Daftar Isi

3 Cara Cek iPhone Sudah Dual SIM atau Tidak dengan Mudah

Cara Cek iPhone Sudah Dual SIM atau Tidak - Menggunakan dua kartu SIM dengan provider berbeda dalam satu smartphone adalah yang biasa saya lakukan. 

Untungnya sejak 2019 silam Apple sudah menambahkan fitur dual SIM ke iPhone terbaru yang mereka jual saat itu. Hingga kini, banyak model iPhone yang garansi resmi di Indonesia pun sudah mendukung dual SIM card. 

cara cek iphone yang sudah dual sim esim nano

Ada pun jenis Dual SIM pada iPhone terbagi dalam 2 kategori. Yaitu Dual SIM dengan 2 kartu fisik sekaligus dan 1 kartu fisik + 1 eSiM. Maksud e-SIM pada iPhone ialah SIM Card Digital, operator seluler di tanah air yang support eSIM itu Smartfren. 

Cara Cek iPhone Sudah Dual SIM atau Tidak

Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah iPhone sudah dual SIM atau belum, antara lain: 

Cek SIM Tray

Ini merupakan cara termudah untuk mengetahui iPhone yang sudah mendukung dual SIM. Membuka SIM Tray menggunakan alat ejector kemudian periksa, jika ada dua slot maka dipastikan iPhone tersebut bisa menggunakan dua kartu SIM sekaligus. 

Perhstikan juga bahwa kebanyakan iPhone sekarang sudah memakai jenis Nano SIM. Ada tiga jenis ukuran SIM Card yakni Regular + Micro SIM + Nano SIM. Banyak smartphone zaman sekarang menerapkan teknologi Nano SIM. 

Cek Keberadaan Dua IMEI

Lanjut cara cek iPhone sudah dual SIM atau tidak, tanpa harus membuka SIM Tray adalah dengan memeriksa IMEI lewat halaman pengaturan. 

Setiap ponsel yang punya dual SIM itu memiliki 2 nomor IMEI berbeda. Bukan hanya iPhone tapi juga HP Android yang ada dual SIM pun demikian. 

Ada pun untuk cara ceknya pada iPhone adalah dengan masuk ke Settings (Pengaturan) > General (Umum) > About. Baca juga: Apakah Skor 3uTools Bisa Diedit?

Di bagian bawah tulisan "Kunci Operator" terdapat tulisan Jaringan, Operator, IMEI (SIM Depan) ICCID dan MEID. Lalu di bawahnya lagi ada SIM Belakang serta nomor IMEI2, yang menandakan bahwa iPhone imendukung dual SIM. 

Hanya Model iPhone Tertentu

Seperti yang disebutkan tadi bahwa ada model Dual Nano SIM iPhone yang berarti bisa memakai 2 kartu SIM fisik sekaligus. Sayangnya Anda harus membeli iPhone via distributor pihak ketiga. 

Karena iPhone resmi di Indonesia belum mendukung dual SIM fisik, hanya 1 Nano SIM dan satu eSIM. Region iPhone yang support dual SIM Nano itu dari Hong Kong, Macau, China, dan Taiwan. 

Silakan buka Setting > General > About, cek apakah iPhone ada kode negara CH (China), ZP (Hong Kong & Macau), TA (Taiwan). 

Cara Menggunakan Dual SIM iPhone

Seperti smartphone pada umumnya, untuk dual nano SIM cukup pasangkan kartu ke dua slot pada SIM Tray. Sementara buat 1 SIM + 1 eSIM, Anda bisa membeli e-SIM ke galeri Smartfren atau secara online dengan aktivasi memakai scan kode QR Code. 

Daftar iPhone yang Sudah Dual SIM Garansi Resmi

Berikut ini merupakan daftar perangkat iPhone yang sudah bisa dual SIM di Indonesia: 
  1. iPhone XR
  2. iPhone XS 
  3. iPhone XS Max 
  4. iPhone 11
  5. iPhone 11 Pro
  6. iPhone 11 Pro Max
  7. iPhone 12
  8. iPhone 12 mini
  9. iPhone 12 Pro
  10. iPhone 12 Pro Max
  11. iPhone 13 
  12. iPhone 13 mini
  13. iPhone 13 Pro
  14. iPhone 13 Pro Max
Begitulah tiga metode Cara Cek iPhone Sudah Dual SIM atau Tidak.