Begini Cara Upgrade Android Pie Vivo V11 Pro Update di HP

Cara Upgrade Android Pie di Vivo V11 Pro - Pertanyaan masuk mengenai kapan Vivo V11 Pro dapat update firmware terbaru serta pembaruan OS dari Oreo ke Android 9.0 Pie. Sebenarnya, Vivo telah menjamin menggulirkan software sistem operasi Pie ke Smartphone dengan sensor pemindai sidik jari di layar tersebut.

Hanya saja, belum dapat dipastikan untuk masing-masing model terkait jadwal perilisan piranti lunaknya. Namun yang akan kami bahas kali ini dengan model number Vivo V11 Pro 1804 PD1814F dari segi firmware.

Vivo V11 Pro Upgrade Android Pie OS 9_2
Vivo V11 Pro Android Pie Software Update


Fitur Baru Android Pie Vivo V11 Pro

Pada update OS Android Pie Vivo V11 Pro mendapatkan sejumlah fitur baru yang menarik digunakan serta akan amat bermanfaat.

Beberapa diantaranya fitur tentang bagaimana Anda melakukan multitasking, misalnya nonton video di YouTube sambil mengetik / ngobrol di aplikasi WhatsApp.

Tanpa mengganggu jalannya aktivitas tersebut, ada fitur bernama Digital Wellbeing.

Dan demi melancarkan kinerja performa keduanya, ditambahkan pula aspek menarik pendukung lainnya bernama Navigation Gesture di layar.

Setiap pembaruan firmware juga disediakan sistem patch keamanan, serta perbaikan Bug yang menyebabkan aplikasi bawaan kerap error saat dibuka dalam kondisi baterai lowbat.

Untuk urusan kamera, kalian para pengguna HP Vivo V11 Pro bakal dimanjakan dengan tambahan mode profesional beserta software bawaan paling canggih.

Konon, suatu kelebihan dalam upgrade juga disediakan fasilitas EIS - OIS berbentuk perangkat lunak. Apa itu? Dan apa manfaatnya?

Fungsi OIS / EIS pada kamera agar saat Anda melakukan pengambilan gambar baik dokumentasi video atau foto akan membantu menyeimbangkan hasilnya. Layaknya kamera DSLR, Sony, Canon.

Segitu saja? Nope, kalian dapat melakukan tangkapan layar atau Screenshot tanpa harus menekan dua tombol kombinasi sekaligus.

Cukup tekan tombol Power pada ponsel, akan muncul opsi Nyalakan Ulang (Restart), Matikan Perangkat (Turn Off), Mode Pesawat (Airplane Mode), dan terbaru Tangkapan Layar (Screenshot / Capture).

Vivo V11 Pro Android Pie Screenshot_7
Mode Screenshot Android Pie / ShukanBunshun.com
Pakar menilai, Google mulai menyadari apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna Android OS. Dan fitur Scren-capture merupakan salah satu paling banyak digunakan, kita tak akan bisa membantah hal itu.

Menariknya fitur tersebut sebelumnya sudah lebih dulu ada di ponsel dua jutaan Vivo Y97.

Metode Update / Cara Upgrade ke Android 9.0 Pie di Vivo V11 Pro

Cara paling gampang buat memperbarui firmware / software terbaru ke Android Pie di Vivo V11 Pro dengan upgrade pakai sistem OTA.

Jadi kamu tidak perlu repot buka laptop atau PC. Pastikan untuk memakai jaringan wifi, sebab jika koneksi kurang stabil dapat menyebabkan kegagalan proses installasi paket file.
  • Nyalakan HP, masuk menu Settings
  • Scroll ke bawah, cari menu About Phone
  • 3. Pilih Umum / General. Dan muncul opsi "Pusat Pembaruan
  • Setelah memilih Update Center, selanjutnya tap tombol "Check for Updates". 
  • Otomatis memuat ulang, mencari file pembaruan. 
Nah, jika sampai tahap kelima tidak ada paket file atau cuma tampil tulisan notifikasi sejenis "Perangkat Lunak sudah yang terbaru." artinya HP Vivo V11 Pro belum kebagian jatah update Android Pie.
Ada dua kemungkinan: Antara seri ponsel tak mendukung, dan sedang menunggu giliran beberapa hari. HP Vivo V11 Pro nomor / kode seri-nya berbeda antara rilisan versi India dengan Indonesia.

Permasalahan Setelah Upgrade

Sejumlah konsekuensi memang selalu ada setiap pembaruan firmware, tak terkecuali pada Smartphone Vivo V11 Pro.

Jika Anda menemukan adanya aplikasi bawaan baru yang muncul tepat di Homescreen usai melakukan update, itu adalah bloatware ditambahkan pihak Vivo.

Kadang aplikasi tersebut sulit dihapus bahkan cenderung tidak mungkin bisa.

Bisa, namun hanya butuh akses Full Root Vivo V11 Pro. Itu pun dapat dilakukan setelah ponsel berhasil Unlock Bootloader serta Install TWRP serta Factory Reset.

Beberapa rekan kami di forum, grup Facebook, serta WhatsApp mengeluhkan baterai boros sesaat setelah update Vivo V11 Pro ke Android Pie.

Rupanya, Vivo merilis pernyataan bahwa penyebab baterai cepat panas serta boros diakibatkan sejumlah aplikasi bloatware yang berjalan otomatis walau sudah ditutup dari tab recent apps.

Solusi sementara Anda dapat menerapkan Paksa Berhenti / Force Stop melalui menu pengaturan pada aplikasi yang dinilai berperan besar terjadinya pemborosan baterai.

Spesifikasi dan Harga Bekas Vivo V11 Pro

Model Vivo V11 Pro / 1804
OS / PlatformFunTouch OS 4.5 / Android Oreo
RAM4GB [India] / 6GB [Indonesia]
Internal Memori64GB & 128GB
HardwareSnapdragon 660 / Adreno 512 GPU
CameraDual 12 MP f/1.8 + 5MP f/2.4
Battery3400 mAh / Fast Charging 18W
NetworkGPRS / EDGE / 3G / 4G / LTE-A
FeaturesIn-Display Fingerprint
PriceIDR 4,599k (NEW) / 3,799k (Used)

Demikian tutorial singkat Cara Upgrade Android Pie Vivo V11 Pro Update di HP via OTA tanpa PC. Untuk update berikutnya Google menekankan semua vendor ponsel Android memberikan pembaruan firmware keamanan setidaknya 2 bulan sekali.