Hasil JKT48 Senbatsu Sousenkyo Single ke-20 High Tension

JKT48 kembali sukses menggelar ajang tahunan puncak pemilihan member "Senbatsu Sousenkyo 2018" yang kali ini memiliki tema bertajuk "RE:BOOST" untuk single ke-20 "High Tension" di Ballroom Sleman City Hall Lantai 3, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (17/10).

Diikuti total 55 member tidak termasuk Lidya, Ikha dan Naomi yang sudah keluar lebih awal, partisipasi penggemar untuk memberikan suara voting berjalan selama lebih dari dua bulan sejak awal September hingga pertengahan November.

JKT48 Senbatsu Sousenkyo 2018 ReBoost Hasil_8
JKT48 20th Single Senbatsu Sousenkyo ~RE:BOOST~

Setelah melalui beberapa tahap pengumuman sementara di acara jabat tangan Everyday Kachuusa / UZA, sampailah pada puncak acara.

Dengan tema "Re:Boost" terdapat dua visi: JKT48 ingin jadi inspirasi dan sumber penambah semangat masyarakat Indonesia dan mau menerapkan 'akselerasi eksplosif'.

Detail Status Member Terpilih

Seperti pada gelaran tahun-tahun sebelumnya, hanya ada 32 member yang mendapatkan ranking detailnya sebagai berikut:
  1. Top 1-16 (Senbatsu) 
  2. Urutan 17-32 (Undergirls) 
Tidak ada Next Girls, apalagi Future Girls.

Sayangnya selama proses pemungutan suara pemilihan member untuk single ke-20 ini berlangsung diwarnai insiden dan dialami banyak penggemar.

Seperti: Kasus nomor seri yang tidak berfungsi walau belum dipakai, kode voting hasil Music Card, kode voting dari Tour JKT48 Circus dan bonus nonton teater dianggap banyak yang sudah digunakan padahal tidak pernah diinput sebelumnya.

Insiden lantai area yang digunakan konser pra-sousenkyo bergoyang juga sempat membuat panik penonton.

Bangunan belum 100% sepenuhnya layak pakai, terlihat dari luar. Meski sudah ada artis yang pernah manggung di venue ini sebelumnya.

Listrik pun sempat mati-nyala berulang kali menurut pantauan fans ketika mengantri masuk area #JKT48Pemilihan2018.

Terdapat sedikit inovasi dengan hadirnya layanan Online Strategy Campaign alias strategi kampanye secara daring digelar Live melalui siaran langsung di kanal YouTube resmi JKT48 mau pun akun Instagram dinas masing-masing member.

Itu tidak termasuk Putri Cahyaning Anggraini akibat statusnya sebagai anggota diberhentikan. Untuk pertama kalinya member aktif tidak mengikuti Sousenkyo namun status mereka menjelang lulus.

Venue Spesial 

Sama seperti yang dilakukan AKS untuk AKB48 pada 53rd Single Sekai Senbatsu Sousenkyo 2018 Juni kemarin, manajemen meminta penggemar menentukan venue tempat diselenggarakannya konser dan pengumuman pemilihan member.

Puncak acara pemilihan member single ke-20 JKT48 Senbatsu Sousenkyo 2018, manajemen melihat antusiasme fans tertinggi. Pasalnya, nanti kota tersebut menurut rencana juga bakal dipilih untuk konser perayaan ulang tahun grup, HUT ke-7 dirayakan di luar kota Jakarta buat pertama kalinya. Faktanya, batal dan digantikan ke Balai Sarbini.

Kota Jogja akhirnya dipilih. Tentu warga khususnya Wota Yogyakarta boleh bangga sebab pemilihan tempat harus melalui persaingan ketat beberapa daerah lainnya seperti Surabaya hingga Bandung notabene juga punya basis penggemar JKT48 fanatik.

Di venue yang sama, konser pra-pemilihan tersebut digelar. Uniknya jika pada ajang luar kota sebelumnya member berangkat dengan menggunakan pesawat, berbeda halnya kali ini mereka memanfaatkan jasa transportasi darat Kereta Api KA 52 Taksaka Pagi berangkat dari Gambir, Jakarta Pusat.

Erika Kuswan Desy JKT48 Kereta Api Jogja.jpg
Ebisawa - Genoveva @ KA Taksaka

Kereta Api Taksaka jadi armada PT KA Indonesia sejak dirilis awal Oktober 17 tahun silam, rutenya mengarungi Gambir - Yogyakarta PP. Namun pada awal 2018, Taksaka digantikan oleh kereta eksekutif buatan PT Industri Kereta Api (INKA) asal Madiun dengan perombakan tampilan eksterior berbahan Stainless Steel.

Pada hasil sementara tahap pertama dan kedua, Cindy Yuvia nyaman di puncak klasemen. Sementara di hasil kedua, rival terdekat Yupi, Shani Indira Natio mendekat dengan jarak perbedaan hanya satu suara di bawah Yuvia.

Shani2Periode 2019GantiCenter JKT48 Sousenkyo_7
JKT48 Campaign #Shani2Periode / #2019GantiCenter


Hasil JKT48 Senbatsu Sousenkyo 2018 Single ke-20 High Tension

Pemenang Sousenkyo tahun ini berhak mendapatkan jatah merilis Solo Gravure Photobook di Jepang. Berikut hasilnya untuk Undergirls (32 - 17) :
  • Adhisty Zara 
  • Frieska Anastasia Laksani
  • Fransisca Saraswati "Sisca" 
  • Gabriela Warouw "Gaby" 
  • Natalia "Nat" 
  • Cindy Hapsari "CinHap" 
  • Sonia Natalia "Wawa" 
  • Shania Junianatha "Shanju" (Graduate)
  • Fidly Immanda Azzahra "Fia" 
  • Nadila Cindi Wantari 
  • Tan Zhi Hui Celine 
  • Rona Anggreani "Ayen" 
  • Melati Putri Rahel Sesilia 
  • Eve Antoinette Ichwan 
  • Maria Genoveva Natalia Desy Purnamasari Gunawan 
  • Thalia Ivanka Elizabeth (Center - Tsugi no Season)
★ Senbatsu ★
  1. Cindy Yuvia
  2. Shani Indira Natio
  3. Sinka Juliani
  4. Feni Fitriyanti
  5. Nurhayati "Aya"
  6. Ayu Safira Oktaviani
  7. Stephanie Pricilla Indarto Putri "Stefi"
  8. Shania Gracia
  9. Ratu Vienny Fitrilya "Viny"
  10. Ayana Shahab "Achan"
  11. Beby Chaesara Anadila
  12. Viviyona Apriani
  13. Aninditha Rahma
  14. Jinan Safa Safira
  15. Michelle Christo Kusnadi
  16. Gabryela Marcelina "Aby"
Kemenangan Yupi tidak lepas dari faktor sokongan dana penggemar BNK48 di Thailand.

Top 16 Senbatsu juga dapat hadiah, akan rilis Photobook spesial layaknya enam belas besar peraih peringkat di Sousenkyo AKB48.

Selain itu peraih peringkat pertama, kedua dan ketiga bakal kebagian unit atau solo song debut bebas pilih lagu yang dirilis 2019 dan tersedia melalui iTunes & Spotify.

Untuk 16 member teratas yang terpilih akan masuk dalam jajaran Senbatsu single ke-20 "High Tension". Sementara bagi peringkat 17 s/d 32 tergabung dalam Undergirls mereka bakal mengisi coupling song single ke-20.

High Tension milik AKB48 merupakan lagu bersejarah karena menjadi partisipasi yang terakhir bagi eks member Shimazaki "Paruru" Haruka.

Lagu Tsugi no Season notabene merupakan coupling song single ke-28 AKB48 dikomandoi eks member Kawaei Rina. Kini lagu tersebut dipilih untuk dibawakan oleh member Undergirls JKT48 tahun ini.

Sementara itu, Shania Junianatha mengumumkan kelulusannya (Graduate) dari JKT48. "Izinkan aku menjadi seorang idola sekali lagi. Mohon bantuannya." kata Shanju.

Konser perayaan ulang tahun "JKT48 7th Anniversary" dilaksanakan di Balai Sarbini, Jakarta. Terdiri dari dua agenda acara, SHOW 1 Performance Battle hingga SHOW 2 Thanksgiving Festival.