Cara Fix Lokasi / Region MIUI 10 dan 11 ROM Global Xiaomi

Cara Memperbaiki / Fix Lokasi atau Region MIUI 10 dan 11 - Biasanya memperbarui sistem operasional atau bahkan firmware, piranti lunak (software) itu menghabisi segala Bug System yang sebelumnya ada, memperbaiki kesalahan sistem serta penambahan fitur terbaru. Tapi hal berbeda dialami pengguna Xiaomi khususnya penikmat ROM Global Stable.

Pada pembaruan MIUI 10 dan 11 kemarin pengguna bukan dimanjakan kenyamanan akan habisnya kerusakan fitur bawaan, mereka justru mendapatkan Bug baru. Bug yang dimaksud tidak bisa mengubah lokasi atau region di HP Xiaomi setelah update.

Cara Fix Lokasi MIUI 10 11 Xiaomi Redmi Mi_3.jpg
Fix Lokasi MIUI 10 & 11

Ciri-ciri terdapat error region, misalnya: ketika Anda mengubah lokasi pada pengaturan Xiaomi ke Indonesia lalu sudah tersimpan. Secara otomatis akan balik lagi ke regional China, negara asal ponsel tersebut.

Padahal status HP Xiaomi Anda menggunakan tampilan antarmuka MIUI 10 dan MIUI 11 ROM Global Stable. Global atau luas menyeluruh (berlaku untuk internasional / negara mana pun) Lalu kenapa seolah dipaksa kembali ke China?

Penyebab Error Lokasi / Region Pada MIUI

Jika ada pertanyaan, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya tergantung. Faktor lokasi yang berubah otomatis ke pengaturan default (China) bisa dari perilaku pengguna atau memang kesalahan sistem (Bug).

Namun kasus ini mayoritas terjadi akibat kesalahan atau Bug MIUI dan bukan pertama kali, pada versi sebelumnya MIUI 9 ke bawah juga sering dialami pengguna.

Cara Memperbaiki Region / Fix Lokasi MIUI 10 dan 11

Sebelum mempraktikannya pastikan Smartphone Anda sudah dilakukan akses Root. Fix Lokasi MIUI 10 / 11 membutuhkan akses ke dalam menu TWRP Recovery pada saat reboot nanti.

Kalau HP Anda belum di-root sebaiknya cari tutorialnya berdasarkan masing-masing tipe misal Redmi 5A atau Redmi Note 6 Pro tentu berbeda cara melakukannya.

Selain itu, menjelang Root pasti dibutuhkan pula yang namanya Unlock Bootlader (UBL) meminta kepada pihak Xiaomi. Sekali lagi jangan tanya kenapa tutorial berikut tidak bisa kalau ponselnya saja belum di-root.

Usai melaksanakan UBL dan Root, saatnya install File TWRP Recovery sesuaikan dengan masing-masing jenis ROM setiap tipe HP tentu berbeda dan kami tidak menyediakan link installasi berkasnya.

Sudah siap? Saatnya eksekusi.
  • Install dan simpan racikan file MIUI 10.zip dan MIUI 11.zip [Kami tidak akan memberikan link berkas disini, oleh karenanya sesuaikan pada tipe merk Anda lalu cari di Google.]
  • Letakkan file di penyimpanan memori internal. Jangan dipindahkan ke microSD Card atau folder lainnya. 
  • Non-aktifkan ponsel Xiaomi kemudian tekan tombol Power dan Volume Up / Down secara bersamaan untuk masuk ke Recovery Mode alias TWRP (setiap HP berbeda caranya). 
  • Setelah berhasil akses masuk TWRP, klik pilihan "Install". 
  • Lalu carilah racikan file ZIP yang sudah diinstall tadi dan tekan menu "Flash / Install". 
Tunggu beberapa saat prosesnya memakan waktu 5-10 menit maksimal atau bisa lebih cepat. Selanjutnya lakukan restart / reboot Xiaomi Anda.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi yang Kebagian Update Android Pie.

Nah setelah ponsel kembali menyala silakan coba pergantian lokasi atau region melalu menu Pengaturan atau Settings ke negara Indonesia, tidak akan dialihkan otomatis lagi ke China.

Agar error bug lokasi ini tidak terjadi lagi, menghindarinya cukup menunggu ulasan pengguna lain setiap kali ada update firmware entah MIUI atau OS Android.

Sekadar saran kalau mau beli HP Xiaomi cari yang bergaransi resmi, apalagi jika awam tentang utak-atik hardware. Garansi distributor memang cuma menang dalam hal harga lebih murah dibanding garansi TAM / Mi Indonesia.

Cara Fix Lokasi MIUI 10 dan 11 Region ROM Global Xiaomi sudah dikasih tahu sekarang giliran Anda mempraktikannya sendiri.