kamera atau video pihak ketiga sedang berjalan di latar belakang, seperti Instagram, Facebook atau Snapchat. 

Restart atau Reboot iPhone Anda

Jika langkah-langkah lain sejauh ini belum mengatasi masalah layar hitam di aplikasi Kamera, Anda harus mencoba me-reboot iPhone Anda. 

Reboot iPhone yang benar akan memperbaiki banyak masalah dan mungkin itu yang dibutuhkan ponsel Anda. Bagaimanapun, reboot menyegarkan memori perangkat dan membersihkan cache.

Nonaktifkan VoiceOver

Untuk beberapa alasan, VoiceOver tampaknya menyebabkan beberapa masalah pada aplikasi Kamera iPhone blank hitam, jadi jika Anda mengaktifkannya, ini saat yang tepat untuk mencoba mematikannya untuk cek apakah bisa menyelesaikan masalah Anda. 

1. Buka Pengaturan di iPhone Anda. 

2. Gulirkan layar ke bawah dan pilih Aksesibilitas (Accessibility). 

3. Pilih VoiceOver. 

4. Matikan/Turn OFF pada Toggle dengan geser jadi warna abu-abu.

Perbarui Software

Jika Anda menjalankan iOS lama, Anda mungkin mengalami gangguan dan bug yang mungkin diperbaiki di versi iOS yang lebih baru. 

Penting untuk selalu memperbarui/update iPhone Anda dengan iOS dan iPad bersama iPadOS versi terbaru. Versi baru iOS dan iPadOS tidak hanya memperbaiki masalah sebelumnya, tetapi juga membuat perangkat Anda lebih aman dan tidak terlalu rentan terhadap eksploitasi keamanan.

Coba Reset iPhone

Ketika semuanya gagal, dan Anda masih melihat layar hitam di aplikasi Kamera iPhone blank hitam, Anda mungkin perlu mencoba mengatur ulang iPhone atau iPad Anda kembali ke pengaturan pabrik. 

Untuk tutorialnya sudah ada, cek: Cara Reset iPhone 13 (walau bukan iPhone 13 tetap bisa, karena langkah-langkahnya sama). 

Jika pengaturan pabrik default tidak berfungsi, langkah selanjutnya adalah menghapus semua data dan mengatur ulang iPhone — mulailah dengan yang bersih, pada dasarnya. 

Namun, ini adalah langkah terakhir dan sebaiknya 
dilakukan ketika semuanya gagal. Jika Anda akhirnya harus menghapus semua data Anda dan mengatur ulang telepon, maka pastikan Anda telah mencadangkan iPhone atau iPad Anda terlebih dahulu.

Memang agak banyak bug iOS 15 yang bikin pengguna merasa kurang nyaman menggunakannya. Termasuk kamera iPhone blank hitam dan tidak bisa digunakan lensanya.