Daftar Harga iPhone yang Ada Fitur Fast Charging Terbaru

Daftar Harga iPhone yang Ada Fitur Fast Charging - Semenjak iPhone diluncurkan hingga kini sudah hampir masuk generasi ke-10 iPhone XR, XS Max series, bisa dibilang baru sedikit sekali perangkat Apple yang menggunakan teknologi pengisian ulang daya baterai cepat (fitur Fast Charging) bahkan untuk MacBook, iPod Touch dan iPad sekalipun.

Terlepas dari apapun faktornya entah itu karena kapasitas baterai yang kecil sehingga tidak membutuhkan Quick Charge atau memang belum ada kesepakatan antara Qualcomm dan Apple, keberadaan teknologi Fast Charging di iPhone sangat penting zaman sekarang.

iPhone yang Bisa Fast Charging_8

Padahal, mayoritas ponsel entry-level Android OS harga sejutaan saja sudah banyak yang menggunakannya. Tentu Apple tidak akan tinggal diam atau mereka bakal terus diejek pengguna Android, kapasitas baterai iPhone sampai artikel ini terbit belum ada yang diatas 3000 mAh.

Untuk perangkat telepon seluler yang harga banderol awal selalu belasan juta rupiah. Mungkin memang sudah seharusnya Fast Charging jadi fitur standar perangkat Apple bahkan bukan cuma iPhone tapi juga iPod Touch, iPad dan MacBook.

Setelah beberapa waktu lalu Apple meluncurkan iPhone XR, iPhone XS dan XS Max apakah semuanya berubah signifikan secara mendadak? Bisa jadi, kita lupakan iPhone generasi 8 ke-bawah karena 100% dipastikan perangkat-perangkat Smartphone itu tidak mendukung fitur Fast Charging baik secara hardware mau punya software antara lain:
  1. iPhone 3G 
  2. iPhone 4 / 4s 
  3. iPhone 5 / 5c / 5s 
  4. iPhone SE 
  5. iPhone 6 / 6 Plus / 6s / 6s Plus 
  6. iPhone 7 / 7 Plus 
  7. iPhone 8 / 8 Plus 
Bahkan iPhone X sekali pun belum ada Quick Charge, jangan salah kaprah mengenai perbedaan Wireless Charging dan Fast Charging. Bisa Wireless belum tentu Fast, dan sebaliknya. Kalau mau bisa dua-duanya, beli Samsung Galaxy Note9 saja.

Meriahnya peluncuran iPhone XR dan XS Max Series tidak lepas dari inovasi Apple yang menerapkan sistem teknologi e-SIM sebuah chip tanam untuk SIM kedua pada iDevice seharga belasan juta rupiah itu.

Daftar iPhone yang Sudah Mendukung Fast Charging per Oktober 2018: 
  1. iPhone XR 
  2. iPhone XS 
  3. iPhone XS Max 
Apple Fast Charging MacBook iPhone iPad_7

Namun sangat disayangkan untuk menikmati Fast Charging saat ini kamu harus membeli adaptor tambahan karena Apple tidak memberikannya langsung di dalam kotak pembelian. Hal ini juga membuat pengguna merasa kecewa sebab mereka membayar hingga seribu dolar AS.

Kemungkinan ke depannya akan lebih banyak. Karena misi Apple "ingin iPhone dimiliki semua orang", dari waktu ke-waktu mereka mencoba memproduksi perangkat iPhone harga terjangkau tanpa mengurangi kualitas hasil riset dan pengembangannya.

Karena yang membuat iPhone mahal adalah iOS yang sifatnya eksklusif, jika dianalogikan kalau kamu beli iPhone otomatis juga beli iOS ya mirip-mirip laptop bundling Windows OS. Sementara Android itu gratis dari Google dan bersifat Open Source bisa dipakai produsen ponsel mana pun.

Tiga iPhone yang dirilis 2018 tersebut sudah memiliki fitur Fast Charging bikinan Qualcomm. Walau dari segi harga ketiganya memang terpaut cukup jauh, tapi teknologi Quick Charge-nya serupa.

Nikmati pengisian ulang daya baterai dari 5% hingga 60% hanya dalam waktu 40 menit. Baca juga: Cara Ganti Baterai iPhone XR / XS Max.

Kenapa iPhone 8 ke-bawah tidak ada Fast Charging? Kalau itu sih jawaban langsungnya mungkin Apple yang tahu, secara umum teknologi Quick Charge harus ada tidak hanya pada adapter charger (Hardware) dan piranti lunak pada perangkat (Software).

Jadi misalnya kamu pakai iPhone XR terus ngecas pakai kepala / adaptor chargeran Xiaomi Pocophone F1 yang sudah mendukung Fast Charging versi 3.0 maka tetap saja Quick Charge tidak bekerja sebagaimana mestinya.