Daftar Isi

Kenapa Backup WhatsApp Tidak Sampai 100% Macet & Berhenti?

Solusi cara mengatasi pencadangan data WhatsApp berhenti atau stuck (macet), tidak selesai hingga 100%. Mencadangkan data penting dalam aplikasi apa pun itu merupakan rutinutas manusia zaman sekarang.

kenapa whatsapp backup tidak selesai

Di era serba digital, banyak data-data berupa teks, dokumen file, foto, video semua tercantum dalam sebuah aplikasi. Jika kita ingin menyimpannya dan memindahkan ke tempat lain untuk berjaga-jaga, lakukan yamg namanya Backup. 

Tidak terkecuali di WhatsApp, sekarang makin mudah buat backup data dari WA ke memori internal atau kartu SD pada smartphone. Dari ponsel nantinya bisa diunggah lagi ke layanan penyimapanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox dan sejenisnya. 

Tapi apa jadinya jika proses pencadangan WhatsApp berhenti di tengah jalan, macet, tidak mau selesai hingga tuntas 100%? Hal inilah yang dialami oleh rekan kami di ShukanBunshun.com 

Penulis pun mencoba mencari tahu, berinisiatif membantu sekaligus mendokumentasikannya jadi sebuah artikel yang sekarang Anda baca. Kalau-kalau nanti saya juga butuh ya tinggal baca lagi saja. 

Langkah pertama adalah memastikan koneksi internet lancar, tidak harus kencang yang terpenting adalah stabil. Maksud dari stabilnya disini ialah tidak labil misalnya saat ini 1 Mbps beberapa detik kemudian 170 Kbps. 

Dengan internet stabil proses pencadangan data di WhatsApp bakal berjalan lancar dan maksimal. Pastikan juga Anda mengetahui apa saja data yang dicadangkan, semakin besar ukuran file maka makin lama pula prosesnya. 

Biasanya data berupa video dengan durasi panjang atau foto yang jumlahnya banyak itu ketika dicadangkan menjadi bergiga-gigabyte ukurannya. Jaringan data seluler atau WiFi yang digunakan pun berpengaruh. 

Saya pribadi kalau mencadangkan atau backup data yang ukurannya lebih dari 300 MB, mengutamakan pakai WiFi. Selain hemat kuota data juga bisa di-resume atau dilanjutkan (meski tergantung platform dan koneksi WiFinya). 

Langkah kedua, atau faktor berikutnya kenapa pencadangan WhatsApp tidak 100% selesai adalah masalah penyimpanan. Kita kadang tidak sadar bahwa sisa kapasitas memori internal/eksternal di HP sudah menipis. 

Alhasil, misalnya mau backup data 10GB tidak bisa jadi gagal karena internal storage tersisa hanya 3GB. Solusinya ya hapus data lain berupa foto/video/aplikasi, atau bersihkan cache ponsel juga.

Dalam kasus teman saya, ia mengaktifkan backup otomatis bulanan. Jadi tidak sadar bahwa selama ini datanya sudah dicadangkan sendiri oleh sistem WhatsApp ke HP, bukan ke Google Drive. 

Ketika mau backup manual, ia pun terkejut kenapa penyimpanan memori internalnya penuh. Mungkin hal ini pun dialami oleh banyak orang, saran kami kalau mau backup data WhatsApp lakukan secara manual dengan rutin. 

Penting: Perhatikan kompatibilitas ponsel Anda apakah masih mendukung untuk terus menikmati layanan WA atau tidak, kalau Anda menggunakan iOS maka cek: Daftar iPhone yang Tidak Support WhatsApp Lagi.

Dengan demikian kita tahu data apa saja yang ingin dicadangkan, misal hanya foto, jadi video dan dokumen lain tidak usah dicentang/dipilih untuk dibackup di WhatsApp kalian.