Masalah Umum di Vivo V11 Pro dan Solusi Memperbaikinya

Masalah Umum di HP Vivo V11 Pro dan Solusi Memperbaikinya - Smartphone flagship revolusioner telah diluncurkan, dia adalah Vivo V11 Pro. Menjadi ponsel Android pertama di dunia yang menerapkan pemindai sidik jari bawah layar (Under Display Fingerprint Scanner), bahkan Apple yang katanya canggih pun bersiap menjiplak karya inovatif Vivo tersebut.

Tapi ya secanggih apapun barang elektronik yang dirilis perusahaan besar, tetap akan bisa rusak, bermasalah, error baik ringan dan berat, cuma software atau sampai hardware sekalipun bila tidak dirawat dengan baik. Tak terkecuali masalah Vivo V11 Pro yang kita bahas kali ini.

Masalah Umum Vivo V11 Pro.jpg

Masalah Umum di Vivo V11 Pro dan Solusi Memperbaikinya 

Kami hanya membahas masalah pada HP Vivo V11 Pro yang sudah terjadi serta dialami oleh pengguna berdasarkan rangkuman dari beberapa sumber seperti XDA Developers, Forum Kaskus, Grup Facebook, GSM Arena Opinions dan lainnya beserta sedikit solusi untuk mengatasi kerusakan tersebut mulai dari WiFi, Bluetooth, Kamera, Layar, GPS, Touchscreen, tombol navigasi.

Vivo V11 Pro Restart Sendiri (Auto Reboot / Mati Otomatis) 

Smartphone terkadang mengalami sedikit masalah apabila Vivo V11 Pro tiba-tiba restart sendiri secara otomatis. Untuk mengatasi dan memperbaiki masalah ini silakan ikuti tips berikut:
  • Pertama, analisa terlebih dahulu apakah suhu pada ponsel normal. Jika terjadi overheat issue maka Anda harus menurunkan temperatur hingga di bawah batas maksimal / wajar. 
  • Kedua, jangan gegabah dengan buru-buru membongkar bagian belakang. Cobalah isi ulang ponsel, setelah baterai terisi penuh biarkan berkurang sendiri sampai lowbat. 
Apabila sudah mempraktikan tiga solusi diatas tadi tetapi masih mengalami kerusakan, mungkin saatnya klaim garansi Vivo V11 Pro.

Layar Vivo V11 Pro Nge-blank / Stuck / Lag 

Lagging atau Screen frozen pada layar Smartphone Android kerap dialami karena dampak dari hardware yang terindikasi overheat atau aplikasi belum kompatibel dengan versi firmware / OS ponsel. Layar Vivo V11 Pro mendadak blank putih salah satu gejala terjadi error ini, silakan ikuti trik dan tips memperbaikinya:
  • Jika masalah ini Anda alami ketika membuka aplikasi media sosial seperti YouTube Stories, Instagram, Twitter, maka tidak perlu khawatir dan jangan menyalahkan ponsel Anda. Aplikasi kemungkinan besar membutuhkan update dengan maksud optimalisasi atau menyesuaikan piranti lunak Vivo V11 Pro
  • Kedua, kalau masalah layar blank terjadi di aplikasi bawaan sistem Vivo V11 Pro seperti pesan, galeri, kontak, telepon log panggilan, kamera, maka masuk ke Pengaturan / Settings → Aplikasi  Default Apps. Kemudian pilih aplikasi yang bermasalah dan hapus data atau cache saja. 

Lemot Buka Aplikasi di Vivo V11 Pro Macet-macet 

Mirip seperti kasus Xiaomi Mi A2, beberapa aplikasi bermasalah di Vivo V11 Pro ketika dibuka terkadang tidak bisa terbuka atau bisa pun harus menunggu sedikit lebih lama. Apps Opening Slow dalam thread di XDA Devs, mengatasinya pakai cara berikut:
  • Beberapa aplikasi secara default memang lama buat dibuka, seperti game yang intensitas grafik tinggi misalnya Fortnite Mobile, PUBG, Nova 3, Ashpalt atau aplikasi medsos layaknya Instagram IGTV. Itu baik-baik saja. 
  • Namun apabila aplikasi yang bermasalah itu terjadi di semua apps maka Anda harus restart Vivo V11 Pro sehingga menyegarkan kinerja hardware terlebih dahulu. Padahal, reboot ponsel harus dilakukan setidaknya 3 hari sekali. 
Terakhir kalau solusi tadi tidak membantu, maka Anda harus reset pabrik Vivo V11 Pro / Wipe Data sendiri atau pakai jasa tukang perbaikan /  service center. Terpenting, jangan lupa backup.

Kerusakan Vivo V11 Pro Update Android Q

Aplikasi dan Game Error Telah Berhenti di Vivo V11 Pro 

Sejumlah aplikasi terpaksa berhenti bahkan saat sedang digunakan mau pun tidak dipakai. Ini memang aneh kadang terjadi di setiap ponsel flagship dengan prosesor powerful sekalipun mendapatkan notifikasi misalnya IG, "Instagram isn't responding, do you want to close it?". Cara memperbaiki aplikasi crash masalah umum di Vivo V11 Pro:
  • Dari Homescreen, menuju ke menu Pengaturan / Settings, pilih aplikasi yang error dan tekan tombol Clear / Hapus Data. Tentu ini akan menghapus seluruh sampah cache sekaligus. 
  • Langkah kedua, kalau cara pertama belum berhasil sebaiknya uninstall aplikasi lalu install ulang lewat sumber resminya di Google Play Store. 
Tahap akhir adalah dengan memperbarui atau update aplikasi jika tersedia. Itu pastinya akan mengatasi masalah tersebut sehingga pemakaian semakin efisien.

Bluetooth dan WiFi Tidak Terhubung di Vivo V11 Pro 

Piranti lunak semacam jaringan wireless atau mau transfer data pakai Bluetooth / Wifi terkadang tak terdeteksi error gagal tersambung alias tidak terhubung dengan HP lain berikut cara mengatasi Bluetooth & Wifi error di Vivo V11 Pro:
  • Cobalah untuk memeriksa berkala software melalui pengaturan. Jika ada update silakan lakukan OTA Updates ke firmware paling terkini. 
  • Kedua, pastikan perangkat ponsel Anda dapat terdeteksi oleh HP lain dalam jangkauan setidaknya satu meter. 
  • Ketiga, kalau masih belum bisa juga tekan tombol on-off Airplane MODE Pesawat, sebagai upaya mengatasi kerusakan Bluetooth atau Wifi. 
Beberapa solusi tersebut dapat memperbaiki Wifi dan Bluetooth Vivo V11 Pro yang rusak hingga terkoneksi kembali.

Touchscreen Vivo V11 Pro Tidak Berfungsi 

Layar sentuh memang sensitif pada Smartphone zaman sekarang, beberapa mungkin sudah dilindungi teknologi proteksi Corning Gorilla Glass. Tapi banyak HP yang juga belum mendapatkannya sehingga berpengaruh pada pemakaian sehari-hari hingga menimbulkan error touchscreen Vivo V11 Pro sampai sulit mengakses data.

Langkah awal hubungkan Smartphone dengan perangkat PC Komputer / Laptop pakai kabel USB bawaan Vivo V11 Pro. Tapi sebelumnya pastikan baterai dalam kondisi penuh 100% Full Charged.

Kedua, mau akses aplikasi atau memantau data lewat file folder pada Vivo V11 Pro menggunakan PC? Ambil kabel OTG, sambungkan ke laptop dan Anda dapat mengakses serta mengatur segala fitur maupun layanan di HP lewat Komputer.

Masalah Internet Data Seluler di Vivo V11 Pro 

Notifikasi "Mobile Data Has Run Out" ini juga menghantui ponsel Samsung Galaxy J6 sebelumnya, ada indikasi bahwa kerusakan model begini terjadi penyebabnya bug system pada firmware Android UI sehingga koneksi internet terganggu. Bahkan ponsel belasan juta rupiah seperti Google Pixel XL pun mengalaminya.

Internet Error Vivo V11 Pro.jpg
  1. Cabut kartu SIM Card dari Vivo V11 Pro dan masukkan lagi. 
  2. Menyalakan mode pesawat untuk 1 menit lalu nonaktifkan kembali. 
  3. Settingan Tweak Network pada Vivo V11 harus ada yang diubah. 
  4. Tunggu pembaruan update firmware.
Nggak bisa juga? Pergi ke service center bawa kartu garansi.

Masalah Baterai Vivo V11 Pro 

Baterai Vivo V11 Pro cepat panas, habis, overheat, lalu lama proses pengisian ulang / ngecas tidak normal. Padahal ponsel ini sudah mendukung teknologi Fast Charging Qualcomm Quick Charge 3.0.

Jika demikian terjadi, baiknya jangan mengisi ulang HP dalam keadaan nonaktif. Tapi lebih kepada menyalakan Airplane Mode selama proses charging akan membuat Quick Charging bekerja optimal.

Sejumlah poin dari Masalah Umum di Vivo V11 Pro dan Solusi Memperbaikinya telah dibeberkan, sekarang giliran Anda mengeksekusinya, semoga berhasil.