Solusi Mengatasi Masalah YouTube Stories Error Gagal Upload

Solusi Cara Mengatasi YouTube Stories Gagal Upload - Tren video story memang lagi digandrungi lintas platform, setelah versi original di Snapchat kemudian diikuti Instagram, Facebook dan WhatsApp kini giliran situs YouTube juga ikut-ikutan pakai Stories usai melakukan perilisan fitur Incognito Mode beberapa waktu lalu.

YouTube Stories Masalah Error.jpg

Asal usul YouTube Stories awalnya memiliki nama sendiri yakni Reels, menurut Google selaku pengelola situs berbagi video itu niatnya agar berbeda dari yang lain.

Sayangnya, Google mengumumkan mereka tidak akan menggunakan nama "Reels" dan tetap memakai "Stories" yang kini mulai resmi disebarkan kepada pengguna secara bertahap usai menjalani tes uji coba beberapa kali.

Tahun lalu sebenarnya Reels alias Stories telah diluncurkan dalam versi Beta hanya bisa dinikmati kanal berpelanggan minimal 10,000 orang. Anda bisa menemui channel yang langganan sudah bisa mengunggah video Stories di tab Subscription.

Di bagian atas layar pada aplikasi YouTube, formatnya serupa seperti pada Instagram / Insta Stories. Hanya saja di YouTube lebih mirip ke versi orisinilnya seperti milik Snapchat.

Lingkaran berwarna merah mengelilingi avatar atau foto profil pada channel akun yang mengunggah YouTube Stories, warna tersebut diambil dari ciri khas branding situs berbagi video tersebut.

Awalnya pengguna tidak bisa mengirim komentar Stories YouTube, bukan karena pemilik menonaktifkan fiturnya tetapi memang belum tersedia menyeluruh namun kemungkinan bakal ada perubahan ke depannya.

Tapi yang mesti dipahami pengguna tidak dapat memonetisasi Adsense pada setiap video YouTube Stories.

Panduan Cara Menggunakan YouTube Stories Upload

  1. Masuk ke YouTube usahakan sudah dalam keadaan login.
  2. Klik logo atau ikon video di sisi kanan atas.
  3. Tap tulisan "Story", opsi akan muncul otomatis.
  4. Pilih video yang ingin diunggah, atau rekam langsung lewat Kamera Smartphone.
Kenapa tidak bisa memunculkan tombol Stories di aplikasi YouTube? Belum sepenuhnya disebar mungkin, untuk menikmatinya tidak perlu update ke versi terbaru.

Masalah YouTube Stories Gagal Upload / Error

Masalahnya, kadang ada saja hambatan ketika akan mengunggah YT Stories seperti error gagal upload berujung cuma tampil notifikasi alias pemberitahuan bahwa video tidak bisa dikirim.

Sejumlah kemungkinan jadi penyebab masalah mengapa tidak bisa mengirim atau mengupload video YouTube Stories seperti misalnya:
  • Jaringan: Perbaiki koneksi internet kalau tidak cepat minimal stabil.
  • Ketersediaan Ruang: Storage cukup penting bagi aplikasi sekelas YouTube yang memakan banyak memori internal serta RAM.
  • Sampah: Maksudnya "Cache", rutin menghapus dan membersihkan data cache tidak berdampak buruk apapun pada ponsel justru bagus karena memberikan ruang memori bagi sistem. 
Panduan YouTube Stories YT Menggunakan.jpg

Sinyal mempengaruhi koneksi data internet, jadi semakin lambat dan kurang stabil maka makin besar terjadinya kegagalan unggah Stories maupun video di kanal.

Cobalah berpindah tempat setidaknya 50 meter dari posisi Anda saat itu. Pengalaman pribadi admin, berbeda lokasi jaraknya walau hanya 70-100 meter saja dapat merasakan perbedaan sinyal serta kecepatan koneksi internet.

Storage Space atau ketersediaan ruang memori internal maupun eksternal pada ponsel akan berpengaruh pada kinerja berbagai aplikasi yang terpasang di Smartphone Anda.

Apalagi YouTube ini jadi salah satu aplikasi terberat di Android, selain membutuhkan ruang Internal Storage yang cukup juga memori RAM setidaknya 250MB kosong / tersedia.

Faktanya apabila memori RAM Anda sisa dibawah 250MB dan Internal Storage kurang dari 1GB, maka YouTube akan terus menampilkan notifikasi error baik saat mengunggah video, menonton, atau mengupload Stories. Masalah klasik pada ponsel Android memang seperti ini.

YouTube Stories Tidak Bisa Dibuka / Gelap Blank

Beberapa pengguna melaporkan permasalahan YouTube Stories tidak bisa dibuka ketika di-tap hanya layar hitam tak menampilkan gambar atau video apapun, masalah ini mirip seperti di IG Story Snapgram seringkali dialami user namun hal tersebut dianggap wajar.

Sejumlah faktor dianggap jadi penyebab biang keladi YT Stories error.
  1. Beberapa diantaranya meliputi namun tidak terbatas pada:
  2. Jaringan / Koneksi internet kurang stabil.
  3. Aplikasi YouTube maintenance internal.
  4. Belum memperbaharui ke versi anyar.
  5. Bug pada ponsel atau akun kanal milik pengguna.
Karena poin diatas hanya dugaan sementara mungkin saja terdapat aspek lain yang mempengaruhi buruknya kinerja YouTube Stories masalah error hingga tidak bisa dibuka cuma layar hitam tampilannya.

Memperbaiki masalah YouTube Stories error bisa coba gunakan pertolongan pertama yakni memindahkan jaringan (Switch Connection) dari WiFi ke Data Seluler atau sebaliknya tergantung Anda menggunakan koneksi apa ketika persoalan tersebut dialami.

Menyimpan YouTube Stories Channel Orang Lain

Apakah bisa dan bagaimana cara menyimpan YouTube Stories orang lain? Bagi pengguna Android jika ponsel Anda menggunakan OS Marshmallow ke bawah maka langsung bisa dikonversi melalui file folder cache aplikasi YouTube untuk kemudian video diubah formatnya hingga masuk galeri Smartphone.