Sticker Import: Cara Menggunakan Stiker Telegram di WhatsApp

Cara Menggunakan Stiker Telegram di WhatsApp - Akhir Oktober kemarin WhatsApp merilis fitur stiker terbaru dan menghebohkan jagat maya khususnya kalangan pengguna. Walau sebenarnya WA agak telat jika dibandingkan LINE, BBM, Snapchat, Telegram, dan Facebook Messenger yang lebih dulu punya Stickers.

Aplikasi WhatsApp sebenarnya telah menyediakan tujuh paket stiker gratis yang dapat digunakan. Namun, pengguna pasti bakal merasa cepat bosan jika terus-terusan pakai semua yang sudah disediakan.

Oleh karena itu mereka mengizinkan pengguna membuat, mengedit, kustomisasi stiker sesuka hati bahkan pakai foto sendiri.

Stiker Telegram di WhatsApp

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan stiker Telegram di WhatsApp atau aplikasi chatting lainnya dengan melakukan proses impor berkas.

Nah, kali ini Shukan Bunshun bakal bahas bagaimana cara memindahkan stiker Telegram ke WhatsApp tanpa harus root ponsel.

Tapi sebelumnya Anda harus menginstall keduanya yakni: Telegram dan WhatsApp. Apakah metode ini berlaku untuk aplikasi chat lainnya? Mungkin, nanti dicoba.

Menggunakan Stiker Telegram di WhatsApp Android Tanpa Root. Jika Sticker WhatsApp belum muncul, update dahulu.

Yang dibutuhkan adalah menyimpan paketan stiker Telegram yang mau Anda pindahkan ke WhatsApp dalam file dengan format ZIP.

Perhatian: Kami tidak menyediakan URL paket stikernya mengingat ada lisensi hak cipta di dalamnya, jadi silakan cari di situs tertentu seperti: Apkpure, Tekrevue atau Mobigyaan.

Kami anggap Anda telah mengunduh dan install stikernya. Selanjutnya file berbentuk ZIP tadi harus diekstrak dan dibongkar isinya.

Tenang saja, Telegram memperbolehkan penggunanya menginstall dan menyimpan Stiker bawaan aplikasi mereka. Caranya sebagai berikut:

Cara Menggunakan Stiker Telegram di WhatsApp Android

Buka aplikasi Telegram dan ketuk ikon tiga baris horizontal pada bagian pojok kiri atas.

Kemudian pilih Settings (Pengaturan).

Gulirkan layar ke bawah, dan pilih menu bertuliskan "Stickers and Masks".

Memindahkan Stiker LINE FB BBM ke WhatsApp Telegram

Lalu bakal muncul pilihan stiker yang tersedia. Klik ikon tiga titik di sisi kanan masing-masing stiker yang ingin Anda tambahkan ke WhatsApp.

Pilih opsi "Copy Link / Salin Tautan".

Sampai tahap ini Anda telah mendapatkan link stiker yang mau diimpor ke WhatsApp. Langkah selanjutnya, Anda harus meminta berkas ke StickersBot caranya begini:

Pada aplikasi Telegram, tap menu Pencarian dan ketik nama akun "Stiker Bot" untuk mencari.

Setelah ketemu akunnya, Anda buka ruang obrolan seolah ingin chatting ketik apapun untuk memulai chat agar Bot-nya merespon. Dia bakal membalas dengan kalimat kurang lebih "Send Me Any Stickers...blablablah.."

Di bagian bawah kolom pengetikan pesan, terdapat sejumlah menu diantaranya "Help", "Batch Mode", "Rate", "About" tapi pilih "Settings" saja.

Bot akan otomatis membalas serta menanyakan Anda mau format apa output file-nya, ada JPG / PNG / Webp. Pilihlah Webp Only.
Catatan: Jika Anda tidak menemukan opsi Settings di kolom chatting, cukup ketik "Settings" saja secara manual pakai keyboard HP. Terus pilih deh format Webp.
Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, kenapa di sini kita pilih metode Webp Only bukannya JPEG yang gampangan?

Well, Telegram berikan izin pengguna mau angkut pakai file apa tapi kita pilih Webp karena stikernya berada dalam paketan yang berisi lebih dari satu pcs serta di dalamnya sudah termasuk sticker berformat JPG, PNG, dan Webp. Sedangkan untuk memakai Stiker Telegram di WhatsApp kita cuma butuh format Webp saja.

Selanjutnya paste / kirimkan link Stiker yang telah Anda copy tadi ke kolom chat. Kemudian Bot merespon otomatis bahwa paket Sticker bakal dikirimkan nanti dengan format ZIP. Baca juga: Cara Menjual Stiker WhatsApp di Sticker Pop.

Tunggu 2-3 menit maksimal, Anda dikasih link buat unduh stiker Telegramnya. File akan tersimpan di dokumen Telegram pada File Manager Smartphone Anda.

Stiker Telegram ke WhatsApp_7

File berformat ZIP sudah disimpan, selanjutnya ekstrak seperti biasa pakai ZIP Extractor / Solid Explorer atau apapun aplikasi ekstrak file kesayangan Anda.

Untuk mengimpor Stiker Telegram ke WhatsApp gunakan aplikasi "Personal Stickers for WhatsApp" melalui Google Play Store gratis. Pilih "Add", secara otomatis muncul pilihan stiker yang disimpan tadi.

Menggunakan Stiker Telegram di WhatsApp Android pakai metode Sticker Import memang cukup mudah apalagi jika aplikasi sejenis menyediakan opsi yang sama juga untuk iOS.