Cara Penarikan Saldo Buka DANA Bukalapak ke Rekening Bank

Tepat setahun dibekukannya sejumlah platform simpan uang elektronik seperti PayTren, ShopeePay, TokoSwipe hingga Bukadompet. Secara keseluruhan masih belum ada kejelasan terkait perizinan Bank Indonesia kepada beberapa layanan dompet digital tersebut.

Sejak itu juga ada sejumlah platform menggandeng pihak ketiga sebagai partner. Sebut saja Grab dengan OVO dan terbaru adalah Bukalapak dengan DANA bernama BUKA DANA.

Bukalapak Buka Dana

Buka Dana merupakan layanan uang elektronik (e-Money) sekaligus metode pembayaran terbaru yang dihasilkan atas kerja sama antara Bukalapak dengan DANA. Pengguna dapat menjadikan fitur Buka DANA sebagai tempat menampung uang mau pun metode pembayaran instan.

Untuk transaksi yang batal, pengembalian uang di Bukalapak dulu akan tersimpan di layanan Bukadompet (Refund system). Nah, kali ini jika gagal atau batal maka saldo masuk otomatis ke fitur Buka DANA.

Seluruh pengguna Bukalapak sudah dapat menikmati fitur Buka DANA per awal Agustus 2018 kemarin. Ada pun benefit yang didapatkan jika menggunakan layanan tersebut antara lain:
  • Cepat serta memudahkan transaksi tanpa harus menunggu verifikasi manual, instant-verif. 
  • Keamanan terjamin, kalau sudah punya akun DANA bisa dihubungkan langsung ke Bukalapak. 
  • Pengguna dapat mengisi ulang saldo (top-up). 
Namun mungkin banyak dari Anda yang enggan berlama-lama menyimpan saldo Buka DANA dan ingin segera mencairkan uang ke rekening pribadi melalui masing-masing bank.

Cara Penarikan Saldo Buka DANA ke Rekening Bank dari Bukalapak

PC - Desktop / Komputer
  1. Masuk ke Akun Bukalapak Anda
  2. Klik pada ikon atau foto profil akun dan klik nama akun
  3. Pilih opsi Buka DANA
  4. Lalu klik menu "Lainnya", klik lagi "Cairkan Dana"
  5. Masukkan nominal uang yang ingin ditarik, dan nomor rekening tujuan untuk pencairan saldo
  6. Anda akan diminta memasukkan kata sandi / password akun Bukalapak
  7. Kemudian klik Cairkan. 
Penarikan Buka Dana Saldo Bukalapak_3

Mobile - Aplikasi Android / iOS
  1. Setelah login ke akun Bukalapak pilih menu Akun.
  2. Akan muncul menu informasi Buka DANA, tap Detail.
  3. Di bawah tombol 'Tambah' ada opsi 'Cairkan' silakan sentuh.
  4. Kemudian Anda disuruh masukkan rekening tujuan, nominal saldo yang ingin dilakukan penarikan serta menginput kata sandi.
  5. Periksa lagi jangan sampai ada yang salah, jika sudah klik 'Cairkan'.
Berapa lama proses penarikan saldo Buka DANA ke rekening pribadi? Menurut Bukalapak, untuk pencairan melalui bank BCA, BRI, BNI, dan Mandiri hanya memakan waktu 1x24 jam sementara selain keempat layanan bank tersebut bisa membutuhkan 2 sampai 3 hari.

Syarat dan Ketentuan Menarik Uang Buka DANA:

  • Setiap akun hanya bisa melakukan penarikan saldo satu kali dalam 24 jam. Jadi pastikan tidak salah menentukan nominal.
  • Penarikan selain bank BCA, BNI, BRI, BNI Syariah dan Mandiri mungkin dikenakan biaya administrasi Rp 6,500. Ada kata 'mungkin' karena saya sendiri belum pernah mencoba selain diantara keempat bank tersebut.
  • Minimal jumlah uang yang bisa ditarik adalah Rp 20,000.
Apakah bisa mencairkan saldo Buka DANA jika tidak punya rekening bank pribadi? Jawabannya, Bisa. Pakai rekening keluarga, kerabat, saudara, teman terdekat yang bisa dipercaya asal bukan kirim ke mantan.

Hope this help.