Keluhan Pengguna Xiaomi Mi A2 Masalah Kerusakan Ringan

Keluhan Pengguna Xiaomi Mi A2 Masalah Kerusakan dan Error Ringan - Di tengah isu minggat dari Indonesia, Xiaomi justru berbenah dan menepis segala rumor yang mengatakan mereka bakal pulang ke kampung halaman. Ketatnya persaingan industri gadget khususnya pangsa pasar perponselan tanah air membuat beberapa produsen Smartphone kudu memutar otak, ponsel dengan code name Mi A2 serta Mi A2 Lite pun dirilis perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Xiaomi Mi A2 Masalah

Sebelumnya disini bukan membongkar kejelekan apa saja, hanya memperbaiki serta permasalahan dalam ponsel Xiaomi Mi A2 juga bisa dijadikan sebagai solusi pada mereka (pengguna) yang mengalami kejanggalan, error, masalah, kerusakan software ringan hingga berat di HP barunya masing-masing.

Kami merangkum berdasarkan referensi yang dialami lewat sejumlah keluhan pengguna Xiaomi Mi A2 serta sebagian sudah ditemukan solusi cara mengatasinya atau memperbaikinya diulas di artikel ini.

Apa saja keluhan pengguna Xiaomi Mi A2? Beberapa masalah diantaranya meliputi:

1. Force Close Xiaomi Mi A2 Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti.
2. Masalah Kamera dan Video Mi A2 Error Tidak Bisa Dibuka.
3. Bluetooth & Wifi Mi A2 Tak Berfungsi / Tidak Mau Menyala.
4. Mi A2 Tidak Bisa Di-charge / Dicas / Phone Won't Charging.
5. Fingerprint Kurang Responsif.
6. Masalah Mi A2 bagian Touchscreen / layar sentuh
7. Full Display Screen - Sembunyikan menu navigasi.
8. Mengatasi Mobile Data Has Run Out Xiaomi Mi A2

Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti - Notifikasi Force Close

Mungkin pemberitahuan atau warning diatas hampir dialami setiap pengguna ponsel berbasis OS Android dan dapat dengan mudah diperbaiki pakai cara praktis nan simple seperti:
  • Hapus Cache - Data-data sampah dari seluruh aplikasi terutama yang mengalami force close (berhenti paksa) dapat dibuang, dibersihkan.
  • Restart / Reboot - Menyalakan ulang ponsel secara rutin setidaknya seminggu sekali.
Tapi lain lagi di Mi A2 kerusakan tersebut terjadi berulang walau sudah melakukan solusi yang disebutkan tadi. Khususnya aplikasi Parallel Space, saya mendapati notifikasi kurang lebih seperti berikut ini:

"Oops! Twitter just crashed! It may result from some compatibility issues. Please try installing Parallel Space 64bit Support to solve the issues." Keluhan Pengguna MiA2.

Hapus Cache Xiaomi HP

Kesimpulan dari masuknya notif error itu menandakan bahwa terjadi ketidakcocokkan antara entah software dengan hardware atau sebaliknya pada Smartphone Xiaomi Mi A2. Solusi terbaik menunggu update firmware (perangkat lunak) dari Xiaomi.

Error Pada Layar Xiaomi Mi A2 Rusak

Bukan satu-satunya tapi yang paling umum dialami pengguna Mi A2 bagian fisik bahwa layar HP mereka mengalami kerusakan, entah disadari atau tidak penyebabnya dengan gejala berikut:
  1. LCD / Kaca Layar Bergaris Tidak Wajar
  2. Screen Flickering Mi A2
  3. Kedap-kedip Hitam Nyala Mati LCD.
Jika tidak ingin atau belum sempat pergi ke tempat servis silakan coba beberapa solusi cara mengatasi kerusakan Mi A2 bagian layar berikut:

1. Apabila LCD mengalami kedap-kedip upayakan masuk ke dalam Safe Mode dengan melakukan restart / reboot ponsel, ini berfungsi untuk menonaktifkan seluruh aplikasi pihak ketiga yang diinstal demi mencari masalah menyebabkan layar jadi rusak.

Sedangkan Screen Flickering terjadi pada banyak HP Android bukan cuma Xiaomi Mi A2 tapi juga Samsung Galaxy J7 Prime, Infinix Zero 4, Asus Zenfone 3, LG K10, Lenovo Z5, sampai Huawei Nova 3i.

Umumnya, penyebab HP kena masalah Screen Flickering akibat ketidakcocokkan antara Software terbaru hasil update dengan Hardware GPU pada OS Android. Kerusakan dirasakan ketika mencoba search aplikasi pakai App-Drawer.

Pengguna akan mendapatkan notifikasi berikut: "Unfortunately, (nama aplikasi / software) Has Stopped."

Sementara itu solusi cara memperbaiki masalah Screen Flickering Xiaomi Mi A2 sebagai berikut:
  1. Masuk ke Pengaturan / Setting > Pilih Tentang Ponsel / About Phone
  2. Cari tulisan "Build Number" lalu tap 6 kali dengan cepat pada menu tersebut
  3. Anda akan dapat pemberitahuan "You are now developer / Kamu sekarang adalah pengembang."
  4. Balik ke halaman depan (Homescreen), kembali lagi ke menu Setting > scroll ke bawah dan cari "Developer Options" pada "About Phone".
  5. Bagian "Drawing atau Rendering" pilih "Disable / Turn Off Hardware Overlays".
Cara alternatif mengatasi Screen Flickering HP Mi A2 dengan menonaktifkan Auto Brightness tutorialnya:

1. Masuk ke Setting / Pengaturan > Display / Tampilan Layar > Brightness / Kecerahan.
2. Uncheck atau hilangkan tanda centang pada "Automatic Adaptive Brightness". Selesai.

Masalah Bluetooth dan WiFi Tidak Berfungsi di Xiaomi Mi A2

Koneksi internet merupakan salah satu faktor penting pada Smartphone. Sementara ponsel keluhan pengguna Mi A2 jaringan WiFi kerap mengalami crash juga sinyal jelek walau jarak Wi-Fi dengam perangkat hanya 500 cm.

Solusi mengatasinya dengan menonaktifkan fitur Smart Network Switch, yang biasanya dipakai otomatis mengalihkan jaringan internet dari data seluler ke WiFi atau sebaliknya dan bisa menyebabkan ketidakstabilan koneksi pada ponsel.

Pengalihan jaringan otomatis juga dapat membuat sinyal WiFi melemah tidak stabil, dengan nonaktifkan akan memfokuskan ponsel fokus mengelola satu koneksi tanpa berpindah-pindah lagi.
  • Nyalakan WiFi, masuk ke Pengaturan Wi-Fi Xiaomi Mi A2
  • Pada Koneksi / Connections pilih WiFi
  • Tap Menu dengan logo tiga titik di pojok kanan atas
  • Dalam opsi Smart Network Switch nonaktifkan. 
Kalau terpaksa harus flashing, silakan baca Cara Flash Xiaomi Mi A2.

Video dan Foto di Kamera Error

Satu masalah pada software kamera smartphone Xiaomi Mi A2 yakni adanya notifikasi mengenai fitur yang error sehingga ketika muncul aksesnya tidak dapat digunakan, kurang lebih tulisan seperti ini:

"Error Multi-display in use Camera will not display video Xiaomi Mi A2."

Nah cara memperbaiki dengan menghapus data aplikasi kamera bawaan melalui menu setting. Clear Data hanya akan menghilangkan sampah berkas pada sistem camera. Mayoritas pengguna mengalaminya dan berhasil mengatasi error tersebut.

Keluhan Pengguna Xiaomi Mi A2 Lite

Masalah Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Pernah mendapatkan pemberitahuan di layar HP seperti ini: "Unfortunately the process of this App (Google Play Services has stopped working." istilah aplikasi not responding kebanyakan dialami oleh ponsel Android Lollipop kebawah, tapi kenapa hal ini juga terjadi pada masalah Mi A2 yang notabenenya berbasis OS Oreo terbaru? Entahlah, biasanya setelah update firmware.

Sensor Fingerprint Gampang Rusak?

Pengguna dengan akun Nersingh dalam kolom komentar / opini diambil dari GSMarena mengeluhkan adanya masalah Mi A2 terkait responsivitas Fingerprint tidak berfungsi sebagaimana mestinya walau sudah melakukan segala upaya demi mengatasi hal ini.

Perlu diketahui memang sensor sidik jari pada ponsel Xiaomi Mi A2 jenis atau tipe rear-mounted, artinya Fingerprint berada bagian belakang bodi Smartphone maka untuk menggunakannya paling sering pengguna pakai jari telunjuk.

Terkait kurang responsifnya Fingerprint ada kemungkinan terlalu sering jari kotor, berminyak dan sejenisnya. Bukan menyalahkan jari tanganmu, tapi itulah faktor terbesar dari problema sensor sidik jari di belakang (back-cover).

Kalau mendadak atau tiba-tiba error tak berfungsi bukan karena minyak / air sejenisnya, sebaiknya jangan gegabah dan menunggu update firmware terbaru digelontorkan Xiaomi.

Baca juga HP Xiaomi yang dapat update Android Pie terbaru.

Baterai & Charging

Berikutnya masalah Mi A2 keluhan pengguna mengenai baterai cepat panas, boros, tidak awet. Khususnya ketika GPS dinyalakan, seorang pemilik akun Facebook bernama Wijay Purnomo di grup mengeluhkan kondisi batre ponselnya mudah habis.

"Saya naik motor, buat cari jalan dinyalakan GPS selama perjalanan 10 menitan kurang lebih. Baterai tadinya 97% langsung drain (drop) ke angka 78%." tulisnya.

Belum diketahui penyebab utama. Namun jika kita melihat kembali bahwa Xiaomi Mi A2 dibekali baterai berkapasitas hanya 3000 mAh, posisi agan Wijay saat itu mengendarai sepeda motor dengan GPS menyala selama 10 menit non-stop.

Namun bagi saya berkurang 19% merupakan hal wajar. Kenapa? Sebab software GPS dalam ponsel Mi A2 masih belum didukung fitur teknologi GLONASS / BDS versi terbaru, artinya bakal memakan atau menguras daya baterai cukup banyak karwna kurangnya efisiensi.

Sedangkan jika baterai tidak bisa mengisi ulang (tak dapat dicas), cek kembali kondisinya lewat kode rahasia melalui dial *#*#4636#*#* kemudian pilih Informasi Baterai lalu pantau statusnya apakah tulisannya Baik / Good.

Jika baik, mungkin masalah Mi A2 ada di adaptor charger. Kepala casannya ganti namun harus tetap original, ada juga problem fitur Fast Charging Mi A2 tidak berfungsi.

Sebagaimana kita ketahui Xiaomi Mi A2 punya dukungan Qualcomm Quick Charge 3.0, apabila Anda melihat review lokal maupun ulasan YouTuber luar negeri rata-rata mengisi ulang baterai 10% hingga penuh 100% Full membutuhkan waktu 90-100 menitan. Terlebih kapasitasnya hanya 3000 mili-ampere.

Kalau Anda merasa Fast Charging tidak bekerja semestinya, solusi pertama jangan menonaktifkan ponsel saat keadaan mengisi ulang batre. Ada kaitannya? Tentu, beberapa jenis baterai atau Quick Charge tak berjalan jika HP posisinya nonaktif lalu dicas.

Masalah Mi A2 Touchscreen

Tampaknya ini merupakan salah satu masalah paling sering terjadi di HP Xiaomi Mi A2, yaitu layar sentuh atau Touchscreen lompat-lompat terutama saat buat main game PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends, permainan berat lainnya. Ketika diperiksa lewat aplikasi penguji Multitouch test pun demikian adanya bukan Tempered Glass yang jadi penyebab.

Nah, harus dipahami bahwa error touchscreen ini terjadi tidak karena cacat produk serta bukan cuma di Mi A2 tapi ponsel berbasis Android Pie Stock murni lainnya. Bug program internal tersebut bisa diperbaiki namun harus menunggu kebijakan Google menggelontorkan update, barulah Xiaomi berhak memberikan konfirmasi pembaharuan software / firmware. Sayangnya beberapa pengguna tetap gagal dan membawa Smartphone-nya ke Service Center buat diperbaiki.

Menyembunyikan Menu Navigasi Mi A2 - Hide Navbar

Navigation Bar (Menu Navigasi) terdiri atas tombol back, home dan recent apps. Pada ponsel Xiaomi Mi A2 menu navbar berada dalam layar, sebagian orang merasa terganggu mungkin karena tidak terbiasa menggunakannya hanya ingin full screen display.

Untuk menghilangkan navbar Mi A2 cukup Hide Menu Navigasi, baik pakai cara root atau tanpa rooting ponsel memanfaatkan software berbentuk aplikasi dengan nama XDA Hide Navigation Gesture bisa Anda dapatkan gratis lewat Play Store atau Google Search.

Memperbaiki Mobile Data Has Run Out Mi A2 

Nah kalau masalah ini tahun lalu juga heboh menghampiri pengguna Mi A1, gejala atau ciri-ciri error berupa terdapat notifikasi bahwa mobile data alias jaringan seluler ponsel tidak berfungsi semestinya. "Mobile Data Has Run Out", diikuti dengan perintah pengalihan ke website masing-masing Carrier (operator seluler).

Mobile Data Has Run Out Mi A2 Xiaomi.jpg

Pada Mi A1 kemarin, permasalahan tersebut berasal dari kesalahan atau bug Android Oreo murni. Kini rupanya Google masih punya pekerjaan rumah karena beberapa pengguna berkeluh kesah terkait kendala serupa di ponsel Mi A2.

Apabila Anda mengalami hal tersebut sebaiknya jangan langsung panik. Bisa menerapkan beberapa cara awal sembari menunggu update firmware terbaru dari Xiaomi atau Google. Solusi perdana hapus cache, nonaktifkan data seluler, matikan ponsel lalu silakan cabut SIM card diamkan selama 5-10 menit silakan pasang dan nyalakan kembali.

Xiaomi Mi A2 punya predikat ponsel High-end yang disebut worth it, recommended, atau layak dibeli di harganya. Tidak lain karena spesifikasi jeroan dalamnya cukup gahar buat Smartphone 3-4 jutaan rupiah.

Smartphone bernama lain Mi 6X serta berbahan bodi aluminium dan kaca di depan ini punya lebar layar 5,99 inci resolusi 1080 x 2160 piksel jenis panel IPS LCD dengan aspek rasio 18:9 sehingga tetap compact saat berada dalam genggaman tangan, sudah bisa multitouch juga terlebih kerapatan densitasnya mencapai 403 ppi.

Berbeda dengan Mi A2 Lite, untuk edisi Mi A2 tidak dilengkapi slot kartu memori eksternal Micro SD Card karena memang internal storage mereka sudah cukup besar yakni 64GB dan 128GB ROM mungkin sebagian pengguna merasa kecewa tidak bisa menambah kapasitas penyimpanan, hanya saja dual nano-SIM standby dapat diaktifkan.

Walau masih pakai OS Oreo, tetapi karena Xiaomi Mi A2 masuk dalam proyek Android One bekerja sama dengan Google, maka jaminan dapat Update Android Pie itu mutlak sebagaimana ponsel generasi sebelumnya alias Mi A1. Bahkan, mereka menjanjikan upgrade sistem hingga Android Q itulah salah satu keunggulan Smartphone ini.

Demikian kurang lebih Keluhan Pengguna Xiaomi Mi A2 Masalah Kerusakan Ringan dan error serta cara memperbaiki / mengatasinya dengan praktis.
Keluhan Pengguna Xiaomi Mi A2 Masalah Kerusakan Ringan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shiroma Midun