LED Notifikasi HP Realme 3 dan Cara Mengaktifkannya

Apakah Realme 3 Ada LED Notifikasi? – Begitulah pertanyaan rekan saya melalui pesan instan Telegram dari pengguna Smartphone Oppo Realme 3. Sebenarnya hampir seluruh ponsel Android zaman sekarang sudah memiliki atau support fitur menyalakan lampu indikator (LED Notifications) tapi tergantung vendor yang bersangkutan.

Masalahnya adalah mayoritas Smartphone Android kekinian sudah menerapkan Full View Display. Yang mana penerapannya seakan memangkas beberapa fitur utama, seperti Waterdrop Notch alias layar poni berbentuk tetesan air sekilas cuma buat menempatkan kamera depan saja.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Realme 3 Apakah Ada

Ketika letak kamera dan sensor Proximity menyatu dalam poni yang menipis itu, lalu dimana dan bagaimana dengan menyalakan LED Notifikasi?

LED Notifications atau lampu indikator LED Notifikasi merupakan fitur sepele namun amat penting serta kaya manfaat bagi sebagian pengguna ponsel bukan cuma berbasis Android bahkan perangkat iOS pun demikian.

Mulai dari pemberitahuan kalau baterai sudah penuh, notifikasi pesan / email / telepon masuk, hingga beberapa fungsi lainnya. Apakah Realme 3 memiliki LED Notifikasinya? Jawabannya, Tidak. Tapi...

ShukanBunshun.com bakal memberikan solusi untuk memanfaatkan HP berbasis Android OS ini. Karena beruntung kalau pakai ponsel Android itu selalu ada kemungkinan berkat sistem Open Source memudahkan pengguna memodifikasi Smartphone miliknya sesuka hati.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Realme 3 dan Mengubah Warna

Menarik bukan, sudah bisa pakai LED Notifikasi terus dapat mengganti warna lampu indikatornya. Jadi metode awal ini kita gunakan sistem default bawaan untuk menghidupkan LED, letaknya berada di menu Setelan.
  • Pilih Aksesibilitas (Accessibility). 
  • Klik menu Pendengaran. 
  • Dan pada bagian Pemberitahuan LED geser Toggle jadi ON atau aktifkan hingga berubah warna. 
Sampai langkah tersebut belum bisa mengubah warna alias default saja yakni warna Merah. Untuk kustomisasinya silakan install aplikasi pihak ketiga bernama LED Light Manager kemudian jalankan dan Allow / Izinkan untuk mengelola ponsel.

Baca pula: Mengaktifkan NFC Realme 3.

Pada aplikasi itu Anda dapat menemukan tutorial lengkap tentang: Mengganti warna LED Notifikasi Realme 3, frekuensi kedap-kedip lampu, jenis indikator, punya fitur chat ke developer kalau ada masalah nggak nyala atau tidak berfungsi, support pergantian Flash kamera, bisa ubah warna LED Notifications Realme 3 berdasarkan masing-masing aplikasi.

Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Realme 3 dan Mengganti Warna-warni merupakan hal lumrah dilakukan pengguna walau agak sedikit ribet pada intinya Anda akan benar-benar menikmati hasilnya.