Keluhan Pengguna Vivo Y97 Masalah Umum Sering Terjadi

Masalah Umum Vivo Y97 Sesuai Keluhan Pengguna - Vivo seolah tidak pernah berhenti meluncurkan produk Smartphone andalan mereka, usai kemarin merilis ponsel revolusioner dengan Screen Touch ID alias sensor pemindai sidik jari di layar, Vivo V11 Pro. Kini giliran Y97 beredar di toko online dan fisik secara resmi banderol harga 3-4 jutaan rupiah.

Namun, ponsel yang memiliki warna bodi gradasi (pelangi) tersebut tetap dikeluhkan pengguna terkait beberapa masalah umum yang sering terjadi kerap menimpa Smartphone Vivo Y97.

Vivo Y97 Masalah Umum Keluhan Pengguna HP

Keluhan pengguna Vivo Y97 juga berbagai macamnya mulai dari sektor piranti lunak (software) hingga perangkat keras (hardware). Walau pada dasarnya Vivo menjanjikan pembaruan update firmware yang kemungkinan dapat memperbaiki sejumlah kerusakan internal ponsel.

Bahkan selain mengatasi error, yang namanya upgrade sistem firmware terkadang juga bisa meningkatkan kinerja HP bukan menambah permasalahan dan tergantung ada atau tidaknya bug system.

Keluhan Pengguna Vivo Y97 Masalah Umum Sering Terjadi 

Kami merangkum sejumlah masalah Vivo Y97 sesuai keluhan pengguna di beberapa forum diskusi XDA Developers, GSM Arena Opinions, Grup Facebook, media sosial Twitter, dan Shukan Bunshun Telegram Group.

#1. Mengaktifkan LED Notifikasi Vivo Y97 

Total saya menemukan 3 orang bermasalah terkait LED Notification Vivo Y97 tidak berfungsi semestinya atau aktif tapi kadang lampu indikator gagal menyala saat notifikasi pesan dan panggilan masuk selama HP dalam keadaan Standby.

Solusi untuk error semacam ini sebenarnya tergantung dari pengaturan yang Anda pilih melalui menu Settings masuk ke Pemberitahuan LED Notifikasi > Centang sesuai selera mana saja yang ingin diaktifkan antara:
  1. Panggilan Masuk 
  2. Panggilan tak terjawab 
  3. Pesan SMS 
  4. Mengisi Baterai (Charging) 
Apakah bisa mengubah warna LED notifikasi Vivo Y97? Walau secara bawaan tidak memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi lampu indikator, namun Anda bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti Light Manager di Google Play Store gratis ada juga versi berbayar tanpa iklan bisa diinstall lewat situs Revdl.

#2. Speaker Vivo Y97 Tidak Keluar Suara 

Bagian sound / audio alias speaker Vivo Y97 ketika memainkan lagu, musik tak mengeluarkan suara bahkan saat memutar video YouTube misalnya.

Ada beberapa dugaan, kalau baru beli speaker sudah rusak sebaiknya klaim garansi atau minta ganti unit baru karena malfungsi kerusakan pabrik bukan disebabkan oleh kesalahan pembeli.

Tapi jika sudah cukup lama memakai HP Vivo Y97 Speaker Rusak ada beberapa kemungkinan penyebab errornya bagian audio tersebut semisal:
  1. Masuknya kotoran debu 
  2. Sadar atau tidak, basah terkena air 
  3. Keringat masuk ke lubang speaker 
  4. Benturan karena ponsel terbanting / jatuh
Solusi dari kami, sebagai pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke tukang servis atau pusat perbaikan resmi ada baiknya melakukan upaya awal seperti:
  • Keringkan: Jika basah entah disebabkan air keringat atau hujan dan cipratan lain sebaiknya gunakan alat pengering seperti Hairdryer dan tujukan pada lubang speaker langsung. 
  • Pakai peniti: Sejenis penjepit / klip kertas dan peniti dapat membantu membersihkan speaker tidak ada suara diakibatkan debu kotoran menempel dengan cara buka port audio lakukan pembersihan perlahan serta berhati-hati agar tidak merusak komponen lain pada HP Vivo Y97. 
#3. Baterai Vivo Y97 Rusak, Boros & Cepat Panas 

Masalah umum yang sering terjadi di HP Vivo Y97 selanjutnya pada sektor baterai. Terkadang ada saja keluhan pengguna terkait batre ponsel mereka cenderung boros, cepat panas & habis tidak dalam waktu normal.

Selain itu proses pengisian ulang daya cepat Fast Charging kadang tidak berfungsi sehingga akan memakan waktu lebih lama menunggu baterai terisi penuh walau kapasitas 3315 mAh.

Dugaan kami penyebabnya karena layar cukup besar ditambah resolusi 1080 x 2280 piksel ketika memutar video dengan ukuran 720p atau 1080p pakai koneksi internet di YouTube misalnya ini akan menguras daya tahan baterai lebih cepat daripada biasanya.

Sebagai upaya mengatasi baterai boros dan menghindari kerusakan berimbas komponen lainnya maka usahakan mengurangi tingkat kecerahan layar, menonaktifkan GPS & Bluetooth jika sedang tidak digunakan.

Apakah ngecas semalaman dapat berpotensi merusak baterai? Bisa jadi, tapi bersyukurlah pengguna Vivo Y97 karena jenis baterainya adalah Li-Po dapat meminimalisir tingkat kepanasan berlebih secara otomatis, sebuah kelebihan yang tidak ada di baterai Handphone berjenis Li-ion. Android Pie sudah lebih efisien dalam mengatur kinerja ponsel.

Tapi bagaimana cara ganti baterai Vivo Y97 kalau sudah terlanjur kembung? Sebaiknya jangan lakukan sendiri karena buat ganti batre non-Removable butuh keahlian khusus bongkar-pasang bodi belakang.

Hasil Kamera Vivo Y97 Depan Review Indonesia

#4. Gagal Reboot Vivo Y97 Tidak Bisa Restart 

Cara Hard Reset Vivo Y97 sebenarnya agak mudah, tinggal menekan tombol power beberapa detik lalu pilih opsi restart. Beda halnya Factory Reboot, alias reset pabrik yang akan menghapus seluruh data dalam ponsel.

Kebanyakan pengguna gagal melakukan hard reset Vivo Y97, tidak bisa di-restart HP kemungkinan software dalam bentuk aplikasi harus ada yang di-uninstall / hapus.

Walau dalam sedikit kasus, sebenarnya faktor akses root juga dapat menghindari pengguna untuk Factory Reset Vivo Y97 saat mematikan Smartphone.

Jika berhasil pun cuma bakal menimbulkan bootloop, stuck / mentok di logo Vivo saja sehingga butuh Flash ulang. Agak ribet apalagi kalau sadar ternyata belum mencadangkan / backup data penting.

#5. Touchscreen Layar Vivo Y97 Bermasalah 

Responsivitas layar memang sangat penting bagi Smartphone zaman sekarang yang kebanyakan pakai layar sentuh (Touchscreen). Namun apa jadinya jika HP Vivo Y97 mengalami masalah Screen-bleeding?

Screen bleeding adalah suatu kasus dimana gangguan penyebaran (bleed) terhadap backlight pada layar ponsel sehingga memperbaiki kasus ini cukup sulit dilakukan sendiri, tapi masalah tersebut bukan karena LCD pecah.

Namun dalam kasus Vivo Y97 hanya terjadi di sedikit pengguna. Berbeda dengan masalah Pocophone F1 yang memang nyaris dialami 50% user Xiaomi kala awal masa perilisannya.

Anda sebagai pengguna juga harus bertindak antisipatif terhadap sensitivitas layar, karena Vivo Y97 ternyata belum mendukung proteksi Corning Gorilla Glass.

Kami bertanya pada Customer Service, bahwa pengguna bisa mengklaim garansi untuk pergantian layar Vivo Y97 yang terkena Screen bleeding tanpa dipungut biaya sepeser pun selama garansi masih aktif.

Vivo Y97 Ganti Font Tema LED Notifikasi

Vivo Y97 merupakan ponsel mid-end yang mungkin bisa jadi pilihan saat ini di tengah maraknya persaingan industri Smartphone tanah air.

Dengan biaya 240 Euro, Vivo Y97 dibekali tiga varian warna bodi yakni Starry Night, Nebula (mirip Vivo V11 Pro) dan pilihan lainnya adalah Pink. Jeroan yang dibawakan juga lumayan tangguh mengingat chipset MediaTek Helio P60 berpadu dengan RAM 4GB dan ROM 128GB.

Jika pengguna merasa memori internal storage 128GB itu kurang, bisa diekspansi pakai kartu microSD hingga 256GB. Oh iya, jenis slotnya adalah non-Hybrid (Dedicated Slot) jadi bisa pakai 2 Sim Card dan 1 memori eksternal sekaligus.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya Vivo Y97 mengincar pengguna yang hobi selfie serta suka menyimpan banyak data penting seperti foto, dokumen, video dan lainnya.

Harga dan Spesifikasi Vivo Y97 Indonesia

Jaringan
KoneksiGSM / CDMA / HSPA / LTE
SIM Dual Stand-by, Nano SIM
Sinyal5G ready / 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
KecepatanHSPA 48.1/5.63 Mbps
GPRSYa
EDGEAda
Platform
SistemAndroid 8.1 Oreo - Kustomisasi FunTouch OS 4.5
CPU / ProsesorOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
ChipsetMediaTek MT6771 Helio P60
GPUMali-G72 MP3
Bodi
Dimensi159.2 x 76.3 x 8.4 mm (5.90 x 3.87 x 0.29 in)
Berat165 gram
SertifikasiTidak
WarnaStarry Night, Nebula, Pink
Layar
JenisS-IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna
Ukuran6,35 inci
Resolusi1080 x 2280 piksel (Full HD+)
Rasio19:9
MultitouchYa
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
SensorAccelerometer, Gyroscope, Proximity, Kompas
Memori
EksternalBisa, hingga 256GB
JenisDedicated, Triple Slot
Internal128GB Storage
RAM4GB
Kamera
BelakangDual 16 MP F/2.0 + 2 MP f/2.4, autofocus, Quad-LED flash
FiturPDAF, Geo-tagging, touch focus, panorama, true depth sensor
Video1080p@30fps, HDR
DepanKamera Selfie 16 MP f/2.0
Multimedia
MusikYa
RadioJelas, FM Radio
GamesTentu saja
NFCNggak Ada
BrowserHTML5 Google Chrome
PenandaMP3, WAV ringtones
Loudspeaker - StereoTentu Saja
3.5mm jack audioAda dong
AudioNormal
Baterai dan Power
JenisLi-Po Non-Removable / Tidak Bisa Dilepas
Kapasitas3315 mAh
Talk time 3G14 Jam
Fast ChargingTidak Tersedia
USBJenis Micro USB 2.0
Perilisan
DiluncurkanSeptember 2018
Harga
Harga BaruRp 4 Jutaan (4/128)
Harga BekasRp 3.8 Juta (2018)

Kekurangan - Kelemahan Vivo Y97 
  • Masih pakai Micro USB 2.0 
  • Tidak ada sistem pengaman Fingerprint atau Face Unlock 
  • Apakah Vivo Y97 support Fast Charging? Tidak ada Quick Charge ternyata
  • Sensor Gyroscope tidak mendukung 
  • Tidak dijamin dapat update ke Android Pie 9.0 
  • Belum bisa aktifkan fitur Picture-in-Picture (PIP) 
  • NFC tidak tersedia 
  • Jenis proteksi layar kurang jelas 
Kelebihan - Keunggulan Vivo Y97 
  1. Bodi cantik warna gradasi 
  2. Kapasitas memori internal jumbo 128GB 
  3. Bukan Hybrid, punya tiga slot kartu 
  4. Memori RAM 4GB cukup ideal 
  5. Bluetooth sudah versi kekinian 5.0 
  6. Mendukung USB On-The-Go (OTG) 
  7. Layar Full HD Plus, rasio 19:9 nyaman digenggam 
  8. Gambar & Foto Hasil Kamera Vivo Y97 cukup bagus di harganya.
Sesuai harganya ponsel ini cocok dibeli bagi mereka yang suka selfie dan menyimpan dokumen, video, foto dengan jumlah banyak tapi Keluhan Pengguna Vivo Y97 Masalah Umum Sering Terjadi kini telah menemukan solusi.