Fakta Lagu Kuroi Hitsuji Single ke-8 Keyakizaka46 yang Unik

Total penjualan, MV (video klip), senbatsu member, semua hal tentang Kuroi Hitsuji single ke-8 grup Keyakizaka46. 

Keyakizaka46 kembali merilis single terbaru atau yang ke delapan setelah terakhir kali single ketujuh mereka yakni "Ambivalent" beberapa bulan lalu, yang ke-8 kali ini diberi judul Kuroi Hitsuji (黒い羊).

Kuroi Hitsuji Keyakizaka46 MV

Fakta Lagu Kuroi Hitsuji Keyakizaka46

Arti dan Makna

Kuroi Hitsuji artinya Domba Hitam atau dalam bahasa Inggris Black Sheep, sementara secara harfiah bagi masyarakat Jepang juga bermakna Domba atau Kambing saja.

"We are about to be the GOAT." kata TAKAHIRO merespon pertanyaan fans terkait makna lagu Kuroi Hitsuji, yang bermaksud menegaskan mereka ingin jadi yang terbaik. GOAT merujuk pada singkatan dari Greatest Of All Time (Terbaik Sepanjang Masa) biasanya dipakai oleh orang Amerika dan Inggris ditujukan kepada idola mereka. Goat secara harfiah juga berarti Kambing.

Keputusan pemberian judulnya juga melibatkan beberapa anggota senior dari Keyakizaka. "Kami benar-benar ingin hal berbeda ketimbang tujuh lagu utama kami sebelumnya. Dan berharap semua orang bisa menikmatinya, bukan cuma fans." kata Sugai Yuuka melalui postingan blog di situs resmi grup.

Benar, para member ingin agar lebih banyak publik yang bisa menikmati musik mereka bukan hanya sekadar kalangan fans. Dalam kata lain, Keyakizaka46 perlahan mau keluar dari zona nyaman.

MV Video Klip

Music Video (MV) Kuroi Hitsuji proses pengambilan gambarnya dilakukan sejumlah lokasi menarik di Prefektur Ibaraki.

Wilayahnya sama seperti ketika mereka mengambil adegan untuk MV Glass wo Ware. Uniknya, Keyakizaka46 harus mengulang syuting video klip Kuroi Hitsuji di tempat yang sama akibat kesalahan misterius saat ditinjau oleh sang sutradara.

Produser sekaligus sutradara yang bertanggung jawab dalam pembuatan MV tersebut mengajak sejumlah fans tidak banyak hanya beberapa saja dan mereka adalah orang-orang yang sering berkunjung ke acara kecil hingga event / konser besar Keyakizaka46 sepanjang dua tahun terakhir.

Keyakizaka46 8th single CD Kuroi Hitsuji_9

Keyakizaka46 mengajak beberapa orang fans untuk berpartisipasi dalam pembuatan MV Kuroi Hitsuji dengan maksud agar lebih dekat serta menerima kritik hasilnya yang dianggap akan mewakili opini serta pandangan para penggemar lainnya, tidak begitu banyak jumlahnya dan peran mereka di video klip juga tak terlalu signifikan.

Total Penjualan

Kabar menarik datang setelah Oricon Chart merilis beberapa data penting termasuk total penjualan musisi Jepang kuartal awal 2019 dimana lagu Kuroi Hitsuji oleh Keyakizaka46 menjadi salah satu penguasa peringkat.

Hari pertama penjualan (First Day Sales Sold) single ke-8 Keyakizaka46 Kuroi Hitsuji mencapai ratusan ribu keping CD, itu masih versi Oricon dan hanya kepingan fisiknya belum lagi dalam bentuk digital di iTunes / Apple Music rilisan Billboard Japan.

Tentu saja angka fantastis itu mengalami peningkatan sejak Ambivalent dan cukup menjanjikan kenaikannya dibanding Glass wo Ware.

Lirik dan Chord

Menurut sumber media Jepang dan forum internet di sana, penulisan serta proses perangkaian lirik lagu Kuroi Hitsuji Keyakizaka46 melibatkan semua member termasuk anggota tim Hiragana bukan cuma Kanji ikut mencetuskan ide mereka.

Sejumlah member baru Team Kanji seperti Matsudaira Riko, Seki Yumiko, Tamura Hono, Morita Hikaru, Yamasaki Ten, Fujiyoshi Karin, Matsuda Rina, Inoue Rina, Takemoto Yui dan Kamimura Hina (Hiragana).

MV Kuroi Hitsuji Keyakizaka46 CD Lyrics_6

Tahukah Anda bahwa aransemen lagu Kuroi Hitsuji dibantu oleh produser musik asal Korea Selatan yang juga membuat lagu girlband K-Pop papan atas.

Hirate Yurina sang petahana pengisi posisi center 7 kali berturut-turut sebelumnya diisukan tidak masuk dalam jajaran senbatsu Kuroi Hitsuji.

CD Type

Sebagaimana ShukanBunshun.com kutip lewat Keyakizaka46 melalui website-nya menyatakan bahwa single Kuroi Hitsuji dirilis terdiri dari empat jenis tipe CD berbeda namun keseluruhan memiliki banderol harga serupa.

Sebagai informasi tambahan bahwa sampul jaket CD Kuroi Hitsuji didesain atas campur tangan desainer produk terkenal asal Tokyo yaitu Daisuke Kitagawa. Salah satu lagu kopling atau coupling song dalam tracklist yang merupakan milik tim Hiragana Keyaki pada single ke-8 Keyakizaka46 Kuroi Hitsuji yaitu "Kimi ni Hanashite Ikitai Koto「君に話しておきたいこと」" akan dijadikan themesong iklan Official Coco Ichi CM Video tayang perdana pada All Live Nippon 2019 Januari kemarin.

Begitulah kira-kira fakta unik soal lagu Kuroi Hitsuji judul untuk single ke-8 Keyakizaka46 jadi apakah siap beli barang original atau tetap menunggu file berformat MP3 beredar luas.