Review HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Dimana Peningkatannya?

Belum lama beberapa waktu yang lalu saya menjajal Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Mi A2 Android One terbaru dari vendor asal Tiongkok tersebut dan cukup memuaskan. Kali ini saya kebagian mencoba Smartphone dari merk yang sama namun beda seri, yakni Redmi Note 6 Pro.

Xiaomi Redmi Note 6 dijual dengan harga hampir sama dari seri sebelumnya, Redmi Note 5 di Beijing yakni berkisar Rp 3 juta versi paling rendah. Belum dapat dipastikan berapa penjual di Indonesia akan menjual ponsel tersebut mengingat berdasarkan rekam jejak, permintaan pasar yang tinggi akan membuat harga HP jadi ikut melonjak apalagi disaat barangnya langka.

Sedangkan unit yang saya beli ini bukan bergaransi resmi melainkan rilisan Tiongkok lewat e-Commerce luar, harganya Rp 2,9 jutaan saya dapat varian 4GB / 64GB.

Redmi Note 6 Pro Review Indonesia

Baca juga: Pengalaman dan Cara Belanja di Banggood / Gearbest.

Ponsel ini dirilis menggunakan layar IPS LCD (nggak pakai LTPS), dengan ukuran 6,3 inci, baterai 4000 mAh, varian RAM 3GB / 4GB / 6GB dan pilihan ROM 32GB / 64GB serta Chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang ditemani Android Oreo 8.1 kustomisasi MIUI 10.

Sepintas agak kecewa, karena tidak ada peningkatan dari Redmi Note 5 Pro dari segi spesifikasi jeroannya. Mungkin perbedaan hanya ada ukuran layar yang kali ini lebih besar dan tersematnya poni di bagian atas layar. Tapi setelah saya coba dalam beberapa hari saja, ya lumayan dalam hal berswafoto kamera Redmi Note 6 Pro ini ternyata cukup menjanjikan.

Kalau kamera Redmi Note 5 saja sudah terlalu bagus daripada pesaingnya saat rilis beberapa bulan lalu, saya ragu Xiaomi bakal meneruskan tren positif tersebut tapi mereka benar-benar melakukannya. Benar saja, karena Xiaomi sendiri akhirnya ikut memberikan tagline "Hape Selfie" di produknya. Jadi fokus peningkatan Redmi Note 6 Pro kali ini kemungkinan besar hanya di sektor kamera.

Review Pengalaman Pakai HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Dengan dirilisnya Redmi Note 6 Pro, saya tidak berpikir bahwa penjualan Xiaomi Redmi Note 5 series akan anjlok. Sebab ketika kedua ponsel tersebut telah beredar di pasaran, kemungkinan harga Reno 5 akan turun ya walau nggak terpaut terlalu jauh.

Kotak Xiaomi Redmi Note 6 Pro Unboxing_6

Daya Tahan Baterai HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro 

Tidak bisa dipungkiri bahwa Xiaomi gemar sekali menempatkan baterai berkapasitas jumbo hampir di seluruh ponsel yang mereka rilis mulai dari entry-level, hingga flagship. Anda akan sulit cari HP Xiaomi yang kapasitas batrenya dibawah 3000 mAh.

Nah, Redmi Note 6 Pro kebagian 4000 mAh. Dengan Screen on Time selama 8.5 jam (pemakaian intens saya pribadi) sudah cukup untuk melupakan powerbank kalau lagi keluar rumah.

Baca: Daftar HP Xiaomi yang Kebagian Update Android Pie

Saya tidak pernah mengisi ulang Smartphone ini lebih dari 2.5 jam. Sebab sudah difasilitasi oleh fitur Fast Charging meski saya belum tahu versi Quick Charge berapa yang disematkan oleh Xiaomi, dalam 50 menit saja sudah dapat 65% dari yang awalnya 5%.

Baterai akan terasa boros, cepat panas menjalar ke bodi belakang ketika menyalakan GPS, Bluetooth, dan Wifi sekaligus dalam waktu bersamaan. Tidak seirit menggunakan koneksi data seluler biasa.

Rumor HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro Cepat Rusak dan Kerusakan Lain 

Ada banyaknya komplain di forum MIUI, juga tak sedikit pengguna mengeluhkan kendala yang terjadi pada ponsel Redmi Note 6 Pro mereka.

Beberapa kendala yang mereka alami tersebut diantaranya:
  1. Overheating, baterai panas walau dipakai normal. 
  2. Overheat lain semacam batre panas mendadak saat dalam keadaan pengisian ulang (charging). 
  3. Layar bergaris putih dan cara menghilangkan harus di-reboot baru hilang itu garisnya. 
  4. Speaker yang kerap rusak yakni berupa suara tak karuan kadang normal kembali kalau volume diturunkan ke yang terkecil. Jika ingin suara speaker jelas, volume harus maksimal rata kanan.
  5. Touchscreen tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 
Tapi sampai saat ini belum bisa dipastikan apakah error, kendala dan atau kerusakan HP Redmi Note 6 Pro tersebut adalah benar-benar hanya bug. Karena tidak ada klarifikasi resmi dari Xiaomi.

Sejauh ini saya pakai Redmi Note 6 Pro tanpa kendala yang disebutkan diatas tadi kecuali memang speaker bila dikeraskan (volume-up) maka bakal terdengar berbeda suaranya seperti HP Nexian dan Cross jaman dulu.

Hasil Kamera Redmi Note 6 Pro Foto Xiaomi_8

Hardware 

Menghadirkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang diotaki chipset Snapdragon 636 Octa-core dikenal menyeimbangkan efisiensi daya tahan baterai serta stabilisasi performa, rasanya cukup buat saya pribadi. Mengingat harganya juga hampir sama saat perilisan Redmi Note 5.

Dengan GPU Adreno 509, total skor Antutu Benchmark Xiaomi Redmi Note 6 Pro menembus angka 124 ribuan. Tentunya jumlah tersebut bisa dibilang wajar tidak jauh beda dengan Redmi Note 5 yang nangkring di angka 116 ribu.

Untuk bermain game berat seperti Nova 3, PUBG Mobile, Ashpalt, Need For Speed semua dapat dijalankan di HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro tanpa adanya lagging atau kendala lain.

Memori Internal & RAM 

Sayangnya, dalam hal slot SIM tidak ada peningkatan sama sekali. Xiaomi masih mengadopsi sistem Hybrid yang mana harus merelakan slot SIM 2 jika ingin menggunakan kartu MicroSD.

Simak: Cara Blokir Nomor Telepon Orang Lain di HP Xiaomi

Total RAM di Xiaomi Redmi Note 6 Pro bervariasi ada yang 3GB, 4GB hingga 6GB, sementara varian ROM cuma dua pilihan antara 32GB serta 64GB. Dengan sekitar 600 MB pemakaian sistem pada RAM. Kapasitas tersebut jelas tidak ada perbedaan, saya dari tadi membandingkan ponsel ini sama pendahulunya karena dalam segi harga tidak jauh berbeda. Mungkin akan menentukan pilihan Anda di akhir.

Kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro 

Ini adalah salah satu keunggulan HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro, hasil foto di kamera ponsel ini cukup bagus, fiturnya juga lumayan lengkap.

Dual kamera dengan lensa aperture pertama F/1.9 beresolusi 12 MP dan yang kedua F/2.0 resolusi 5MP seolah saling melengapi dalam menghasilkan gambar yang bagus. Software kamera difasilitasi fitur stabilisasi seperti OIS 4-axis, 2x Optical Zoom, Dual LED tone flash, HDR, Depth Sensor alias efek bokeh serta Face detection.

Dalam kondisi Lowlight, hasilnya menurut saya pribadi sudah bagus. Saya menaruh ekspektasi besar karena melihat fitur kameranya yang lumayan oke.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro Masalah Umum_7

Sementara di kamera depan Xiaomi menempatkan tagline "Selfie Camera" itulah kenapa ada dua lensa beresolusi masing-masing 20 MP + 5 MP dengan HDR. Semakin meyakinkan dugaan saya bahwa ponsel ini memfokuskan sektor kamera.

Fitur Lainnya di HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro 

Ada sejumlah fitur tambahan yang sekiranya menurut saya penting di Smartphone ini antara lain berupa fast charging, sensor gyroscope, fingerprint di depan, bluetooth versi 5.0 dan sudah menggunakan port USB Type-C.

User Interface (UI) - Kalau bulan lalu Xiaomi rilis Mi A2 dengan interface murni Android Stock UI. Redmi Note 6 Pro memakai Android Oreo 8.1 berbasis MIUI 10 dan bakal dapat update sistem hingga beberapa tahun ke depan.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 6 Indonesia 

Jaringan
KoneksiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIM Dual Stand-by, Nano SIM
Sinyal5G ready / 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 41.1/4.39 Mbps
GPRSYa
EDGEAda
4GLTE-A
Platform
SistemAndroid 8.1 Oreo - Kustomisasi MIUI 10
CPU / ProsesorOcta-core 1.8 GHz Kryo 260
ChipsetQualcomm SDM636 Snapdragon 636
GPUAdreno 509
Bodi
Dimensi159.1 x 75.8 x 7.6 mm (6.18 x 3.10 x 0.37 in)
Berat160 gram
SertifikasiTidak
WarnaBiru, Emas, Rose Gold, Merah
Layar
JenisS-IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna
Ukuran6,28 inci
Resolusi1080 x 2280 piksel (Full HD+)
Rasio19:9
MultitouchYa
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
SensorFingerprint Belakang, Accelerometer, Gyroscope, Proximity, Kompas
Memori
EksternalBisa, hingga 256GB
JenisHybrid, Pakai Slot SIM 2
Internal32GB / 64GB Storage
RAM3GB / 4GB / 6GB
Kamera
BelakangDual 12 MP F/1.9 + 5 MP f/2.0, autofocus, Quad-LED flash
FiturPDAF, Geo-tagging, touch focus, panorama, true depth sensor
Video2160p@30fps, HDR
DepanKamera Selfie 20 MP + 5 MP f/2.0
Multimedia
MusikYa
RadioBelum Jelas
GamesTentu saja
NFCNggak Ada
BrowserHTML5 Google Chrome
PenandaMP3, WAV ringtones
Loudspeaker - StereoTentu Saja
3.5mm jack audioTidak Tersedia
AudioNormal
Baterai dan Power
JenisLi-Po Non-Removable / Tidak Bisa Dilepas
Kapasitas4000 mAh
Talk time 3G17 Jam
Fast ChargingYa, Quick Charge 2.0
USBJenis Micro USB 2.0
Perilisan
DiluncurkanSeptember 2018 (Tiongkok)
Harga
Harga BaruRp 3 Jutaan (4/64)
Harga BekasRp 2.8 Juta (2018)

Kelebihan HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro 

Jika bicara kelebihan atau keunggulan yang ada di HP Redmi Note 6 Pro ini beberapa aspek berikut versi saya:
  • Hasil kamera bagus seperti ponsel 10 jutaan, cocok buat foto-foto.
  • Baterai awet dipakai dan cepat diisi ulang karena ada fitur Quick Charge dari Qualcomm.
  • Performa stabil untuk multitasking, gaming atau keduanya sekaligus, maklum sudah didukung kapasitas hingga RAM 6 GB. 

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 6 Pro 

Ada kelebihan pastinya ada kekurangan. Kalau versi saya kelemahannya ada di:
  1. Meski dual-SIM tapi pakai sistem Hybrid.
  2. Belum ada fitur radio FM
  3. Agak panas kalau baterai lagi dicharge meskipun dalam keadaan nonaktif.
  4. Masih pakai Micro USB 2.0.
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Kesimpulan 

Di harga 3 jutaan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dihadirkan dengan harapan menjadi penerus Redmi Note 5 tahun ini yang unggul dalam sektor kamera serta selfie. Mengingat harga dan spesifikasinya yang terbilang tanggung, mau disebut High-end bisa, atau Mid-end (plus high) juga bisa. Ya intinya semua punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, Xiaomi Pocophone F1 yang superior dalam hal hardware juga kameranya mungkin tak sebagus Redmi Note 5.

Dari segi desain body memang hampir mirip atau memang sama seperti ponsel Android kekinian pada umumnya. Varian warna Redmi Note 6 Pro ada Biru, Hitam, Emas, dan Merah.

Sekiranya cukup tentang Review Pengalaman Pakai HP Xiaomi Redmi Note 6 Pro dari Shukan Bunshun kali ini, kalau soal layak beli atau tidak, ponsel ini bagus cuma balik lagi jika tidak terlalu butuh kamera mending ambil Redmi Note 5.