Cara Mengaktifkan NFC HP Realme 3 Apakah Ada Sensornya?

Near Field Communication atau biasa disebut NFC mungkin jarang dipakai sebagian besar masyarakat Indonesia karena memang masih minim infrastruktur atau pelayanan publik yang menerapkan metode pembayaran digital. Realme 3 kini dirilis, dengan segudang fitur keren apakah support NFC termasuk di dalamnya?

HP Android khususnya Sub-brand Oppo, ponsel Realme sudah jadi idaman baru pengguna ponsel tanah air sejak perilisan Realme C1, Realme U1 dan Realme 2 Pro Series. Namun, absennya NFC pada Smartphone seri sebelumnya seolah bikin banyak orang berpikir dua kali buat membelinya.

Mengaktifkan NFC Pada Oppo Realme 3 Apakah Ada
Realme 3

Mungkin benar kata Donovan Sung dari Xiaomi, kalau Indonesia masih belum cocok buat NFC. Untuk itulah mengapa pihaknya memangkas fitur NFC demi biaya penjualan yang lebih terjangkau dan dapat dinikmati banyak kalangan.

Tapi itu kan dulu, sebelum 2018 ucapannya. Sekarang perkembangan layanan dan infrastruktur telah meningkat signifikan dalam hal kecanggihan teknologi.

Banyak retail produk barang, makanan / minuman, jasa pembayaran, isi ulang saldo e-wallet bisa pakai NFC. Selain itu hadirnya e-Money bagi yang sering nyetir lewat jalan tol mungkin akan lebih membutuhkan sensor NFC pada HP mereka.

Penggunaan NFC memang amat praktis cukup tap bagian bodi belakang Smartphone yang sudah mendukung pada mesin pembayaran maka transaksi selesai, sangat mudah bukan.

Apakah Realme 3 Sudah Support NFC dan Cara Mengaktifkan Fiturnya? 

Bisakah menggunakan NFC pada Realme 3? Kelebihan: Selain berbahan dasar kaca, didukung proteksi layar Corning Gorilla Glass 3 dan sistem slot SIM Tray Dedicated non-Hybrid, bahkan lensa aperture f/1.8 pada resolusi kamera 13MP. Kenyataannya belum tersedia NFC.

Memang bagi sebagian orang mungkin dibuat kecewa. Tapi jika kita lihat kembali harganya ya seakan realistis saja, memang agak jarang HP Android di bawah Rp3 jutaan dibekali NFC walau dicari otak-atik letak menu pengaturan (Settings) tetap tak akan ketemu.

Baca juga: HP Realme Asli Buatan Negara Mana? 

Mungkinkah memakai aplikasi tambahan pihak ketiga supaya HP Realme 3 punya NFC? Hal yang amat mustahil, meski Android Oreo atau Pie sekali pun, firmware atau software update terbaru pun, pada dasarnya NFC ditempatkan dalam HP berbasis Hardware.

Jadi kalau cuma modal piranti lunak agaknya memang kurang masuk akal. Suatu kekurangan alias kelemahan dari Realme 3 tersendiri memang tidak adanya fitur sensor NFC disematkan.

Kesimpulannya, mengaktifkan NFC pada Realme 3 memang agaknya sulit kalau tidak mendapatkan upgrade software yang sekaligus membawa sensor Wireless tersebut.